Pengaruh Pengetahuan kewirausahaan dan Inovasi terhadap Keberlangsungan Usaha Percetakan di Kota Medan
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan inovasi terhadap keberlangsungan usaha usaha percetakan di kota medan. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat deskriptif kuantitatif. Untuk analisis data deskriptif kuantitatif yang dilakukan yaitu dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, Adapun populasi dari penelitian ini adalah pengusaha percetakan yang ada di Wilayah Kota Medan yang berjumlah 215 orang pengusaha percetakan yang ada di Kota Medan, dimana teknik penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh, Hasil penelitian didapatkan secara simultan dan parsial variabel pengetahuan kewirausahaan pengusaha percetakan di Kota Medan dan Inovasi pengusaha percetakan di Kota Medan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel keberlangsungan usaha percetakan di Kota Medan. Untuk mengatasi perubahan yang ada sebaiknya pengusaha percetakan menambah pengetahuannya tentang digital agar penjualan tidak hanya dapat dilakukan melalui penjualan secara offline, akan tetapi bisa juga secara online, sehingga bisa diketahui konsumen di seluruh Kecamatan yang ada di Kota Medan, sehingga produk Usaha Percetakan diKota Medan dikenal orang banyak.
Downloads
References
Adhy FIRDAUS, Norvadewi NORVADEWI, Muryanti MURYANTI, Syarif HIDAYATULLAH, Joned Ceilendra SAKSANA, S. A. S. (2022). The Role of the Entrepreneurship Mindset and Spirit in Building a Tourism Business in Indonesia Post COVID-19. Journal of Environmental Management and Tourism, 13(4), 1074–1080. https://doi.org/10.14505/jemt.13.4(60).13
Belton, P. (2017). Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. In Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. https://doi.org/10.4324/9781912281060
Breier, M., Kallmuenzer, A., Clauss, T., Gast, J., Kraus, S., & Tiberius, V. (2021). The role of business model innovation in the hospitality industry during the COVID-19 crisis. International Journal of Hospitality Management, 92, 102723. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2020.102723
Cynthia, O. :, Djodjobo, V., Tawas, H. N., Studi, P., Manajemen, M., Ekonomi, F., Bisnis, D., Sam, U., & Manado, R. (2014). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning Di Kota Manado. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan… Jurnal EMBA, 2(3), 12141224.
Ependi, A., & Winarso, B. S. (2019). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan karakteristik kewirausahaan terhadap keberhasilan usaha mikro kecil menengah (umkm) di kecamatan ngaglik kabupaten sleman. Jurnal Publikasi Universitas Ahmad Dahlan, 1–12.
Gohae, A. S. (2021). Pengaruh Pengetahuan Berwirausaha Dan Inovasi Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus Usaha Key Florist Di Kecamatan Lahomi). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Stie Nias Selatan, 5 No 1(1), 51–57.
Horng, J. S., Liu, C. H., Chou, S. F., Tsai, C. Y., & Chung, Y. C. (2017). From innovation to sustainability: Sustainability innovations of eco-friendly hotels in Taiwan. International Journal of Hospitality Management, 63, 44–52. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2017.02.005
Islami, N. N. (2017). Pengaruh Sikap Kewirausahaan, Norma Subyektif, Dan Efikasi Diri Terhadap Perilaku Berwirausaha Melalui Intensi Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(1), 5. https://doi.org/10.26740/jepk.v3n1.p5-20
Juliana, J. (2019). Pengaruh Inovasi Dan Pengambilan Risiko Terhadap Perkembangan Wirausaha Muda Dalam Bidang Kuliner Di Wilayah Binong Tangerang. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 10(1). https://doi.org/10.31294/khi.v10i1.5623
Larsen, P., & Lewis, A. (2007). How award-winning SMEs manage the barriers to innovation. Creativity and Innovation Management, 16(2), 142–151. https://doi.org/10.1111/j.1467-8691.2007.00428.x
Misnawati, M., & Yusriadi, Y. (2018). Efektifitas Pengelolaan Kewirausahaan Berbasis Kognitif Personal Melalui Penggunaan Infrastruktur Digital (Media Sosial). Jurnal Mitra Manajemen, 2(3), 138–145. https://doi.org/10.52160/ejmm.v2i3.83
Mulyana, S. (2014). Peningkatan Kapabilitas Inovasi , Keunggulan Bersaing dan Kinerja melalui Pendekatan Quadruple Helix : S tudi Pada Industri Kreatif Sektor Fashion. Jurnal Manajemen Teknologi, 13(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/ 10.12695/jmt.2014.13.3.5
Porter, Michael E. (1990). The Competitive Advantage of Nations. (cover story). Harvard Business Review, 68(2), 73–93. https://doi.org/Article
Porter, Michael Eugene, & Stern, S. (2001). Innovation: Location matters. MIT Sloan Management Review, 42(4 Summer 2001), 28–36. https://doi.org/10.1016/j.neuron.2009.08.001
Roberts, P. W., & Amit, R. (2003). The Dynamics of Innovative Activity and Competitive Advantage: The Case of Australian Retail Banking, 1981 to 1995. Organization Science, 14(2), 107–122. https://doi.org/10.1287/orsc.14.2.107.14990
ROSITA, R., MANULLANG, M., KUSUMASTUTI, R., PRAMAYANTI, D. I., & SITORUS, S. A. (2022). Online Marketing on Pricing Strategies for the Indonesian Tourism Industry Products During the Covid-19 Pandemic. GeoJournal of Tourism and Geosites, 43(3), 1022–1029. https://doi.org/10.30892/gtg.43322-916
Rosmadi, M. L. N. (2019). Analisis Faktor-faktor Penunjang Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Seminar Nasional Ekonomi Dan Dewantara, 41–48. http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/SNEB/article/view/410
Saifudin, M. C. (2019). Peranan Usaha Mikro Kecil Menengah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Perekonomian Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal At Tujjar, Vol 7 No 2(02), 35.
Simanjuntak, M., Chandra, E., Sahir, S. H., Sitorus, S. A., Sugiarto, M., Cecep, H., ... & Sulasih, S. (2021). Kewirausahaan: Konsep dan Strategi (1st ed.). Yayasan Kita Menulis.
Siregar, D., Purnomo, A., Mastuti, R., Napitupulu, D., & ... (2020). Technopreneurship: Strategi dan Inovasi (Issue April).
SITORUS, S. A. (2017). Marketing Communication Mix and Innovation on Customer Retention and Sustainable Competitive Advantages in Culinary Tourism Business Environment in the City of Medan. Journal of Environmental Management and Tourism, VIII(8(24)), 1567–1578. https://doi.org/https://doi.org/10.14505/jemt.v8.8(24).13.
Spulber, D. F. (2009). The Innovative Entrepreneur. In The Innovative Entrepreneur. https://doi.org/10.1017/CBO9781107239012
Suendro. (2010). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Melalui Kinerja Pemasaran Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Berkelanjutan (Studi Kasus Pada Industri Kecil dan Menengah Batik Pekalongan). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, IX(2), 230–243.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Bandung: Alfabeta (p. 361). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sugiyono. (2017). Qualitative, Quantitative and R&D Research Methods. Alfabeta,Bandung.
Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Jakarta: Rineka Cipta (Vol. 1). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sulistiani, D. (2014). Mencapai keunggulan bersaing dengan strategi diferensiasi. EL MUHASABA Jurnal Akuntansi, 4(2), 1–17. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18860/em.v4i2.2454
Widiastuty, V. M., & Rahayu, T. S. M. (2021). Pengaruh Sikap Mandiri, Lingkungan Keluarga, Motivasi, dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Pada Mahasiswa di Perguruan Tinggi Purwokerto). Master: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 1(2), 23. https://doi.org/10.30595/jmbt.v1i2.12663
Wika Undari, Anggia Sari Lubis. (2021). Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(1), 32–38. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v6i1.702
Copyright (c) 2023 Nasrudin Nasrudin, Irwan Musriza Harahap, Edi Putra Berutu, Ika Agustina, Rommel Sinaga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.