Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian
Studi pada Konsumen Tokopedia
Abstract
Perkembangan sistem informasi yang semakin maju memberi perubahan pada berbagai sektor dan salah satunya kepada sektor perdagangan yang memunculkan bidang bisnis baru yang disebut e-commerce. Perkembangan yang pesat membuat persaingan pada sektor e-commerce semakin sengit sehingga perlu diidentifikasikan variabel-variabel yang mempengaruhi perilaku konsumen terutama terkait keputusan pembelian agar perusahaan dapat memenangkan persaingan. Data literatur menunjukkan bahwa brand equity merupakan salah satu variabel yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand equity terhadap keputusan pembelian konsumen pada marketplace Tokopedia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari buku maupun literatur dari berbagai hasil penelitian terdahulu yang kemudian dihimpun dan dianalisa untuk menjadi pedoman guna hasil dari penelitian ini. Hasil penelitian memperlihatkan hasil bahwa terdapat pengaruh dari brand equity terhadap keputusan pembelian.
Downloads
References
Adhitya Wardhanaa, M., dan Budianitab adhityawardhana, A. (2020). Sikap Konsumen Pada Belanja Online Tokopedia Efek Kualitas Layanan Elektronik, Kepercayaan Dan Kepuasan Konsumen Elektronik. Jurnal Bisnis Digitasl Dan Sistem Informasi, 1.
Amir Adam, M., dan Nasir Akber, S. (2016). The Impact Of Brand Equity On Consumer Purchase Decision Of Cell Phones. In European Journal of Business and Innovation Research (Vol. 4, Issue 4).
Azizi, A. (2019). Pengaruh Daya Tarik Promosi, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Minat Penggunaan Uang Elektronik (E-Money). Ekonomi.
Clemens, C., dan Sari, W. P. (2019). Pengaruh Penggunaan Brand Endorser Arief Muhammad Terhadap Brand Awareness Tokopedia. Prologia, 3(2). https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6369
Gosal, G. B., dan Bernarto, I. (2021). Pengaruh E-security, E-service Quality terhadap E-satisfaction dan Pengaruh E-satisfaction, E-security, dan E-service Quality terhadap E-repurchase Intention Secara Langsung pada Pengguna E-commerce Tokopedia. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 11(2).
Gunawardane, N. R. (2015). Impact of Brand Equity towards Purchasing Desition: A Situation on Mobile Telecommunication Services of Sri Lanka. Journal of Marketing Management (JMM), 3(1). https://doi.org/10.15640/jmm.v3n1a10
Hootsuite and We Are Social. (2021). Digital in 2021 : Essential Insights Into Internet, Social Media, Mobile, and E-Commerce Use In Indonesia.Retrivied.
Kurniawan, A. C., Shinta Dewi, R., dan Ngatno. (2021). Pengaruh E-Service Quality Dan Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Marketplace Tokopedia (Studi Kasus Seller Tokopedia). Jurnal Administrasi Bisnis, 10(1).
Lisa, H., Chairhany, S., Napratilora, M., Syahid, A., dan Ilyas, M. (2020). Analisis brand equity terhadap keputusan pembelian (studi kasus coffee toffee Surabaya). Journal of Business and Banking, 10(1). https://doi.org/10.14414/jbb.v10i1.1862
Nasri, H. (2020). Pengaruh Brand Ambassador BTS Terhadap Purchase Intention Yang Dimediasi Oleh Brand Awareness Tokopedia Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, Vol, 8(02).
Oktivian, R. F., dan Febrianti, R. A. M. (2018). Transformasi Digital Menyambut Kehadiran Revolusi Industri 4 . 0. Conference on Management and Behavioral Studies.
Rahayu, S. (2021). Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce Tokopedia. MBIA, 20(1). https://doi.org/10.33557/mbia.v20i1.1271
Saputra, M. D. A., dan Widiartanto, W. (2019). Pengaruh Structural Assurance dan Perceived Reputation Terhadap Purchase Intention Melalui Trust Pada Konsumen Tokopedia. Jurnal Administrasi Bisnis. https://doi.org/10.14710/jab.v8i2.25925
Sugiarti, Y., Sari, Y., dan Hadiyat, M. A. (2020). Peranan E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298. https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i2.28181
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R dan D. Alfabeta.
Suleman, D., Zuniarti, I., Marwansyah, S., Kuspriyono, T., Riftiasari, D., Rusiyati, S., Suharyadi, D., dan Ariawan, J. (2021). The effect of product innovation on Samsung smartphone product purchase decisions through brand equity as intervening variable in the Tokopedia marketplace. Journal of Industrial Engineering dan Management Research, 2(5).
Tresna, P. wulan, Arianis Chan, dan Tetty Herawaty. (2021). The Effect Of Brand Equity On Purchase Decisions (Study On Shopee Consumer). Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(1).
Ulum, M. (2020). Prinsip-Prinsip Jual Beli Online dalam Islam dan Penerapannya pada e-Commerce Islam di Indonesia. Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis, 17(1). https://doi.org/10.34001/jdeb.v17i1.1115
Utami, G. R., dan Saputri, M. E. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Customer Engagement Dan Loyalitas Merek Pada Akun Instagram Tokopedia. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 5(2).
Widiana, I. K., dan Kerti Yasa, N. N. (2021). Pengaruh E-Servicescape Terhadap Trust Dan Dampaknya Pada Repurchase Intention. Buletin Studi Ekonomi. https://doi.org/10.24843/bse.2021.v26.i01.p02
Copyright (c) 2022 Alysa Sukmarani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.