Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung

  • Sulin Mutiq Walida Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung, Indonesia
  • Hari Subiyantoro Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung, Indonesia
  • Sunjoto Sunjoto Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung, Indonesia
Keywords: Peran, Orang Tua, membimbing Anak

Abstract

 

Peran orang tua menjadi sangat penting dalam membimbing anak dalam pembelajaran dari rumah selain membantu anak dalam momen belajar juga akan membangun komunikasi yang intens dengan anak. Komunikasi yang intens ini akan membangun kreativitas anak lewat berbagai aktivitas bersama yang bermanfaat. Peran guru dan orang tua yang dapat memaksimalkan kegiatan belajar anak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam membimbing anak pada masa pandemi covid-19 di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan pada tanggal 20 Agustus 2021 sampai 29 Desember 2021.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data ada 3 tahap yang digunakan yakni reduksi data,penyajian data dan verifikasi.Kemudian untuk pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1). Peran orang tua sebagai guru dirumah rata-rata orang tua siap tetapi terkait pemberian contoh berperilaku/ bersikap dengan orang tua, tata krama,sopan santun,dan ilmu agama terkait guru disekolah. Orang tua lebih dipercayakan kepada guru karena guru bisa mengarahkan anak-anak dengan baik. 2).Peran orangtua sebagai motivator Keinginan orang tua agar anaknya memiliki prestasi untuk masa depan. Cara memotivasi anakpun beragam, tergantung bagaimana sikap orang tua kepada anak dan pola asuh yang dilakukan oleh orang tua. Rata-rata orang tua telah berusaha mencoba memberikan motivasi semangat kepada anak-anaknya dengan baik. Orangtua selalu memberikan dorongan dalam belajar giat dirumah pada masa pandemi covid-19. 3).Peran orang tua sebagai fasilitator rata-rata semua orang sudah bisa memberikan Fasilitas dengan belajar anak dengan nyaman. Cuma terkendala pada biaya kuota yang  terbatas. Bagi yang bisa memenuhi fasilitas orang tua telah menyediakan tempat belajar yang nyaman, peralatan belajar lengkap dan HP ,sedangkan bagi orang yang tidak memenuhi kebutuhan dikarenaka faktor keterbatasan ekomomi yang mereka miliki. 4). Peran orang tua sebagai director Disini terdapat bagi tugas antara ibu dan ayah dalam mengarahkan anaknya. Ada juga yang memberikan pengawasan dari jarak jauh dengan membuka komunikasi jarak jauh atau vidio Call HP. orang tua yang tidak bisa melakukan pengawasan dikarena orang tua yang memiliki kesibukan pekerjaan, atau karena anak tidak tinggal serumah dengan orang tuanya dikarenakan suatu hal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chalim, S. (2018). Peran Orang tua dan Guru dalam Membangun Internet sebagai Sumber Pembelajaran (The Role of Parents and Teachers in Building the Internet as a Source of Learning). Jurnal Penyuluhan, 14(1).

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1).

Ihromi, T. (2004). Bunga Rampai Sosiologi keluarga. Jakarta: Yayasan Obor. Indonesia.

Indriyani, F., & Yusnani. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar Di Pulau Rona Kecamatan Bangkinang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(1), 90–96.

Jamilah, & Mulyadi. (2020). Pandemi COVID 19 pada Siswa Sekolah Dasar, (September), 13–18.

Jannah, M. (2015). Pengaruh Peran Orang Tua Dan Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), 9(2), 1858–4985. Diambil dari http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI

Jarwati, & Priskawati, D. (2020). Blended Learning : Solusi Pembelajaran New Normal Untuk Pendidikan Agama Kristendi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan DIDAXEI, 1(2), 103–113.

Khairani, W. (2019). Peran Orang tua Terhadap Penggunan Media Internet Dalam Perilaku Keagamaan Anak (Studi pada Keluarga Muslim di Kelurahan Bandar Jaya Barat Kecamatan Terbanggi Besar). Skripsi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Raden Intan Lampung.

Khalimah, N. (2021). Peran orang tua dalam pembelajaran daring di mi darul ulum pedurungan kota semarang tahun pelajaran 2020/2021 skripsi.

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Miles, matthew B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. New Delhi: SAGE Publications.

Nirmala, P. O., Medida, V. A., & Widianti, V. A. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Daring. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3u SE-Articles). Diambil dari https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/955

Rizkiyah, A. (2013). Penerapan Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Bangunan di Kelas X TGB SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan teknik Bangunan, 1(1), 40–49.

Rumbewas, E. a. (2018). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar terhadap Peserta Didik. Jurnal Cendekia, 10(02), 123–132. https://doi.org/10.37850/cendekia.v10i02.66

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sofyana, L. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun. Jurnal Nasional Pendidik, 8(1).

Wardhani, T. Z. Y., & Krisnani, H. (2020). Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Sekolah Online Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 48. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.28256

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740

Published
2022-09-15
How to Cite
Walida, S., Subiyantoro, H., & Sunjoto, S. (2022). Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(3), 964-986. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i3.592
Section
Articles