Kontribusi Iklim Sekolah dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SD Negeri Gugus 1 Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok
Abstract
Secara teoritis kinerja guru dipengaruhi oleh iklim sekolah dan gaya kepemimpinan kepala sekolah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya (1) kontribusi iklim sekolah (X1) terhadap kinerja guru (Y), (2) kontribusi gaya kepemimpinan kepala sekolah (X2) terhadap kinerja guru (Y), dan (3) kontribusi iklim sekolah (X1) dan gaya kepemimpinan kepala sekolah (X2) terhadap kinerja guru (Y). Jenis penelitian adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post- facto. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Populasi penelitian adalah guru SD Negeri Gugus 1 Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok sebanyak 105 orang yang terbagi dalam strata S1 dan non S1. Sample penelitian dipilih dengan teknik stratified proposional random sampling berjumlah sebanyak 79 orang guru. Intrumen penelitian berupa angket dengan menggunakan skala likert. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS versi 20.0. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil (1) terdapat kontribusi X1 terhadap Y yang ditunjukkan oleh nilai signifikan 0,000<0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, (2) tidak terdapat kontribusi X2 terhadap Y ditunjukkan oleh nilai signifikan 0,501>0,05 sehingga H0 diterima dan Ha ditolak, (3) terdapat kontribusi X1 dan X2 terhadap Y yang ditunjukkan oleh signifikan 0,000<0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa iklim sekolah dan gaya kepemimpinan kepala sekolah merupakan dua faktor yang berkontribusi terhadap kinerja guru. Oleh sebab itu diharapkan kepada pihak-pihak terkait agar memperhatikan kedua faktor tersebut agar kinerja guru dapat meningkat.
Downloads
References
Anggraini, D. N. (2014). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi dan Implementasi Managemen Berbasis Sekolah terhadap Mutu SMP Negeri di Kabupaten Pemalang. Educational Management, 3(1).
Burhanuddin, N. A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi, dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru SMP NEgeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa. Compertitiveness, 10(1).
Davis, K., & Newstrom, J. W. (1993). Human Behavior at Work Management. London Heinernann.
Depdikbud. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Dirun, M. A. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru di SMA dan MA se Kota Palangkaraya. IAIN Palangkaraya.
Fortunately, Renil, Asmendri, Havis, M. (2020). Pengaruh Iklim Organisasi dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 1 Pariangan. Jurnal Al Fikrah, 7(2)
Hoy, Waine. K. and Miskell, C. G. (2001). Educational Administration: Theory, Research and Practice 6th ed, International Edition (6th ed.). McGraw-Hill Companies, Inc.
Ideswal, Yahya, A. H. (2020). Kontribusi Iklim Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 460–466.
Marshall Megan, L. (2002). Examining School Climate: Defining Factors and Educational Influences. Center for Research on School Safety. School Climate and Classroom Management, Georgia State University. Erlangga.
Mulyasa, E. (2009). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT. Remaja Rosdakarya.
Octavia, L. S. (2016). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Dinamika Managemen Pendidikan, 1(1).
Pitriani, R., Muhlis Madani, N. M. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMKN 1 Palalang Kecamatan Papalng Kabupaten Mamuju. Jurnal Unismuh, 1(3).
Ratmini, A. N. I. N. N. I. gusti K. A. S. (2019). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Organisasi, Iklim Kerja dan Motivasi KErja terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 91–100
Sawianti, I. (2019). Pengaruh Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 1 Ulaweng Kabupaten Bone. Journal of Islamic Education Management, 5(1).
Subandi. (2017). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 1(2).
Suketi, Ni. N., Nyoman Dantes., N. K. S. (2014). Kontribusi Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, dan Manajemen Mutu Berbasis Sekolah (MMBS) terhadap Kinerja Guru pada Gugus II Kuta Utara. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha.
Sunaryo, W. (2017). Instrumen Pengukuran Gaya Kepemimpinan: Mengukur dan mengidentifikasi gaya-gaya kepemimpinan yang efektif untuk mengelola kondisi dan situasi organisasi uang spesifik. Yayasan Warkat Utama.
Triyanah, Tia, E. S. (2016). Iklim Sekolah sebagai Determinan Semangat Kerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Managemen Perkantoran, 1(1), 78–83.
Wahyuningsih. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMK Muhammadiyah 02 Bandarlampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Yunisman. (2010). Kontribusi Komitmen Guru dan Iklim Sekolah terhadap Komptensi Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Kecamatan VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. IAIN Batusangka.
Copyright (c) 2022 Fitri Melya Dewi, Asmendri Asmendri, David David, Suswati Hendriani, Yusuf Salam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.