Pengaruh Digital Marketing dan Kepercayaan Konsumen terhadap Customer Retention melalui Kepuasan Konsumen pada Aplikasi Aggregator Pilih Kredit

  • Dewi Dewi Universitas Esa Unggul, Jakarta, Indonesia
  • Jatmiko Jatmiko Universitas Esa Unggul, Jakarta, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh digital marketing dan kepercayaan konsumen terhadap customer retention melalui kepuasan konsumen pada aplikasi aggregator Pilih Kredit. Variabel tersebut dipilih karena sesuai dengan permasalahan yang dihadapi perusahaan penyedia aplikasi Pilih Kredit yaitu masih rendahnya penggunaan berulang oleh konsumen yang pernah menggunakannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, angket melalui Google form, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian merupakan konsumen pengguna aplikasi Pilih Kredit sebanyak 155 orang responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Jalur (Path Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital marketing dan kepercayaan konsumen berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, akan tetapi tidak berpengaruh terhadap customer retention. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa kepuasan konsumen tidak terbukti sebagai variabel intervening antara variabel digital marketing dan kepercayaan konsumen dengan customer retention.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Jatmiko Jatmiko, Universitas Esa Unggul, Jakarta, Indonesia

Universitas Esa Unggul, Jakarta, Indonesia

References

Budiarti, D. S. (2020). Pengaruh Switching Barrier, Nilai yang dirasa Nasabah, dan Kepercayaan Nasabah terhadap Customer Retention dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Nasabah BRI Syariah KC Semarang)”. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Cheng, H., & Guo, R. (2020). Risk Preference of the Investors and the Risk of Peer-to-Peer Lending Platform. Emerging Markets Finance and Trade, 56(7). https://doi.org/10.1080/1540496X.2019.1574223

Diba, N. F., Disemadi, H. S., & Prananingtyas, P. (2020). Kebijakan Tata Kelola Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Di Indonesia. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(2). https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i2.485

Farhan Asyhadi. (2020). ANALISIS DAMPAK RESTRUKTURISASI KREDIT TERHADAP PEMBIAYAAN (LEASING) PADA MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 2019. Justisi Jurnal Ilmu Hukum, 5(1). https://doi.org/10.36805/jjih.v5i1.1269

Fauzan, M. (2021). Pengawasan Otoritas Jasa Keuangan dalam Mengurangi Non Performing Financing Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1).

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro.

Giudici, P., Hadji-Misheva, B., & Spelta, A. (2019). Network Based Scoring Models to Improve Credit Risk Management in Peer to Peer Lending Platforms. Frontiers in Artificial Intelligence, 2. https://doi.org/10.3389/frai.2019.00003

Hadinata, A., & Aprillia, A. (2021). Pengaruh Praktik Pemasaran Relasi Terhadap Retensi Pelanggan: Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pelanggan Indihome Pekanbaru). Rewriting Business Strategies in The New Normal: Changing Crises to Opportunities, 1–13.

Jiang, J., Liao, L., Wang, Z., & Zhang, X. (2021). Government Affiliation and Peer-To-Peer Lending Platforms in China. Journal of Empirical Finance, 62. https://doi.org/10.1016/j.jempfin.2021.02.004

Kharisma, D. B. (2021). Urgency of financial technology (Fintech) laws in Indonesia. International Journal of Law and Management, 63(3). https://doi.org/10.1108/IJLMA-08-2020-0233

Koestiono, E. K. (2019). Analisa Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Retention Dengan Brand Experience dan Customer Engagement Sebagai Variabel Perantara Pada Pengguna Rokok Wismilak di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 6(2), 1–10.

Noor Hediati, F. (2021). PERLINDUNGAN DATA NASABAH KREDIT DENGAN SISTEM ONLINE DI ERA PERKEMBANGAN FINANSIAL TEKNOLOGI.

Pan, Y., Chen, S., Wu, D., & Dolgui, A. (2021). CF-NN: a novel decision support model for borrower identification on the peer-to-peer lending platform. International Journal of Production Research, 59(22). https://doi.org/10.1080/00207543.2020.1832270

Pikahulan, R. M. (2020). Implementasi Fungsi Pengaturan serta Pengawasan pada Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terhadap Perbankan. Jurnal Penegakan Hukum Dan Keadilan, 1(1). https://doi.org/10.18196/jphk.1103

Sari, N. D. W., & Setyorini, R. (2020). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Merek, dan Switching Barrier Terhadap Customer Retention Krim Pemutih Merek Wardah. E-Proceeding of Management, 7(2), 3781–3789.

Sugiarto. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Penerbit Andi.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung; : Alfabeta;, 2016.

Sulistiani, F., Farida, N., & Widiartanto. (2015). Pengaruh Kepercayaan, Komitmen dan Komunikasi Terhadap Retensi Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Nasabah Bank BRI Unit Kartini Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(1), 48–57.

Syarif, M. (2021). Implementasi extreme programming sebagai model pengembangan aplikasi pengajuan kredit menggunakan framework laravel. Sigmata: Jurnal Manajemen Dan Informatika, 9(2).

Wanialisa, M. (2020). Akuntansi Biaya. In Akuntansi Biaya.

Wijaya, A. (2014). Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Repeat Purchase Dengan Customer Satisfaction Sebagai Experiential Marketing. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1–9.

Wulandini, P. A. (2020). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Customer Retention Orientation dan Dampaknya Pada Relationship Outcome Nasabah Jatim Prioritas Cabang HR Muhammad Surabaya. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(1), 19–31.

Published
2022-09-20
How to Cite
Dewi, D., & Jatmiko, J. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Kepercayaan Konsumen terhadap Customer Retention melalui Kepuasan Konsumen pada Aplikasi Aggregator Pilih Kredit. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(3), 996-1021. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i3.574
Section
Articles