Pengaruh Harga dan Kualitas Produk serta Review Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening

(Studi Kasus pada Mahasiswa Administrasi Bisnis)

  • Mardiayanti Mardiayanti Universitas Mulawarman
  • Ana Noor Andriana Universitas Mulawarman

Abstract

Memiliki kulit sehat dan glowing merupakan impian setiap orang agar dapat tampil percaya diri. Telah banyak perusahaan yang memproduksi produk beauty care baik itu produk lokal maupun produk internasional. Di Indonesia sendiri telah banyak produk skincare lokal maupun dari luar dengan kualitas yang baik dan bersaing untuk memperoleh banyak konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh variabel harga, kualitas produk, dan review produk terhadap keputusan pembelian produk scarlett whitening. pada enelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang mana data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang merupakan mahasiswa administrasi bisnis  dengan metode accidental sampling. Sampel ditentukan tengan rumus rao purba. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya uji instrumen, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga, kualitas produk, dan review produk memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel yang memiliki pengaruh paling signifikan adalah variabel harga dengan nilai koefisien sebesar 0,604.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustinus, H., & Marbun, S. (2020). Pengaruh Kreativitas, Inovasi dan Review Produk di Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mephoto_Project. Journal Research Management (JARMA), Vol. 02 No(1), 10. https://doi.org/https://doi.org/10.51713/jarma.v2i1.35

Devi, Lenggang, K. I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa di Surabaya. Skripsi, 1–114.

Fadilla. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Lipstik Wardah Di Cikarang Utara. In Gastronomía ecuatoriana y turismo local. (Vol. 1, Issue 69). Universitas Pelita Bangsa Bekasi.

Fillah, A., & Fitria, S. E. (2018). Pengaruh Promosi,Harga,Kualitas Produk, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Indihome (Studi Kasus Perumahan Pesona Bali, Bandung). E-Proceeding of Management, 5(3), 3245–3252.

Irtanti, W. E. (2019). Pengaruh Kualitas Produk,Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk lipcream pixy. Journal of Chemical Information and Modeling, 110(9), 1689–1699.

Kotler, P., Armstrong, G., Harris, L., & C. He, H. (2020). Principles of Marketing Eighth Europe an Edition. In Pearson education ltd (Issue 17th Edition). www.pearson.com/uk

Kyswantoro, K. F., Arifin, R., & Slamet, A. R. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Focallure Berdasarkan Review Influencer Tasya Farasya. EJrm, 10, 32–45. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/9590

Lestari, F. B. (2020). Pengaruh Online Costumer Review dan Online Costumer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace di Kota Tegal [Universitas Pancasakti Tegal]. In International Journal of Hypertension (Vol. 1, Issue 1). http://etd.eprints.ums.ac.id/14871/%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cell.2017.12.025%0Ahttp://www.depkes.go.id/resources/download/info-terkini/hasil-riskesdas-2018.pdf%0Ahttp://www.who.int/about/licensing/%0Ahttp://jukeunila.com/wp-content/uploads/2016/12/Dea

Mahdi, M. I. (2022). Timbang-menimbang Opsi Skincare Demi Dorong Industri Kecantikan. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/ragam/detail/timbangmenimbang-opsi-skincare-demi-dorong-industri-kecantikan

Nabila, S. M. (2019). Pengaruh Review Produk Dan Brand Awareness Terhadap Trust Dan Minat Beli: Studi Kasus Review Flow Fushi Ion De Cushion Oleh Allyssa Hawadi Melalui Instagram. Mediakom: Urnal Ilmu Komunikasi, 107–121. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35760/mkm.2019.v3i1.2232

Putri, R. M., & Istiyanto, B. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Celebrity Endorser Tehadap Minat Beli Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus Pada Perempuan Di Surakarta). Jurnal Ekobis Dewantara, 1(2), 105–112. https://doi.org/https://doi.org/10.26460/ed_en.v4i2.2204

Rauf, I. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Body Lotion Scarlett Whitening Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan 2018 Universitas Muhammadiyah Makassar. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115. https://repository.usd.ac.id/39581/2/172214196_full.pdf

Ritonga, H. M., Fikri, M., Siregar, N., Agustin, R. R., & Hidayat, R. (2018). Manajemen pemasaran.

Sinaga, R. P. Y. B., & Hutapea, J. Y. (2022). Analisis pengaruh brand image, harga, dan review product terhadap keputusan pembelian skincare wardah pada mahasiswa unai. Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 3(8), 12–25.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metode Penelitian. In Ayup (Ed.), Literasi Media (1st ed., Vol. 59).

Subastian, D. V., Palupi, D. A. R., Firsa, E., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Celebrity Endorser Raffi Ahmad Terhadap Minat Beli Produk Skincare MS. Glow. Manajemen Bisnis Islam, 2(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/revenue.v2i1.7691

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitaif,Kualitatif dan R&D. In Alfabeta (Issue 465).

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed). ANDI.

Waruwu, K., Yunita, M., Yudhira, A., & Tampubolon, D. (2021). Pengaruh Harga Produk dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Batik Pada BT Batik Trusmi Medan. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 394–404. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.314

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. In KENCANA (Vol. 59). KENCANA.

Published
2022-10-05
How to Cite
Mardiayanti, M., & Andriana, A. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk serta Review Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(3), 1091-1109. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i3.560
Section
Articles