PENGUKURAN KINERJA DOSEN MELALUI EKD (EVALUASI KINERJA DOSEN) STKIP PGRI SITUBONDO BERDASARKAN PERSEPSI MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja dosen di STKIP PGRI Situbondo berdasarkan persepsi mahasiswa sebagai item pertama. Deteksi kedua kelemahan pada poin kinerja dosen STKIP PGRI Situbondo. Metode penelitian ini adalah sensus karena objek penelitiannya meliputi seluruh mahasiswa STKIP PGRI Situbondo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu instrumen kuantitatif deskriptif yang didukung oleh statistik deskriptif. Data primer dieksplorasi dengan kuesioner dan tabulasi menggunakan skala likert dari 1 untuk kinerja sangat buruk hingga skor 5 untuk kinerja terbaik. Data sekunder dikumpulkan dari literatur yang relevan dengan tujuan penelitian. Instrumen analitik meliputi frekuensi relatif, frekuensi kumulatif, mean aritmethic, dan deviasi standar. Semua instrumen didukung oleh SPSS dalam menganalisis menu Analisis Tabulasi Frekuensi dan Ringkasan Laporan pada kolom tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja dosen pada empat kompetensi yang meliputi kompetensi pedagogik, pengembangan profesional, kepribadian dan sosial secara keseluruhan dapat dikatakan baik. Kendati demikian, berdasarkan persepsi mahasiswa terhadap masalah kedisiplinan dan kepatuhan serta penguasaan media dan teknologi pembelajaran dosen juga perlu ditingkatkan terutama dalam penggunaan fasilitas yang ada.
Downloads
References
Chairy, Liche Seniati. 2005. Evaluasi Dosen sebagai Bentuk Penilaian Kerja, Workshop Evaluasi Kinerja Dosen oleh Mahasiswa. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah
Nurgiyantoro, B., et.al.. 2002. Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Dirjen Dikti. 2010. Pedoman Beban Kerja Dosen dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Jakarta
Kountur, Ronny. 2004. Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: Penerbit PPM
Umar, Husein. 2004. Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Hermawan, Warsito. 1995. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Gramedia Pustaka
Prahatmaja, Nurmaya. 2004. Perilaku Pengguna dalam Mencari dan Pemanfaatan Informasi di Pusat Dokumentasi Solopos. Bandung: Fakultas Komunikasi Universitas Padjadjaran. Skripsi tidak dipublikasikan
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.