Pengembangan Buku Pedoman Manajemen Life Skill untuk Peserta Didik di SLB Negeri 1 Lima Kaum

  • Ance Oktavia Wardila SLB N 1 lima Kaum
Kata Kunci: manajemen life skill; pengembangan; buku pedoman; SLB

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: 1) Penetapan bahan ajar dan isi materi belum sepenuhnya mengacu kebutuhan siswa, 2) Tujuan pembelajaran keterampilan sebagian besar sekolah masih sebagai mata pelajaran yang wajib dilaksanakan, 3) Sekolah membelajarkan kemampuan pemasaran hasil kerja ABK, 4) SDM guru belum seluruhnya memiliki kompetensi penguasaan isi materi dan cara pembelajaran keterampilan ABK. Untuk itu peneliti membuat sebuah buku pedoman untuk guru, dengan adanya buku pedoman ini diharapkan guru lebih kreatif dalam memajemenkan pendidikan life skill disekolah. Selain itu dengan adanya buku pedoman berarti kita telah memberi anak bekal untuk terjun ke dunia kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk buku pedoman manajemen life skill untuk peserta didik di SLB N 1 Lima Kaum.

Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D dengan model ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu, lembar validasi dan lembar angket. Lembar validasi dinilai oleh tiga orang ahli pakar. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa validasi buku pedoman manajemen life skill untuk peserta didik SLB Negeri 1 Lima Kaum. Produk tersebut juga telah divalidasi tiga orang validator dengan kriteria sangat valid (86,29%). Pada tahap praktikalitas dari hasil angket respon guru SLB Negeri 1 Lima Kaum memperoleh persentase (90,83%) dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian buku pedoman manajemen life skill untuk peserta didik SLB Negeri 1 Lima Kaum telah dapat menjadi acuan pedoman dalam melaksanakan manajemen life skill.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Algifahmy, A. F. (2016). Pembelajaran General Life Skills Terhadap Anak Autis di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta. Jurnal Tarbiyatuna, 7(2), 205–2016.

Athoillah, A. (2010). Dasar-dasar manajemen. Bandung: Pustaka Setia.

Aulia, F. (2016). Pengembangan Life Skills Anak Berkebutuhan Khusus Berbasis Kurikulum 2013 melalui Bimbingan Karir. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(2).

Desmita. (2008). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Effendi, U. (2014). Asas manajemen. Jakarta: Rajawali Pers.

Fatwikiningsih, N. (2020). Teori Psikologi Kepribadian Manusia. Penerbit Andi.

Lazar, F. L. (2020). Pentingnya pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 12(2), 99–115.

Mursidi, A. (2019). Identifikasi Dini Guna Mengoptimalkan Kemampuan Bahasa pada Anak Tuna Rungu Usia Pra Sekolah. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 6(1), 39–53.

Nursafitri, A. D., Balqis, F., & Suryadi, M. D. E. (2020). Penerapan Life Skill pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 6(2), 100. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p100-103

Riyanto, J., Lestari, L. P. S., & Suranata, K. (2023). Pengembangan Panduan Bimbingan Karir Berbasis Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) dengan Pendekatan Teori Karir Super untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa di SMK Negeri 2 Singaraja. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 479–486.

Setiawati, F. A. (2020). Mengenal konsep-konsep anak berkebutuhan khusus dalam PAUD. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 193–208.

Silitonga, T., Purba, Y., Munthe, H., & Herlina, E. S. (2023). Karakteristik anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3), 11155–11179.

Switri, E. (2022). Pendidikan anak berkebutuhan khusus. Penerbit Qiara Media.

Tabur, S. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penggunaan Alat Bantu Dengar Pada Siswa Tunarungu di SMP-LB Karya Murni Ruteng.

Ulfan, M., & Hasan, M. (2023). Pendidikan karakter melalui pendidikan agama islam di era revolusi digital. UNISAN JURNAL, 1(5), 291–300.

Yuliwulandana, N. (2015). Pengembangan muatan kecakapan hidup (Life Skill) pada pembelajaran di Sekolah. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(02), 191–206.

Diterbitkan
2025-02-02
Bagian
Articles