Pengaruh Fasilitas Sekolah dan Tata Ruangan Kantor terhadap Produktivitas Kerja Guru SMPN 3 Lilirilau
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh fasilitas sekolah dan tata ruangan kantor terhadap produktivitas kerja guru SMPN 3 Lilirilau. Populasi penelitian adalah semua guru PNS maupun no PNS berjumlah 20 orang. Pengambilan sampel mengunakan representative sehingga yang terpilih menjadi sampel penelitian adalah guru PNS sebanyak 18 orang. Pengumpulan data saat penelitian dilaksanakan dengan cara observasi, penyebaran angket, dan dokumentasi. Analisis data mengunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fasilitas sekolah dan tata ruang kantor secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja guru di SMPN 3 Lilirilau dengan nilai R-Squere sebesar 86,8 % dan analisis regresi berganda menunjukan Y=8,781+0,250x1+0,582x2. Dengan demikian disimpulkan bahwa seorang guru akan mempunyai produktivitas kerja yang tinggi apabila fasilitas sekolah dan tata ruang kantor lengkap dan tertata dengan baik.
Downloads
References
Anggraeni, W., & Yuniarsih, T. (2017). Dampak Tata Ruang Kantor Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Dinas Pendidikan Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 1. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8098
Arifin, A. I., & Wulandari, S. S. (2021). Pengaruh Tata Ruang Kantor, Lingkungan Kerja dan Prestasi Kerja Terhadap Semangat Kerja Tenaga Kependidikan di SMKS Krian 2 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 9(2), 54–59. https://doi.org/10.26740/jupe.v9n2.p54-59
Hamidah, N. (2020). Pengaruh Kompetensi, Motivasi dan Kinerja Guru serta Fasilitas Sekolah terhadap Keberhasilan Siswa dalam Menuntut Ilmu Melalui Proses Pembelajaran di Yayasan Pembangunan Ar-Ridho Kota Depok. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 2(1), 51–70. https://doi.org/10.47467/assyari.v2i1.103
Hidayana, A. F. (2019). Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Mi Nurul Ulum Madiun. Jurnal PARADIGMA, 11(1), 105–112.
Jakiyah, A., Sumardi, S., & Hidayat, R. (2018). Peningkatan Produktivitas Kerja Guru Melalui Pengembangan Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 663–671. https://doi.org/10.33751/jmp.v6i2.793.
Khairati, N., & Adi, N. I. (2022). Produkivitas Kerja Guru Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Kuranji. Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 5(1), 243–247.
Lestari, D. (2019). Pengaruh Tata Ruang Kantor Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Jurnal Ilmu Administrasi Volume XI | Nomor 3, 4(2), 189.
Melya, D. F. (2023). Kontribusi Iklim Sekolah dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SD Negeri Gugus 1 Kecamatan Gunung Talang Kabuapaten Solok. Jurnal : Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(1), 101–112.
Muflihah, A. (2019). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah. Journal Quality, 7(2), 48–63.
Muslimah Wisudani, J. R. (2019). Pengaruh Tata Ruang Kantor, Penataan Arsip, Fasilitas Kantor, dan Kompetensi Pegawai Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Ketatausahaan. Economic Education Analysis Journal, 8(Vol 8 No 3 (2019): Economics Education Analysis Journal), 911–924. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.35007.
Novi, A. (2020). Pengelolaan Tata Ruang Kantor Dalam Peningkatan Kinerja Guru Di Sma Negeri 1 Kutacane. Journal of Criminal Justice, 1(1), 83–93. https://books.
Nurhasanah. (2018). Pengelolaan tata ruang kantor di sekolah menengah pertama negeri 9 kota jambi skripsi.
Putri, N. S. (2021). Pengelolaan Tata Ruang Kantor di Sekolah Menegah Pertama. Jurnal PeTeKa, 4(3), 351–356.
Rodi, M., Oktafiah, Y., & Wahyudi, P. (2020). Pengaruh Kedisiplinan Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Guru (Studi Pada Smkn 1 Grati). Jurnal EMA, 4(2), 70–80. https://doi.org/10.47335/ema.v4i2.40.
Satriadi, D. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Benefita, 1(3), 123. https://doi.org/10.22216/jbe.v1i3.874.
Sulistyaningsih, S. (2018). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Disiplin Kerja Guru Terhadap Produktivitas Kerja Guru Sd Negeri Se Kecamatan Mumbulsari Jember. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 12(2), 267–284. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v12i2.154.
Supandi, R. S. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal : Pendidikan Dan Kewirausahaan, 4Pengaruh(2), 722–736.
Syafriadi. (2020). Pengaruh Motivasi, Etos Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) Binjai. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2(3), 5–24.
Yugiswara, A., Sukidin, S., & Kartini, T. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Movasi Belajar Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Kraksaan Probolinggo Tahun 2018. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 101. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10427.
Yusuf, M. (2022). Implementasi Tata Ruang Kantor Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal : Studi Pendidikan Dan Hukum Islam, 1(1), 77–87. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Copyright (c) 2023 Misbahuddin Taher, Husain As, Elpisah Elpisah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.