Pengaruh Pengetahuan kewirausahaan dan Inovasi terhadap Keberlangsungan Usaha Percetakan di Kota Medan

  • Nasrudin Nasrudin Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Medan, Indonesia
  • Irwan Musriza Harahap Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Medan Indonesia
  • Edi Putra Berutu Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Medan, Indonesia
  • Ika Agustina Jurusan Teknik Grafika, Politeknik Negeri Media Kreatif, Indonesia
  • Rommel Sinaga Jurusan Desain Grafis, Politeknik Negeri Medan Kreatif, Indonesia

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan inovasi terhadap keberlangsungan usaha usaha percetakan di kota medan. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat deskriptif kuantitatif. Untuk analisis data deskriptif kuantitatif yang dilakukan yaitu dengan menggunakan analisis regresi linier berganda,  Adapun populasi dari penelitian ini adalah pengusaha percetakan yang ada di Wilayah Kota Medan yang berjumlah 215 orang pengusaha percetakan yang ada di Kota Medan, dimana teknik penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh, Hasil penelitian didapatkan secara simultan dan parsial variabel pengetahuan kewirausahaan pengusaha percetakan di Kota Medan dan Inovasi pengusaha percetakan di Kota Medan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel keberlangsungan usaha percetakan di Kota Medan. Untuk mengatasi perubahan yang ada sebaiknya pengusaha percetakan menambah pengetahuannya tentang digital agar penjualan tidak hanya dapat dilakukan melalui penjualan secara offline, akan tetapi bisa juga secara online, sehingga bisa diketahui konsumen di seluruh Kecamatan yang ada di Kota Medan, sehingga produk Usaha Percetakan diKota Medan dikenal orang banyak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhy FIRDAUS, Norvadewi NORVADEWI, Muryanti MURYANTI, Syarif HIDAYATULLAH, Joned Ceilendra SAKSANA, S. A. S. (2022). The Role of the Entrepreneurship Mindset and Spirit in Building a Tourism Business in Indonesia Post COVID-19. Journal of Environmental Management and Tourism, 13(4), 1074–1080. https://doi.org/10.14505/jemt.13.4(60).13

Belton, P. (2017). Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. In Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. https://doi.org/10.4324/9781912281060

Breier, M., Kallmuenzer, A., Clauss, T., Gast, J., Kraus, S., & Tiberius, V. (2021). The role of business model innovation in the hospitality industry during the COVID-19 crisis. International Journal of Hospitality Management, 92, 102723. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2020.102723

Cynthia, O. :, Djodjobo, V., Tawas, H. N., Studi, P., Manajemen, M., Ekonomi, F., Bisnis, D., Sam, U., & Manado, R. (2014). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning Di Kota Manado. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan… Jurnal EMBA, 2(3), 12141224.

Ependi, A., & Winarso, B. S. (2019). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan karakteristik kewirausahaan terhadap keberhasilan usaha mikro kecil menengah (umkm) di kecamatan ngaglik kabupaten sleman. Jurnal Publikasi Universitas Ahmad Dahlan, 1–12.

Gohae, A. S. (2021). Pengaruh Pengetahuan Berwirausaha Dan Inovasi Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus Usaha Key Florist Di Kecamatan Lahomi). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Stie Nias Selatan, 5 No 1(1), 51–57.

Horng, J. S., Liu, C. H., Chou, S. F., Tsai, C. Y., & Chung, Y. C. (2017). From innovation to sustainability: Sustainability innovations of eco-friendly hotels in Taiwan. International Journal of Hospitality Management, 63, 44–52. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2017.02.005

Islami, N. N. (2017). Pengaruh Sikap Kewirausahaan, Norma Subyektif, Dan Efikasi Diri Terhadap Perilaku Berwirausaha Melalui Intensi Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(1), 5. https://doi.org/10.26740/jepk.v3n1.p5-20

Juliana, J. (2019). Pengaruh Inovasi Dan Pengambilan Risiko Terhadap Perkembangan Wirausaha Muda Dalam Bidang Kuliner Di Wilayah Binong Tangerang. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 10(1). https://doi.org/10.31294/khi.v10i1.5623

Larsen, P., & Lewis, A. (2007). How award-winning SMEs manage the barriers to innovation. Creativity and Innovation Management, 16(2), 142–151. https://doi.org/10.1111/j.1467-8691.2007.00428.x

Misnawati, M., & Yusriadi, Y. (2018). Efektifitas Pengelolaan Kewirausahaan Berbasis Kognitif Personal Melalui Penggunaan Infrastruktur Digital (Media Sosial). Jurnal Mitra Manajemen, 2(3), 138–145. https://doi.org/10.52160/ejmm.v2i3.83

Mulyana, S. (2014). Peningkatan Kapabilitas Inovasi , Keunggulan Bersaing dan Kinerja melalui Pendekatan Quadruple Helix : S tudi Pada Industri Kreatif Sektor Fashion. Jurnal Manajemen Teknologi, 13(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/ 10.12695/jmt.2014.13.3.5

Porter, Michael E. (1990). The Competitive Advantage of Nations. (cover story). Harvard Business Review, 68(2), 73–93. https://doi.org/Article

Porter, Michael Eugene, & Stern, S. (2001). Innovation: Location matters. MIT Sloan Management Review, 42(4 Summer 2001), 28–36. https://doi.org/10.1016/j.neuron.2009.08.001

Roberts, P. W., & Amit, R. (2003). The Dynamics of Innovative Activity and Competitive Advantage: The Case of Australian Retail Banking, 1981 to 1995. Organization Science, 14(2), 107–122. https://doi.org/10.1287/orsc.14.2.107.14990

ROSITA, R., MANULLANG, M., KUSUMASTUTI, R., PRAMAYANTI, D. I., & SITORUS, S. A. (2022). Online Marketing on Pricing Strategies for the Indonesian Tourism Industry Products During the Covid-19 Pandemic. GeoJournal of Tourism and Geosites, 43(3), 1022–1029. https://doi.org/10.30892/gtg.43322-916

Rosmadi, M. L. N. (2019). Analisis Faktor-faktor Penunjang Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Seminar Nasional Ekonomi Dan Dewantara, 41–48. http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/SNEB/article/view/410

Saifudin, M. C. (2019). Peranan Usaha Mikro Kecil Menengah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Perekonomian Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal At Tujjar, Vol 7 No 2(02), 35.

Simanjuntak, M., Chandra, E., Sahir, S. H., Sitorus, S. A., Sugiarto, M., Cecep, H., ... & Sulasih, S. (2021). Kewirausahaan: Konsep dan Strategi (1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Siregar, D., Purnomo, A., Mastuti, R., Napitupulu, D., & ... (2020). Technopreneurship: Strategi dan Inovasi (Issue April).

SITORUS, S. A. (2017). Marketing Communication Mix and Innovation on Customer Retention and Sustainable Competitive Advantages in Culinary Tourism Business Environment in the City of Medan. Journal of Environmental Management and Tourism, VIII(8(24)), 1567–1578. https://doi.org/https://doi.org/10.14505/jemt.v8.8(24).13.

Spulber, D. F. (2009). The Innovative Entrepreneur. In The Innovative Entrepreneur. https://doi.org/10.1017/CBO9781107239012

Suendro. (2010). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Melalui Kinerja Pemasaran Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Berkelanjutan (Studi Kasus Pada Industri Kecil dan Menengah Batik Pekalongan). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, IX(2), 230–243.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Bandung: Alfabeta (p. 361). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sugiyono. (2017). Qualitative, Quantitative and R&D Research Methods. Alfabeta,Bandung.

Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Jakarta: Rineka Cipta (Vol. 1). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sulistiani, D. (2014). Mencapai keunggulan bersaing dengan strategi diferensiasi. EL MUHASABA Jurnal Akuntansi, 4(2), 1–17. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18860/em.v4i2.2454

Widiastuty, V. M., & Rahayu, T. S. M. (2021). Pengaruh Sikap Mandiri, Lingkungan Keluarga, Motivasi, dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Pada Mahasiswa di Perguruan Tinggi Purwokerto). Master: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 1(2), 23. https://doi.org/10.30595/jmbt.v1i2.12663

Wika Undari, Anggia Sari Lubis. (2021). Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(1), 32–38. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v6i1.702

Published
2023-02-19
How to Cite
Nasrudin, N., Harahap, I. M., Berutu, E. P., Agustina, I., & Sinaga, R. (2023). Pengaruh Pengetahuan kewirausahaan dan Inovasi terhadap Keberlangsungan Usaha Percetakan di Kota Medan. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(2), 510-526. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i2.761
Section
Articles