Pengaruh Prestasi Kerja, Jabatan Kerja, Kepemimpinan Transformal, Kepedulian Lingkungan dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Guru SMA di Indonesia
Abstract
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh prestasi kerja, jabatan kerja, kepemimpinan transformal dan kepedulain lingkungan, baik secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap produktivitas kerja guru SMA yang ada di Indonesia melalui variabel displin kerja sebagai variabel intervening. Adapun populasi penelitian ini adalah guru SMA yang ada di seluruh Indonesia yang berjumlah 13.365 jiwa dan metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode simple random sampling, dimana jumlah sampel yang ada setelah dihitung menggunakan rumus slovin sebanyak 40 orang guru SMA di seluruh Indonesia. Adapun analisa data yang digunakan adalah menggunakan metode structural equation model (SEM). Hasil penelitian menjelaskan bahwa secara parsial hanya variabel prestasi kerja, jabatan kerja, kepemimpinan transformal dan kepedulian lingkungan berpengaruh terhadap variabel prouktivitas guru SMA yang ada di Indonesia, keempat variabel ini juga berpengaruh terhadap disiplin kerja. Secara simultan variabel prestasi kerja, jabatan kerja, kepemimpinan transformal dan kepedulian lingkungan berpengaruh terhadap produktivitas kerja melalui variabel disiplin kerja sebagai variabel intervening, dimana hal ini membuat kinerja guru menjadi lebih baik, serta mampu menciptakan model pembelajaran yang baru yang sesuai dengan apa yang diharapkan pihak sekolah dengan prestasi kerja guru, jabatan kerja yang diemban dan dibarengi kepemimpinan transformal, serta kepedulian lingkungan akan membuat guru SMA di Indonesia menjadi lebih peka dan cenderung membuat dirinya sadar akan fungsinya yang juga dapat beradaptasi dan bertransformasi menjadi lebih baik dan mampu melahirkan siswa yang beprestasi dan memiliki kompetensi yang baik.
Downloads
References
Adiwantari, Sartika Ayu, Bagla, I Wayan Dan Suci, N. M. (2019). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(2), 101–111.
Agustina, Helen Dan Kriwangko, P. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Terhadap Organizational Citizenship Behavior Di Sushi Tei Galaxy Mall Surabaya. Jurnal Penelitian, 96–109. Https://Doi.Org/10.5651/Jaas.15.1
Ananto, Y. A. (2017). PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA DINAS TENAGA KERJA, TRANSMIGRASI DAN KEPENDUDUKAN PROVINSI JAWA TENGAH. Universitas Negeri Semarnag.
Anjani, F. G., & Pahlevi, T. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Guru SMK Negeri 10 Surabaya Selama Pandemi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 8290–8302.
Apriani, R. (2019). PENGARUH DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI 1 TANJUNG BATU. Universitas Sriwijaya.
Aqilla, M. (2019). PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN SEBAGAI OUTCOME PEMBELAJARAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 BAE KUDUS TAHUN 2018/2019. Universitas Negeri Semarang.
Berdi, B. (2019). PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPENSASI TERHADAP PRESTASI KERJA GURU SMA ST. CAROLUS. Jurnal Mitra Manajemen Online, 3(1), 121–130. Http://E-Jurnalmitramanajemen.Com/Index.Php/Jmm/Article/View/578/509
Elyzalmi, M. (2022). PENGARUH ANALISIS JABATAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA KOTA PEKANBARU. In Tesis. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Endrastyana, T. Adjeng, Wicaksono, B., & Satwika, P. A. (2015). Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Work Life Balance Dengan Kepuasan Kerja Pada Guru Sekolah Dasar Di Yayasan Perhimpunan Pendidikan Kristen Surakarta. Jurnal Wacana, 7(2), 1–12.
Fakhri, R. (2021). Dampak Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada SMA Negeri 1 Keritang Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Eko Dan Bisnis (Riau Economics And Business Review), 12(1), 53–61.
Fitriani, A. D., Sudarsyah, A., & Sutarsih, C. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja Guru Sma Negeri 4 Bandung. Jurnal Tata Kelola Pendidikan, 3(1), 9–15. Https://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Jtkp/Article/View/40388
Furoida, A. (2018). PENGARUH BUDAYA KERJA TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI KERJA GURU DAN KARYAWAN SMA AL-ISLAM 3 SURAKARTA. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hadi, M. B. (2018). Kecakapan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Guru Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Kota Jambi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Hamdani Dan Krismadinata. (2017). Kontribusi Kompetensi Dan Persepsi Tentang Supervisi Terhadap Produktivitas Kerja Guru. Jurnal Invotek, 17(2), 61–66.
Indrayani. (2021). PENGARUH MOTIVASI EKSTRINSIK, INTRINSIK, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI KERJA GURU SMA DI B. Jurnal Menara Ilmu, XV(02), 35–43.
Israwati. (2020). DISIPLIN KERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BATU BERSURAT KECAMATAN XIII KOTO KAMPARKABUPATEN KAMPAR. In Skripsi. Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim RIAU.
Kaliri. (2017). Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Sma Negeri Di Kabupaten Pemalang Tesis. Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Sma Negeri Di Kabupaten Pemalang Tesis.
Mayrica, E., & Putri, D. R. (2022). Produktivitas Kerja Guru SMA Warga Surakarta Selama Masa Pandemi. Jurnal Asosiatif, 1(2), 96–106
Mazidah, A. N. (2019). PROSES ANALISIS JABATAN DALAM PENENTUAN POSISI KARYAWAN DI YAYASAN NURUL HAYAT SURABAYA. In Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Mursalin, E., & Setiaji, A. B. (2021). Menumbuhkan Kepedulian Lingkungan Melalui Literasi Sains: Penggunaan Pendekatan Dan Model Pembelajaran Yang Efektif. E-Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jurusan Tarbiyah FTIK IAIN Palangka Raya, 1(1), 95–104.
Nurhasanah. (2019). Sikap Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan Pada Sekolah Menengah Atas ( Sma ) Penerima Adiwiyata Tingkat Nasional Di Kabupaten Universitas Islam Riau. Universitas Islam Riau.
Saputra, M. Rendra Dan Habe, Hazarin Dan Bambang, R. (2018). Analisis Jabatan Dan Pengembangan Karir Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Unit Pelaksana Teknis Daerah. Jurnal Dinamika Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 271–280.
Seprini Dan Hadi, A. (2017). DAMPAK MUTASI DAN PROMOSI TERHADAP PRESTASI KERJA GURU SMA NEGERI 2 RAMBAH HILIR. Jurnal Ilmiah Cao Economos, 3(2), 99–116.
Sofiah Sinaga, N., Aprilinda, D., & Putra Budiman, A. (2021). Konsep Kepemimpinan Transformasional. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(7), 840–846. Https://Doi.Org/10.36418/Cerdika.V1i7.123
Sumarna, Dani Leonidas Dan Manik, Ni. B. (2019). ANALISIS TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) TERHADAP PENGGUNA SAP PT POLYCHEMIE ASIA PACIFIC PERMAI. 9(2), 68–75.
Supriyanto, R. P. (2018). PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, PELATIHAN, DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP PRESTASI KERJA GURU-GURU SMA NEGERI TARAKAN. Universitas Borneo Tarakan.
Tanumihardjo, S., Hakim, A., & Noor, I. (2017). PENGARUH ANALISIS JABATAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi Pada Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Publik, 1(6), 1114–1122.
Tiko, R. A. (2017). DAYA MANUSIA DAERAH PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR Rosalina Apriliani Tiko Asdaf Kota Kupang , Provinsi Nusa Tenggara Timur Program Studi Manajemen Sumber Daya Sektor Publik Email : Rosalina.Tiko@Yahoo.Com Keywords : Relationship , Work Placement , Employee. Jurnal Penelitian, 1–10.
Wibowo, Puguh, Yuliejatiningsih, Y. D. A. (2017). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH DAN KOMPENSASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN JEPARA. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(3), 299–311.
Widianingrum. (2021). SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH ADIWIYATA DAN NON ADIWIYATA KOTA TANGERANG SELATAN. Universitas Islamnegeri Syarif Hidayatullah.
Copyright (c) 2023 Darmawati Darmawati, Yulianti Hidayah, Ersa Tarigan, Amril Amril, Petrus Loo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.