Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Bola Voli
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional serta pengaruh model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini termasuk quasi experimental dengan desain treatment by level 2×2. Sampel penelitian ini adalah 40 orang yang terbagi menjadi dua yaitu 20 orang untuk kelompok eksperimen dan 20 orang untuk kelompok kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan dengan tes objektif dan tes observasi, sedangkan data minat belajar dikumpulkan menggunakan angket. Data dianalisis dengan Two Ways Anova menggunakan program SPSS IBM 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi secara daripada yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional (rata-rata 86,50>78,40), (2) Pada kelompok minat belajar tinggi, hasil belajar peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi dari pada yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional (rata-rata skor 91,80>73,20), (3) Pada kelompok minat belajar rendah, hasil belajar peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional lebih tinggi daripada yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri (rata-rata skor 81,20>83,60). Sehingga dapat disimpulkan secara umum model pembelajaran inkuiri lebih baik daripada model pembelajaran konvensional ddalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Downloads
References
Alfiani (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (Volume 17 No 3 Tahun 2021)
Aminah, (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 2 Barru.
Andika, Yoda, Dharmadi (2021). Pengaruh Metode Pelatihan Beban Medicine Ball Throw dan Panjang Lengan Terhadap Power Otot Lengan Atlet Cricket Buleleng. Tesis. Universitas Pendidikan Ganesha. Tahun 2021
Ansori, Rasyidi (2018). Penerapan Pembelajaran Active Learning dengan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Hubungan antara Kelangkaan Sumber Daya dengan Kebutuhan Manusia yang Tidak Terbatas Kelas VII Semester I di Mts. Al – Hidayah Semambung Jatibanteng Situbondo. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan (Volume 6 No 1 Tahun 2018)
Berutu, Tambunan (2018). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil
Belajar Biologi Siswa SMA Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus (Volume 1 No 2 Tahun 2018)
Damayanti, Jirana (2018). Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia. Jurnal Saintifik (Volume 4 No 1 Tahun 2018)
Gading, I K. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Goring (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Terhadap Video Pembelajaran Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di MTs Muhammadiyah 1 Malang. Universitas Tribhuwana Tunggadewi Tahun 2021
Handayani, Subakti (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu (Volume 5 No 1 Tahun 2021)
Hartini, Nugrahani, Giyatno (2022). Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS Melalui Powerpoint dan Inquiry Based Learning di SDN Bulakrejo 02. Jurnal Of Education Research (Volume 4 No 4 Tahun 2022)
Indrayogi, Nurhayati, (2022).Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Gerak Senam Jumsihat. Jurnal Cakrawala Pendas (Volume 8 No 3 Tahun 2022)
Kiabeni, Yuliana Yosefina (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Senam Lantai Ditinjau Dari Minat Belajar Peserta Didik. Masters Thesis. Universitas Pendidikan Ganesha.
Miftahuddin, Huda, (2021). Pengaruh Minat Olahraga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran PJOK di SDN Triyoso Kecamatan Belitang Kabupaten Oku Timur Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Prodi PGMI (Volume 7 No 2 Tahun 2021)
Minarsi, Rasyidi, (2018). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMP Negeri 1 Besuki Semester Genap. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan (Volume 5 No 2 Tahun 2018)
Muhajir. 2016. Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Tahun 2016
Noge, Jewewa (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas IV SDI Malunaza Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada. Jurnal Pendidikan Tembusai (Volume 5 No 3 Tahun 2021)
Prasojo, W. A. D. I., Mudian, D., Haris, I. N., Fkip, P., & Subang, U. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas Xi Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Smk Negeri 2 Subang. 4(02), 81–88.
Savitri, Kanca, Dharmadi (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Bola Voli Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia (Volume 10 No 1 Tahun 2021)
Setiawati, Parwata, Suratmin (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Senam Lantai. Jurnal Penjakora (Volume 7 No 1 Tahun 2020)
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhardianto (2021). Peningkatan Hasil Belajar Servis Back Hand Dalam Permainan Bulu Tangkis Melalui Metode Inkuiri Pada Siswa SMP Negeri 4 Ponrang Kabupaten Luwu. Indonesian Jurnal of Physical Activity (Volume 1 No 1 Tahun 2021)
Suherman, 2018. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: PT. Gramedia.
Sukarman, M. Ashad (2020). Pengaruh Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Minat Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Bambalamotu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online.
Copyright (c) 2023 Gusti Ngurah Komang Wirayudi Putra, Made Agus Dharmadi, Syarif Hidayat; I Putu Agus Dharma Hita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.