Evaluasi Pendidikan Agama Islam di PTU Banjarmasin Berbasis CIPP

  • Ali Akbar UIN Antasari, Indonesia
  • Nuril Huda UIN Antasari, Indonesia
  • Dina Hermina UIN Antasari, Indonesia
Keywords: Evaluasi, CIPP, PAI, PTU

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji konteks, masukan, evaluasi proses dan hasil mata kuliah pendidikan agama Islam di perguruan tinggi negeri di Kalimantan Selatan. Sampai saat ini, banyak lembaga pendidikan yang masih menghadapi banyak kendala, terutama dalam implementasi dan evaluasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model CIPP (Context, Input, Process and Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis data untuk menjawab permasalahan tanpa pengujian hipotesis. Data utama penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan agama Islam di perguruan tinggi di Kalimantan Selatan berada pada kategori “Baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afnan, M., & Nihwan, M. (2022). Studi tentang Tujuan Pendidikan Islam Menurut Azyumardi Azra. Jurnal Pemikiran Dan Ilmu Keislaman, Vol. 3, No. 2, h. 367-384.

Darmadji, A. (2014). Ranah Afektif Dalam Evaluasi Pendidikan Agama Islam, Penting Tapi Sering Terabaikan. El-Tarbawi, Vol. 8, No. 1, H. 13-25.

Irsad, M. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Madrasah (Studi Atas Pemikiran Muhaimin. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, Vol. 1, No. 2, h. 230-245.

Nasir, M. (2019). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Implementasi Nilai Multikultural (Studi di SMA Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan). Journal Multicultural of Islamic Education, Vol. 2, No. 2, h. 14-27.

Samrin. (2015). Pendidikan Agama Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, Vol. 8, No. 1, h. 101-116.

Tsani, I. (2021). Evaluasi model cipp pada pembelajaran PAI dan budi pekerti di SMA Negeri 7 Kota Kediri. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 12, No. 1, h. 17-45.

Published
2022-12-29
How to Cite
Akbar, A., Huda, N., & Hermina, D. (2022). Evaluasi Pendidikan Agama Islam di PTU Banjarmasin Berbasis CIPP. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(1), 90-100. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i1.663
Section
Articles