Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian

Studi pada Konsumen Tokopedia

  • Alysa Sukmarani Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia

Abstract

Perkembangan sistem informasi yang semakin maju memberi perubahan pada berbagai sektor dan salah satunya kepada sektor perdagangan yang memunculkan bidang bisnis baru yang disebut e-commerce. Perkembangan yang pesat membuat persaingan pada sektor e-commerce semakin sengit sehingga perlu diidentifikasikan variabel-variabel yang mempengaruhi perilaku konsumen terutama terkait keputusan pembelian agar perusahaan dapat memenangkan persaingan. Data literatur menunjukkan bahwa brand equity merupakan salah satu variabel yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand equity terhadap keputusan pembelian konsumen pada marketplace Tokopedia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari buku maupun literatur dari berbagai hasil penelitian terdahulu yang kemudian dihimpun dan dianalisa untuk menjadi pedoman guna hasil dari penelitian ini. Hasil penelitian memperlihatkan hasil bahwa terdapat pengaruh dari brand equity terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhitya Wardhanaa, M., dan Budianitab adhityawardhana, A. (2020). Sikap Konsumen Pada Belanja Online Tokopedia Efek Kualitas Layanan Elektronik, Kepercayaan Dan Kepuasan Konsumen Elektronik. Jurnal Bisnis Digitasl Dan Sistem Informasi, 1.

Amir Adam, M., dan Nasir Akber, S. (2016). The Impact Of Brand Equity On Consumer Purchase Decision Of Cell Phones. In European Journal of Business and Innovation Research (Vol. 4, Issue 4).

Azizi, A. (2019). Pengaruh Daya Tarik Promosi, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Minat Penggunaan Uang Elektronik (E-Money). Ekonomi.

Clemens, C., dan Sari, W. P. (2019). Pengaruh Penggunaan Brand Endorser Arief Muhammad Terhadap Brand Awareness Tokopedia. Prologia, 3(2). https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6369

Gosal, G. B., dan Bernarto, I. (2021). Pengaruh E-security, E-service Quality terhadap E-satisfaction dan Pengaruh E-satisfaction, E-security, dan E-service Quality terhadap E-repurchase Intention Secara Langsung pada Pengguna E-commerce Tokopedia. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 11(2).

Gunawardane, N. R. (2015). Impact of Brand Equity towards Purchasing Desition: A Situation on Mobile Telecommunication Services of Sri Lanka. Journal of Marketing Management (JMM), 3(1). https://doi.org/10.15640/jmm.v3n1a10

Hootsuite and We Are Social. (2021). Digital in 2021 : Essential Insights Into Internet, Social Media, Mobile, and E-Commerce Use In Indonesia.Retrivied.

Kurniawan, A. C., Shinta Dewi, R., dan Ngatno. (2021). Pengaruh E-Service Quality Dan Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Marketplace Tokopedia (Studi Kasus Seller Tokopedia). Jurnal Administrasi Bisnis, 10(1).

Lisa, H., Chairhany, S., Napratilora, M., Syahid, A., dan Ilyas, M. (2020). Analisis brand equity terhadap keputusan pembelian (studi kasus coffee toffee Surabaya). Journal of Business and Banking, 10(1). https://doi.org/10.14414/jbb.v10i1.1862

Nasri, H. (2020). Pengaruh Brand Ambassador BTS Terhadap Purchase Intention Yang Dimediasi Oleh Brand Awareness Tokopedia Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, Vol, 8(02).

Oktivian, R. F., dan Febrianti, R. A. M. (2018). Transformasi Digital Menyambut Kehadiran Revolusi Industri 4 . 0. Conference on Management and Behavioral Studies.

Rahayu, S. (2021). Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce Tokopedia. MBIA, 20(1). https://doi.org/10.33557/mbia.v20i1.1271

Saputra, M. D. A., dan Widiartanto, W. (2019). Pengaruh Structural Assurance dan Perceived Reputation Terhadap Purchase Intention Melalui Trust Pada Konsumen Tokopedia. Jurnal Administrasi Bisnis. https://doi.org/10.14710/jab.v8i2.25925

Sugiarti, Y., Sari, Y., dan Hadiyat, M. A. (2020). Peranan E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298. https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i2.28181

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R dan D. Alfabeta.

Suleman, D., Zuniarti, I., Marwansyah, S., Kuspriyono, T., Riftiasari, D., Rusiyati, S., Suharyadi, D., dan Ariawan, J. (2021). The effect of product innovation on Samsung smartphone product purchase decisions through brand equity as intervening variable in the Tokopedia marketplace. Journal of Industrial Engineering dan Management Research, 2(5).

Tresna, P. wulan, Arianis Chan, dan Tetty Herawaty. (2021). The Effect Of Brand Equity On Purchase Decisions (Study On Shopee Consumer). Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(1).

Ulum, M. (2020). Prinsip-Prinsip Jual Beli Online dalam Islam dan Penerapannya pada e-Commerce Islam di Indonesia. Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis, 17(1). https://doi.org/10.34001/jdeb.v17i1.1115

Utami, G. R., dan Saputri, M. E. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Customer Engagement Dan Loyalitas Merek Pada Akun Instagram Tokopedia. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 5(2).

Widiana, I. K., dan Kerti Yasa, N. N. (2021). Pengaruh E-Servicescape Terhadap Trust Dan Dampaknya Pada Repurchase Intention. Buletin Studi Ekonomi. https://doi.org/10.24843/bse.2021.v26.i01.p02

Published
2022-08-20
How to Cite
Sukmarani, A. (2022). Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(3), 890-899. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i3.564
Section
Articles