Peningkatan Kompetensi Guru Kelas dalam Menyusun RPP Tematik Terpadu dengan Pendekatan Saintifik melalui Bimbingan Berkelanjutan di SDN 1 Taman Kecamatan Sumbermalang Situbondo

  • Brotoseno Brotoseno SDN 1 Taman Sumber Malang, Indonesia
Keywords: kompetensi guru, RPP tematik terpadu, pendekatan santifik

Abstract

Pembelajaran dengan pendekatan saintifik merupakan salah satu upaya yang perlu terus dikembangkan. Untuk itu perlu dilakukan bimbingan secara berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru menyusun RPP tematik terpadu dengan pendekatan saintifik melalui bimbingan berkelanjuta. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan dengan model Stepen Kemnis, Strategi Kerja Praktek dengan Teknik Bimbingan Berkelanjutan, dirancang dalam 2 (dua) siklus. Hasil penelitian membuktikan terjadinya peningkatan motivasi dan kompetensi guru guru dalam menyusun RPP Tematik Terpadu dangan pendekatan Saintifik,  yaitu kelompok guru kelas rendah   meningkat dari 77,6% pada siklus 1 menjadi 88,8% pada siklus 2, kelompok guru kelas tinggi meningkat dari 79,9% pada siklus 1 menjadi 87,7% pada siklus 2. Kesimpulannya adalah Bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan motivasi dan kompetensi guru dalam menyusun RPP tematik terpadu dengan pendekatan saintifik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif, *, Mahya Fanny, Rarasaning Satianingsih, Susi Hermin Rusminati, Achmad Fanani, Danang Prastyo, Universitas Pgri, and Adi Buana Surabaya. 2021. “Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Daring Di SDN Margorejo I Kota Surabaya Info Articles” 1: 66–77. https://doi.org/10.31331/manggali.v1i1.1549/Info.

Clarke, Anthony, Valerie Triggs, and Wendy Nielsen. 2014. “Cooperating Teacher Participation in Teacher Education: A Review of the Literature.” Review of Educational Research. SAGE Publications Inc. https://doi.org/10.3102/0034654313499618.

Indrayono, Heri. 2022. “Bimbingan Dan Pendampingan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru.” Vol. 1.

Khalaf, Bilal Khalid, and Zuhana Bt Mohammed Zin. 2018. “Traditional and Inquiry-Based Learning Pedagogy: A Systematic Critical Review.” International Journal of Instruction 11, no. 4 (October): 545–64. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11434a.

Mohamad. 2012. “Pembelajaran Tematik PEMBELAJARAN TEMATIK Mohamad Muklis STAIN Samarinda.” Fenomena IV, no. 20: 63–76.

Nada, Amalia Khoirun, and Nurlaili Dina Hafni. 2022. “Peningkatan Kreativitas Belajar Anak Usia Dini Melalui Teknik Kolase Berbasis Saintifik.”

Pelaksanaan Pembelajaran, Mawardi, and Pelaksanaan PEMBELAJARAN Mawardi. 2019. “Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana.” Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Agustus. Vol. 20.

Prasetyo, Teguh, and Asep Supena. 2021. “Learning Implementation for Students with Special Needs in Inclusive Schools During the Covid-19 Pandemic.” Musamus Journal of Primary Education, April (April), 90–103. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i2.3313.

Purwanto, J. n.d. “Upaya Meningkatkan Disiplin Guru Dalam Kehadiran Mengajar Di Kelas Melalui Reward and Punishment Di SDN Bandulan 1 Kecamatan Sukun Malang.” Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD 1, no. 2: 12. https://doi.org/10.21067/jbpd.v1i2.1903.

Puteri, Nindita, Sukarman Lingude, Kata Kunci, and Kompetensi Pedagogik. 2021. “Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Di MIN 2 Manado.” JEER: Journal of Elementary Educational Research. Vol. 1. http://http://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/jeer.

Selamet, Mochamad. 2014. “Pengaruh Kompetensi Supervisi Manajerial Dan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Terhadap Kinerja Guru.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan 2, no. 1: 73–86.

Suyatno, Suyatno. 2020. “Analisis Kompetensi Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah.” Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan 4, no. 1 (July): 12–26. https://doi.org/10.37730/edutrained.v4i1.51.

Tantra, I Wayan. 2016. “UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PENYUSUNAN RPP MELALUI PENDAMPINGAN BERBASIS KKG BAGI GURU SD NEGERI 32 MATARAM SEMESTER SATU TAHUN 2015/2016.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 2, no. 2: 121–32.

Wirentanus. 2020. “Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP) Kurikulum 2013 Melalui Pendampingan Berbasis KKG Di SDN Dondak Kec. PujutTahun Pelajaran 2018/2019.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan 4, no. 1: 63–74.

Yanuarti, Endah. n.d. “PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU (PENYUSUNAN RPP) MELALUI SUPERVISI AKADEMIK.”

Published
2023-02-21
How to Cite
Brotoseno, B. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Kelas dalam Menyusun RPP Tematik Terpadu dengan Pendekatan Saintifik melalui Bimbingan Berkelanjutan di SDN 1 Taman Kecamatan Sumbermalang Situbondo. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(2), 527-547. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i2.768
Section
Articles