Pengaruh Digital Marketing dan Kepercayaan Konsumen terhadap Customer Retention melalui Kepuasan Konsumen pada Aplikasi Aggregator Pilih Kredit
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh digital marketing dan kepercayaan konsumen terhadap customer retention melalui kepuasan konsumen pada aplikasi aggregator Pilih Kredit. Variabel tersebut dipilih karena sesuai dengan permasalahan yang dihadapi perusahaan penyedia aplikasi Pilih Kredit yaitu masih rendahnya penggunaan berulang oleh konsumen yang pernah menggunakannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, angket melalui Google form, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian merupakan konsumen pengguna aplikasi Pilih Kredit sebanyak 155 orang responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Jalur (Path Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital marketing dan kepercayaan konsumen berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, akan tetapi tidak berpengaruh terhadap customer retention. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa kepuasan konsumen tidak terbukti sebagai variabel intervening antara variabel digital marketing dan kepercayaan konsumen dengan customer retention.
Downloads
References
Budiarti, D. S. (2020). Pengaruh Switching Barrier, Nilai yang dirasa Nasabah, dan Kepercayaan Nasabah terhadap Customer Retention dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Nasabah BRI Syariah KC Semarang)”. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Cheng, H., & Guo, R. (2020). Risk Preference of the Investors and the Risk of Peer-to-Peer Lending Platform. Emerging Markets Finance and Trade, 56(7). https://doi.org/10.1080/1540496X.2019.1574223
Diba, N. F., Disemadi, H. S., & Prananingtyas, P. (2020). Kebijakan Tata Kelola Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Di Indonesia. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(2). https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i2.485
Farhan Asyhadi. (2020). ANALISIS DAMPAK RESTRUKTURISASI KREDIT TERHADAP PEMBIAYAAN (LEASING) PADA MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 2019. Justisi Jurnal Ilmu Hukum, 5(1). https://doi.org/10.36805/jjih.v5i1.1269
Fauzan, M. (2021). Pengawasan Otoritas Jasa Keuangan dalam Mengurangi Non Performing Financing Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1).
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro.
Giudici, P., Hadji-Misheva, B., & Spelta, A. (2019). Network Based Scoring Models to Improve Credit Risk Management in Peer to Peer Lending Platforms. Frontiers in Artificial Intelligence, 2. https://doi.org/10.3389/frai.2019.00003
Hadinata, A., & Aprillia, A. (2021). Pengaruh Praktik Pemasaran Relasi Terhadap Retensi Pelanggan: Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pelanggan Indihome Pekanbaru). Rewriting Business Strategies in The New Normal: Changing Crises to Opportunities, 1–13.
Jiang, J., Liao, L., Wang, Z., & Zhang, X. (2021). Government Affiliation and Peer-To-Peer Lending Platforms in China. Journal of Empirical Finance, 62. https://doi.org/10.1016/j.jempfin.2021.02.004
Kharisma, D. B. (2021). Urgency of financial technology (Fintech) laws in Indonesia. International Journal of Law and Management, 63(3). https://doi.org/10.1108/IJLMA-08-2020-0233
Koestiono, E. K. (2019). Analisa Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Retention Dengan Brand Experience dan Customer Engagement Sebagai Variabel Perantara Pada Pengguna Rokok Wismilak di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 6(2), 1–10.
Noor Hediati, F. (2021). PERLINDUNGAN DATA NASABAH KREDIT DENGAN SISTEM ONLINE DI ERA PERKEMBANGAN FINANSIAL TEKNOLOGI.
Pan, Y., Chen, S., Wu, D., & Dolgui, A. (2021). CF-NN: a novel decision support model for borrower identification on the peer-to-peer lending platform. International Journal of Production Research, 59(22). https://doi.org/10.1080/00207543.2020.1832270
Pikahulan, R. M. (2020). Implementasi Fungsi Pengaturan serta Pengawasan pada Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terhadap Perbankan. Jurnal Penegakan Hukum Dan Keadilan, 1(1). https://doi.org/10.18196/jphk.1103
Sari, N. D. W., & Setyorini, R. (2020). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Merek, dan Switching Barrier Terhadap Customer Retention Krim Pemutih Merek Wardah. E-Proceeding of Management, 7(2), 3781–3789.
Sugiarto. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Penerbit Andi.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung; : Alfabeta;, 2016.
Sulistiani, F., Farida, N., & Widiartanto. (2015). Pengaruh Kepercayaan, Komitmen dan Komunikasi Terhadap Retensi Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Nasabah Bank BRI Unit Kartini Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(1), 48–57.
Syarif, M. (2021). Implementasi extreme programming sebagai model pengembangan aplikasi pengajuan kredit menggunakan framework laravel. Sigmata: Jurnal Manajemen Dan Informatika, 9(2).
Wanialisa, M. (2020). Akuntansi Biaya. In Akuntansi Biaya.
Wijaya, A. (2014). Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Repeat Purchase Dengan Customer Satisfaction Sebagai Experiential Marketing. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1–9.
Wulandini, P. A. (2020). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Customer Retention Orientation dan Dampaknya Pada Relationship Outcome Nasabah Jatim Prioritas Cabang HR Muhammad Surabaya. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(1), 19–31.
Copyright (c) 2022 Dewi Dewi, Jatmiko Jatmiko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.