Pelaksanaan Pendidikan Inklusif Berbasis Digital Pasca Pandemi COVID-19 di SMP Negeri 5 Kota Padang Panjang

  • Fardilla Deviyanda Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia
  • Suswati Hendriani Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Demina Demina Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia
  • Marjoni Imamora Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia
  • Muhammad Fazis Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia
Keywords: Pendidikan Inklusif, Berbasis Digital, Pasca Pandemi

Abstract

Penelitian ini terkait permasalahan yang ditemui dilapangan yaitu kurangnya kemampuan teknologi menjadi penyebab tidak maksimalnya pembelajaran, kreativitas guru membuat materi yang berorientasi pada IT masih rendah, dan banyaknya jenis ketunaan yang dimiliki PDBK, sehingga guru harus menciptakan pembelajaran yang inovatif dan mudah dipahami baik oleh siswa normal maupun berkebutuhan khusus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk perencanaan, pelaksanaan dan evaluasipendidikan inklusif berbasis digital di SMP Negeri 5 Kota Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah di SMP Negeri 5 Kota Padang Panjang. Informan penelitian berjumlah 3 orang yaitu kepala sekolah, guru pendamping khusus, dan guru mata pelajaran di SMP Negeri 5 Kota Padang Panjang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara mendalam, observasi berkelanjutan dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah dengan cara kondensasi data, tampilan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1. bentuk perencanaan yang dilakukan diantaranya Perencanaan pelaksanaan pendidikan inklusif, perencanaan identifikasi, Perencanaan Kurikulum, Perencanaan Sarana dan Prasarana, perencanaan pembiayaan, sekolah ini merencanakan untuk menggunakan google classroom pada pembelajarannya yang dilakukan disekolah. 2. bentuk pelaksanaan kegiatan belajar mengajar sudah berbasis digital. Namun demikian, karena keterbatasan fasilitas maka dari itu pendidikan berbasis digital ini baru dilakukan pada dua kelas yang telah dipilih untuk di uji cobakan. 3. bentuk evaluasi yang dilakukan yaitu penilaian tengah semester (PTS) dan penilaian akhir semester (PAS), juga orang tua di ajak untuk menindak lanjuti ke psikolog serta memberikan pengertian pada orang tua bahwasannya kemamapuan setiap anak itu berbeda-beda

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anjaswari, A.D. (2015). Penyelenggaraan pendidikan inklusi pada jenjang SD,SMP dan SMA di Kabupaten Sidoarjo. Pendidikan Luar Biasa FIP Universitas Negeri Malang.

Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliana. (2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Asmendri dan Firman. (2015). Perencanan pendidikan. Batusangkar: STAIN Batu Sangkar Press.

Deni Hamdani. (2013). Kajian Pelaksanaan Pendidikan Inklusif Bagi Anak Autisme di SDIT Amalia Kabupaten Bogor, Tesis, Program Studi Pendidikan Kebutuhan Khusus (PKKh) Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia, diakses dari http://repository.upi.edu/2076/2/T_PKKH_1104506_Abstract.pdf pada tanggal 26 Februari 2016

DIREKTORAT PPK-LK Pendidikan Dasar Kementrian dan Kebudayaan Jakarta. 2011. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif ( sesuai Permendiknas No. 70 tahun 2009). Jakarta.

Efendi, M., dan Malang, U. N. (2018). The Implementation of Inclusive Education in Indonesia for Children with Special Needs : Expectation and Reality. 2(1), 142–147.

Ilahi, Mohammad Takdir. (2013). Pendidikan Inklusi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Kustawan, Dedy. (2013). Manajemen pendidikan inklusif . Jakarta: PT.Luxima Metro Media

Kustawan, Dedy. (2012). Pendidikan Inklusif dan Upaya Implementasi. Jakarta: PT.Luxima Metro Media.

Mubaraq, Z., Kurniawan, F., Bahruddin, U., dan Lailatus, S. (2021). Model Of Disability Learning in Islamic Education at Inclusive School Malang , Indonesia. 12(3), 5388–5392.

Munawir, Y., et al. (2018). Pendidikan Inklusif danPelindungan anak. Solo : PT tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Prasetyo, T., dan Supena, A. (2021). Learning Implementation for Students with Special Needs in Inclusive Schools During the Covid-19 Pandemic. Musamus Journal of Primary Education, 3(2), 90–103. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i2.3313

Syafrida Elisa dan Aryani Tri Wrastari. (2013). Sikap Guru Terhadap Pendidikan Inklusi ditinjau dari Faktor Pembentukan Sikap, Jurnal Psikologi danPerkebangan dan Pendidikan, 2(1),

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta CV

Wind, A. (2017). Implementasi Pendidikan Inklusif Di Sekolah Dasar Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta.SkripsiFakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Published
2022-11-28
How to Cite
Deviyanda, F., Hendriani, S., Demina, D., Imamora, M., & Fazis, M. (2022). Pelaksanaan Pendidikan Inklusif Berbasis Digital Pasca Pandemi COVID-19 di SMP Negeri 5 Kota Padang Panjang. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(1), 1-19. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i1.633
Section
Articles