Nilai Perusahaan ditinjau dari aspek Manajemen Laba dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR)

  • Nasrul Warid Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo
Keywords: Earnings Management ; Corporate Social Responsibility (CSR) ; Firm Value

Abstract

One of the goals of establishing a company is to make various efforts to increase firm value so that it can provide prosperity for shareholders. There are various factors that can affect firm value, one of which is earnings management. In addition, the disclosure of corporate social responsibility (CSR) can also affect firm value. This study aims to determine the effect of earnings management and corporate social responsibility (CSR) on firm value. This research is a literature study that is sourced from theory and various relevant previous research journals. The results show that earnings management and corporate social responsibility (CSR) have an effect on firm value.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisanafi, Y., & Hernindita, D. (2022). Pengaruh Pengungkapan CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan Gender DIversity sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmu SIber, vol 3(3), 723–738.

Carrol, A. ., & Brown, J. (2018). Corporate Social Responsibility: A Review of Current Concepts, Research, and Issues. Business and Society, 360(2), 39–69. http://www.fao.org/3/I8739EN/i8739en.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.adolescence.2017.01.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.childyouth.2011.10.007%0Ahttps://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/23288604.2016.1224023%0Ahttp://pjx.sagepub.com/lookup/doi/10

Danial, & Wasriah. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI.

Fana, A. A. A. A., & Prena, G. Das. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018 – 2020. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 6(2), 17–29. https://doi.org/10.38043/jiab.v6i2.3168

Hasan, S., & Andriany, D. (2018). Pengantar CSR Sejarah, Pengertian, dan Praksis. Pustaka Pelajar.

Husnan, S., & Pudjiastuti, E. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (Edisi Keli). AMP YKPN.

Irene, & Paramitha, M. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Sustainability Report Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Analisa Akuntansi Dan Perpajakan, 6(1), 22–32. https://doi.org/10.35129/ajar.v3i02.134

Jumadi. (2017). Manajemen Laba terhadap Nilai Perusahaan pada Pergantian CEO. Parameter, 2(1), 18–38.

Kesumastuti, M. A. R. M., & Dewi, A. A. (2021). Pengaruh Pengungkapan CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan Usia dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi, 31(7), 1854. https://doi.org/10.24843/eja.2021.v31.i07.p19

Labibah, N. K. N. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Governance Sebagai Variabel Mediasi. Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(11). https://doi.org/10.29080/jai.v5i02.184

Martani, D. (2012). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Salemba Empat.

Nurul Jannah, S. S., & Wibowo, D. H. (2021). Pengaruh Manajemen Laba dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Asuransi yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2019). Neraca : Jurnal Akuntansi Terapan, 3(1), 29–35. https://doi.org/10.31334/neraca.v3i1.1967

Putra, M. T. S., & Putri, I. G. A. M. A. D. (2022). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Informasi, Perpajakan, Akuntansi, Dan Keuangan Publik, 32(5), 1317–1331. https://doi.org/10.25105/jipak.v13i2.5012

Rahmi, N. U., & Wijaya, V. V. (2022). Pengaruh Enterprise Risk Management , Corporate Social Responsibility , Free Cash Flow dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-. 6(2019), 2712–2720.

Santoso, B. T. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Profitabilitas Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Arastirma, 1(2), 226. https://doi.org/10.32493/arastirma.v1i2.12361

Sari, R., & Febrianti, R. A. (2021). Moderasi Profitabilitas Atas Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 12(2), 131. https://doi.org/10.36982/jiegmk.v12i2.1290

Sartono, A. (2012). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. BPFE.

Scott, W. R. (2009). Financial Accounting Theory (Fifth Edit). Prentice Hall Canada Inc.

Sugiyanto, S. (2018). Pengaruh Tax Avoidance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pemoderasi Kepemilikan Institusional. Jurnal Ilmiah Akuntansi Universitas Pamulang, 6(1), 82–96.

Sulistyanto, H. S. (2008). Teori dan Model Empiris Manajemen Laba, Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta,. 2008.

Wijaya, D. C. T., & Budiasih, I. G. A. N. (2018). Manajemen Laba Terhadap Nilai Perusahaan Pada Pergantian CEO. E-Jurnal Akuntansi, 25, 1662. https://doi.org/10.24843/eja.2018.v25.i03.p02

Zita, B., Makhdalena, & Gusnardi. (2022). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019. 6(2), 14182–14189.

Published
2022-08-15
How to Cite
Warid, N. (2022). Nilai Perusahaan ditinjau dari aspek Manajemen Laba dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(3), 864-874. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i3.559
Section
Articles