Efektifitas Pendidikan Kewirausahaan dalam Meningkatkan Minat Berwirausaha Mahasiswa STIE Pembangunan Indonesia Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendidikan kewirausahaan dalam meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa STIE Pembagunan Indoensia Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penenlitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 20 orang mahasiswa program studi manajemen anggatan 2018/2019. Teknik pengumpulan data saat penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan analisis induktif melalui beberapa tahap yaitu pengumpulan data, pengelompokannya, memilih dan memilih data, dan menganalisisnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Pembelajaran mata kuliah kewirausahaan di STIE Pembagunan Indonesia Makassar masih kurang berjalan efektif. Waktu praktik kewirausahaan yang masih kurang dirasakan oleh mahasiswa, iklim pembelajaran yang masih kurang kondusif, ketersediaan media pembelajaran yang masih terbatas, dan kesiapan mahasiswa mengikuti kuliah kewirausahaan yang masih rendah, 2) minat berwirausaha mahasiswa sebelum memperoleh pendidikan kewirausahaan masih rendah. Rendahnya minat berwirausaha dikarenakan masih banyaknya mahasiswa belum memiliki pengetahuan, informasi, dan pengalaman berwirausaha, 3) Pendidikan kewirausahaan yang diberikan belum efektif dalam meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa STIE Pembangunan Indonesia Makassar.
Downloads
References
Alfiyan Rifqy, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Dukungan Akademik Terhadap Niat Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Kajian Ilmiah, 19(2), 175–181.
Aziz, A. L., Muslim, A. Q., & Fajri, D. A. (2022). Inkubasi Bisnis untuk Mahasiswa melalui Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) di Universitas Brawijaya: Perspektif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(3), 810–832.
Aliah, S., Trihantana, R., & Suryani, E. (2021). Penyuluhan Pentingnya Peranan Keluarga Terhadap Pengembangan Minat Berwirausaha Ekonomi Dan Bisnis Islam Dalam Diri Seorang Anak. Sahid Empowerment Journal, 1(1), 77–91.
Andryan, C. (2016). Pengaruh Pengetahuan Dan Self Efficacy Terhadap Niat Entrepreneurship Mahasiswa Universitas Ciputra. Jurnal Manajemen Dan Start - Up Bisnis, 1(3), 349–357. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/178/164.
Dwijayanti, R. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Locus of Control, Dan Kebutuhan Berprestasi Terhadap Pembentukan Sikap Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(2), 170. https://doi.org/10.26740/jepk.v3n2.p170-180.
Ginting, M., & Yuliawan, E. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa STMIK Mikroskil Medan). Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 5(1), 61–69. https://www.mikroskil.ac.id/ejurnal/index.php/jwem/article/viewFile/226/149.
Kadarsih, R. (2013). Faktor-Faktor Yang Memengarui Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNS. Jurnal: Jupe UNS, 2(1), 95–106.
Komsi, K. (2013). Analisis Pengaruh Faktor Eksternal dan Internal terhadap Minat Berwirausaha. Proceeding PESAT, 5(1998), 1–7. http://www.ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/pesat/article/viewFile/801/713.
Lastariwati, B. (2013). Pentingnya kelas kewirausahaan pada SMK Pariwisata. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), 71–80. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i1.1018.
Mahesa, A. D., & Rahardja, E. (2012). Analisis Faktor-Faktor Motivasi Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha. Diponegoro Journal of Management, 1(4), 130–137. http://www.ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/787
Mulyani, E. (2012). Model Pendidikan Kewirausahaan di Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 1–18. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.705
Milles, M.B. and Huberman, M.A. (1994). Qualitative Data Analysis, Sage Publication, London.
Moleong, Lexy J., (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Karya, Bandung.
Ningsih, R. (2017). Peranan Pendidikan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Bagi Mahasiswa. Jurnal Peranan Pendidikan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Bagi Mahasiswa, 2(3), 60.
Nurhayati, R., Farradinna, S., & Nugroho, S. (2019). Efikasi Diri Dan Dukungan Sosial Keluarga Memprediksi Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa. Jurnal: Proyeksi, 14(2), 151. https://doi.org/10.30659/jp.14.2.151-161
Prastyaningtyas, E. W., & Arifin, Z. (2019). Pentingnya Pendidikan Kewirausahaan pada Mahasiswa dengan Memanfaatkan Teknologi Digital Sebagai Upaya Menghadapi Revolusi 4.0. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 281–285. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2382
Purwaningsih, D. (2021). Pentingnya Motivasi Dalam Menumbuhkan Minat Berwirausaha. ETNIK: Jurnal Ekonomi Dan Teknik, 1(2), 69–72. https://doi.org/10.54543/etnik.v1i2.16
Putri, N. L. W. W. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 137. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19998
Susilaningsih, S. (2015). Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi: Pentingkah Untuk Semua Profesi? Jurnal Economia, 11(1), 1. https://doi.org/10.21831/economia.v11i1.7748
Veronica, M. (2021). Penyuluhan pentingnya minat kewirausahaan dalam membentuk karakter mandiri siswa SMA Negeri 4 Prabumulih. Jurnal Abdimas Mandiri, 5(1), 44–50. http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/PGM/article/view/1508
Copyright (c) 2024 Riski Aprilianti Baharudin, Muh Yahya, Elpisah Elpisah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.