Implementasi Sales Promotion dan Field Marketing Chatime Indonesia dalam Menciptakan Customer Brand Experience

  • Yodia Rizkiaini Prayitno Universitas Padjadjaran, Indonesia
  • Pawit M. Yusup Universitas Padjadjaran, Indonesia
  • Jenny Ratna Suminar Universitas Padjadjaran, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui aktivitas sales promotion dan field marketing chatime Indonesia untuk menciptakan brand experience pada perusahaan. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian ini yaitu Perusahaan Chatime Indonesia. Sumber data berasal dari pengumpulan data melalui studi literatur guna untuk memperoleh informasi sehingga menjadi data untuk menemukan jawaban. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis data kualiatif dengan menganalisis berbagai sumber yang digunakan untuk dipaparkan. Dibanding brand serupa lainnya memang perusahaan Chatime di instagram bisnisnya (@chatimeindo) terlihat paling sering mengadakan sales promotion baik itu diskon, pemberian voucher, giveaway, dan lainnya. Tak hanya menggunakan strategi sales promotion, Chatime Indonesia juga menggunakan field marketing untuk menunjang startegi penjualan produknya. Sebelum pandemi terjadi di Indonesia pada awal tahun 2020, Chatime aktif menyelenggarakan beberapa event di pusat perbelanjaan atau kampus. Dalam event tersebut biasanya juga akan menggunakan strategi sales promotion berupa penawaran hadiah (permainan), minuman gratis, hingga voucher yang nantinya dapat ditukarkan oleh produk Chatime. Setelah konsumen tertarik melakukan pembelian dari strategi sales promotion dan field marketing tentunya akan muncul brand experience. Brand experience tersebut dapat dirasakan secara langsung ataupun tidak langsung saat konsumen melihat iklan di Instagram @chatimeindo.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Pawit M. Yusup, Universitas Padjadjaran, Indonesia

Universitas Padjadjaran, Indonesia

Jenny Ratna Suminar, Universitas Padjadjaran, Indonesia

Universitas Padjadjaran, Indonesia

References

Bayu, D. K., Ningsih, G. M., & Windiana, L. (2020). PENGARUH LABELISASI HALAL, MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN CHATIME. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 16(3).

Budiman, A., & Erdiansyah, R. (2022). Pengaruh Word of Mouth dan Sales Promotion terhadap Keputusan Pembelian (Survei terhadap Produk CV. Anugrah Kencana Makmur). Prologia, 6(1). https://doi.org/10.24912/pr.v6i1.10389

Dewi, N., Dina, C., Komariah, K., & Zaroni, A. N. (2021). The Effect of Prices, Halal Certification, and Halal Awareness on Buying Interest Among Muslims in Samarinda. Annual International Conference on Islamic Economics and Business (AICIEB), 1. https://doi.org/10.18326/aicieb.v1i0.13

Eka Erlinda, U., Purnama, S., & Tamzil, F. (2022). The Effect Of Service Quality, Product Quality, And Chatime Product Promotion On Customer Satisfaction (Case Study Of Chatime Customers In The Central Jakarta Region). APTISI Transactions on Management (ATM), 6(1). https://doi.org/10.33050/atm.v6i1.1680

Febriani, N. (2020). Efektivitas Strategi Komunikasi Pemasaran Celebrity Endorsement Di Instagram Terhadap Generasi Z. Manajemen Komunikasi, 5(2), 238–258.

Firdausy, C. M., & Fernanda, M. (2021). The effects of sales promotion, attractiveness of internet advertising, and website quality on impulse buying of consumers of Tokopedia in Indonesia. International Journal of Management and Enterprise Development, 20(1). https://doi.org/10.1504/IJMED.2021.113641

Gunawan, C. I., Solikhah, S. Q., & Yulita, Y. (2021). Model Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia UMKM Sektor Makanan dan Minuman di Era Covid-19. JURNAL AKUNTANSI, EKONOMI Dan MANAJEMEN BISNIS, 9(2). https://doi.org/10.30871/jaemb.v9i2.3639

Hartarto, A. (2017). Industri Makanan dan Minuman Masih Jadi Andalan. In Kementrian Perindustrian Republik Indonesia.

Kusumaningrum, D. A., & Setiawan, D. P. (2021). Pengaruh Promo Cashback Berbagai Jenis e-Payment Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus : Chatime Indonesia). Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(2). https://doi.org/10.32493/drb.v4i2.9396

Larasati, J. A., & Susilo, D. (2021). Influence of Rose All Day Instagram Sales Promotion Message And Endorsement By Beauty Influencer on Followers Buying Intention. Jurnal Riset Komunikasi, 4(2). https://doi.org/10.38194/jurkom.v4i2.350

Mammadli, G. (2021). The Role Of Brand Trust in The Impact Of Social Media Influencers On Purchase Intention. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3834011

Muhajir, M. V., & Indarwati, T. A. (2021). The Effect of Corporate Social Responsibility (CSR), Food Quality, and Perceived Value on Repurchase Intention Through Customer Satisfaction as Intervening Variables in The Pandemi Covid-19 Era (Study On “Chatime” Bubble Drink Products). Journal of Business and Behavioural Entrepreneurship, 5(1). https://doi.org/10.21009/jobbe.005.1.04

Reza, M. K., Yuliniar, & Simarmata, P. (2020). Prosiding biema. Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 2(1).

Salo, J. (2017). Social media research in the industrial marketing field: Review of literature and future research directions. In Industrial Marketing Management (Vol. 66). https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2017.07.013

Sharma, R., Ahuja, V., & Alavi, S. (2018). The Future Scope of Netnography and Social Network Analysis in the Field of Marketing. In Journal of Internet Commerce (Vol. 17, Issue 1). https://doi.org/10.1080/15332861.2017.1423533

Sugiyono. (2017). metode penelitian kualntitaltif, kuallitaltif,daln R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (1st ed.). Penerbit Alfabeta.

Sutariningsih, N. M. A., & Widagda K, I. G. N. J. A. (2021). PERAN BRAND AWARENESS MEMEDIASI PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(2). https://doi.org/10.24843/ejmunud.2021.v10.i02.p03

Syafrida. (2016). Sertifikat Halal Pada Produk Makanan Dan Minuman Memberi Perlindungan Dan Kepastian Hukum Hak-Hak Konsumen Muslim. Adil, 7(2), 159–174.

The Influence of Quality Perception, Price Fairness, Brand Experience, and Accessibility to Repurchase Interest (Study on Consumer Chatime in Purwokerto). (2020). Soedirman Economics Education Journal. https://doi.org/10.32424/1.jame.2020.22.1.2818

Wibowo, B. Y. (2021). Analysis of Chatime Customer Loyalty through Customer Experience and Perceived Quality with Brand Reputation as Intervening Variable. Admisi Dan Bisnis, 22(1).

Yohanes, Y., & Sari, W. P. (2019). Analisis Bauran Komunikasi Pemasaran Dalam Membangun Brand Loyalty Bar Kopi Seru. Prologia, 3(1). https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6254

Published
2023-01-12
How to Cite
Rizkiaini Prayitno, Y., M. Yusup, P., & Ratna Suminar, J. (2023). Implementasi Sales Promotion dan Field Marketing Chatime Indonesia dalam Menciptakan Customer Brand Experience. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(1), 247-256. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i1.685
Section
Articles