Pengembangan Buku Pedoman Manajemen Life Skill untuk Peserta Didik di SLB Negeri 1 Lima Kaum
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: 1) Penetapan bahan ajar dan isi materi belum sepenuhnya mengacu kebutuhan siswa, 2) Tujuan pembelajaran keterampilan sebagian besar sekolah masih sebagai mata pelajaran yang wajib dilaksanakan, 3) Sekolah membelajarkan kemampuan pemasaran hasil kerja ABK, 4) SDM guru belum seluruhnya memiliki kompetensi penguasaan isi materi dan cara pembelajaran keterampilan ABK. Untuk itu peneliti membuat sebuah buku pedoman untuk guru, dengan adanya buku pedoman ini diharapkan guru lebih kreatif dalam memajemenkan pendidikan life skill disekolah. Selain itu dengan adanya buku pedoman berarti kita telah memberi anak bekal untuk terjun ke dunia kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk buku pedoman manajemen life skill untuk peserta didik di SLB N 1 Lima Kaum.
Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D dengan model ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu, lembar validasi dan lembar angket. Lembar validasi dinilai oleh tiga orang ahli pakar. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa validasi buku pedoman manajemen life skill untuk peserta didik SLB Negeri 1 Lima Kaum. Produk tersebut juga telah divalidasi tiga orang validator dengan kriteria sangat valid (86,29%). Pada tahap praktikalitas dari hasil angket respon guru SLB Negeri 1 Lima Kaum memperoleh persentase (90,83%) dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian buku pedoman manajemen life skill untuk peserta didik SLB Negeri 1 Lima Kaum telah dapat menjadi acuan pedoman dalam melaksanakan manajemen life skill.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Algifahmy, A. F. (2016). Pembelajaran General Life Skills Terhadap Anak Autis di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta. Jurnal Tarbiyatuna, 7(2), 205–2016.
Athoillah, A. (2010). Dasar-dasar manajemen. Bandung: Pustaka Setia.
Aulia, F. (2016). Pengembangan Life Skills Anak Berkebutuhan Khusus Berbasis Kurikulum 2013 melalui Bimbingan Karir. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(2).
Desmita. (2008). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Effendi, U. (2014). Asas manajemen. Jakarta: Rajawali Pers.
Fatwikiningsih, N. (2020). Teori Psikologi Kepribadian Manusia. Penerbit Andi.
Lazar, F. L. (2020). Pentingnya pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 12(2), 99–115.
Mursidi, A. (2019). Identifikasi Dini Guna Mengoptimalkan Kemampuan Bahasa pada Anak Tuna Rungu Usia Pra Sekolah. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 6(1), 39–53.
Nursafitri, A. D., Balqis, F., & Suryadi, M. D. E. (2020). Penerapan Life Skill pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 6(2), 100. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p100-103
Riyanto, J., Lestari, L. P. S., & Suranata, K. (2023). Pengembangan Panduan Bimbingan Karir Berbasis Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) dengan Pendekatan Teori Karir Super untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa di SMK Negeri 2 Singaraja. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 479–486.
Setiawati, F. A. (2020). Mengenal konsep-konsep anak berkebutuhan khusus dalam PAUD. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 193–208.
Silitonga, T., Purba, Y., Munthe, H., & Herlina, E. S. (2023). Karakteristik anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3), 11155–11179.
Switri, E. (2022). Pendidikan anak berkebutuhan khusus. Penerbit Qiara Media.
Tabur, S. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penggunaan Alat Bantu Dengar Pada Siswa Tunarungu di SMP-LB Karya Murni Ruteng.
Ulfan, M., & Hasan, M. (2023). Pendidikan karakter melalui pendidikan agama islam di era revolusi digital. UNISAN JURNAL, 1(5), 291–300.
Yuliwulandana, N. (2015). Pengembangan muatan kecakapan hidup (Life Skill) pada pembelajaran di Sekolah. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(02), 191–206.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.








