Pengaruh Media Sosial dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Varian Produk Merek Apple Lini Terbaru

Citra Merek sebagai Variabel Mediasi

  • Kiagus Yudi Kurniawan Fakultas Bisnis dan ekonomi, Universitas Islam Indonesia
  • Albari Albari Fakultas Bisnis dan ekonomi, Universitas Islam Indonesia

Abstract

Era teknologi moderen saat ini berkembang dengan pesat menjadikan setiap perusahaan berlomba untuk menghasilkan produk terbaik. Apple Inc. perusahaan teknologi asal Amerika besutan Steve Jobs dan teman-nya saat ini berhasil menjadi salah satu perusahaan yang melakukan revolusi pada perangkat elektronik massal dan perangkat lunak. Perkembangan internet dan keberadaan media sosial menjadi faktor yang mendukung eksistensi keberadaan merek perusahaan teknologi asal California tersebut. Namun, tak dapat dipungkiri jika harga produk yang ditawarkan oleh Apple tidak dapat diterima oleh seluruh golongan konsumen. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media sosial dan harga terhadap keputusan pembelian varian produk merek Apple lini terbaru. Terdapat juga variabel citra merek yang berperan untuk memediasi hubungan antara variabel media sosial dan harga terhadap variabel keputusan pembelian. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan teknik sampling non-probability convenience sampling yang kemudian data diperoleh dari survei kuesioner dengan total 200 responden. Pengujian model dan hipotesis menggunakan SEM dengan bantuan program AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel media sosial dan harga memiliki pengaruh positif signifikan terhadap variabel citra merek. Lalu variabel harga berpengaruh positif signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Selanjutnya, variabel media sosial berpengaruh secara positif namun tidak signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Terakhir variabel citra merek memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Albari Albari, Fakultas Bisnis dan ekonomi, Universitas Islam Indonesia

Fakultas Bisnis dan ekonomi, Universitas Islam Indonesia

References

Albari & Safitri, I. (2018) ‘The Influence of Product Price on Consumers’ Purchasing Decisions’, Review of Integrative Business and Economics Research, 7 (2), pp. 328-337.

Anggita, R. & Ali, H. (2017) ‘The Influence of Product Quality, Service Quality and Price to Purchase Decision of SGM Bunda Milk (Study on PT. Sarihusada Generasi Mahardika Region Jakarta, South Tangerang District)’, Scholars Bulletin, 3 (6), pp. 261-272.

Barreda, A. A., Nusair, K., Wang, Y., Okumus, F., & Bilgihan A. (2020) ‘The impact of social media activities on brand image and emotional attachment’, Journal of Hospitality and Tourism Technology, 11 (1), pp. 109-135.

Dehkordi, J. & Foster, B. (2016) ‘Impact of Brand Image on Purchasing Decision on Mineral Water Product “Amidis” (Case Study on Bintang Trading Company)’, American Research Journal of Humanities and Social Sciences, 2 (1), pp. 1-11.

Djatmiko, T. & Pradana, R. (2016) ‘Brand Image and Product Price; Its Impact for Samsung Smartphone Purchasing Decision’, Procedia – Social and Behavioral Sciences, 219, pp. 221-227.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Up Date PLS Regresi. 7th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural : Konsep Dan Aplikasi Dengan Program Amos 24 Update Bayesian SEM. 7th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanaysha, J. R. (2018) ‘An examination of the factors affecting consumer’s purchase decision in the Malaysian retail market’, PSU Research Review, 2 (1), pp. 7-23.

Heracleous, L. (2013) ‘Quantum Strategyat Apple Inc’, Organizational Dynamics, 42, pp. 92 - 99.

Hutter, K., Hautz, J., Dennhardt, S., & Fuller, J. (2013) ‘The impact of user interactions in social media on brand awareness and purchase intention: the case of MINI on Facebook’, Journal of Product & Brand Management, 22 (5/6), pp. 342–351.

Khatib, Dr. F. (2016) ‘The Impact of Social Media Characteristics on Purchase Decision Empirical Study of Saudi Customers in Aseer Region’, International Journal of Business and Social Science, 7 (4), pp. 41-50.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. 17th ed. London: Pearson Education.

Kotler, P. & Keller K. L. (2016). Marketing Management. 15th ed. London: Pearson Education.

Lien, C., Wen, M., Huang, L., & Wu, K. (2015) ‘Online hotel booking: The effects of brand image, price, trust and value onpurchase intentions’, Asia Pacific Management Review, 20, pp. 210 – 218

Okazaki, S. & Taylor, C. R. (2013) ‘Social media and international advertising: theoretical challenges and future directions’, International Marketing Review, 30 (1), pp. 56-71.

Prasad, S., Garg, A., & Prasad, S. (2019) ‘Purchase decision of generation Y in an online environment’, Marketing Intelligence & Planning, 37 (4), pp. 372-385.

Prasad, S., Gupta, I. C., & Totala, N. K. (2017) ‘Social media usage, electronic word of mouth and purchase-decision involvement’, Asia-Pacific Journal of Business Administration, 9 (2), pp. 134-145.

Raji, R. A., Rashid, S., & Ishak, S. (2019) ‘The mediating effect of brand image on the relationships between social media advertising content, sales promotion content and behaviuoral intention’, Journal of Research in Interactive Marketing, 13 (3), pp. 302-330.

Sekaran U. & Bougie R. (2016). Research Methods for Business: a Skill-Building Approach. 7th ed. Chichester, West Sussex, United Kingdom: John Wiley & Sons.

Setiawan, E. B., Kartini, D., Afiff, F., & Rufaidah, P. (2016) ‘Impact of Price Fairness on Brand Image and Purchase Intention for Low Cost Car in Indonesia’, International Journal of Economics, Commerce and Management, 4 (9), pp. 300-308.

Ulfa, M. & Astuti, B. (2019) ‘Effects of Social Media Marketing Communication on Generation Z Consumers’ Attitude in Yogyakarta’, Review of Integrative Business and Economics Research, 8 (4), pp. 351-363.

Yogesh, F. & Yesha, M. (2014) ‘Effect of Social Media on Purchase Decision’, Pacific Business Review International, 6 (11), pp. 45-51.

Published
2022-12-05
How to Cite
Yudi Kurniawan, K., & Albari, A. (2022). Pengaruh Media Sosial dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Varian Produk Merek Apple Lini Terbaru. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(1), 52-66. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i1.566
Section
Articles