Pengaruh Promosi, Demografis, Pengalaman, dan Trend terhadap Keputusan Pembelian Produk Apparel Motor "Prostreet" di Tokopedia

  • Arya Wisang Tri Saputra UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Nadia Roosmalita Sari UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
Keywords: Promosi, Demografis, Pengalaman, Trend, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh promosi, demografis, pengalaman dan trend terhadap keputusan pembelian produk apparel motor “Prostreet” di Tokopedia. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penilitian asosiatif yang bertujuan unutk mengetahui hubungan antara dua variable atau lebih.Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah promosi (X1), demografis (X2), pengalaman (X3), trend (X4) dan keputusan pembelian (Y).Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari angket.Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pembeli produk “Prostreet” di area Jawa Timur dan Jawa Tengah dengan penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling.Dalam penelitian ini data dianalisis dengan menggunakan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi), uji regresi liner berganda. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa Variabel promosi mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian  Produk Apparel Motor "Prostreet”  di Tokopedia. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik promosi, maka semakin baik pula keputusan pembelian.Variabel demografis mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian  Produk Apparel Motor "Prostreet”  di Tokopedia. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik demografis, maka semakin baik pula keputusan pembelian.Variabel pengalaman mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian  Produk Apparel Motor "Prostreet”  di Tokopedia. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik pengalaman, maka semakin baik pula keputusan pembelian.Variabel trend mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian  Produk Apparel Motor "Prostreet”  di Tokopedia. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik trend, maka semakin baik pula keputusan pembelian. Pengujian secara bersama-sama pada variabel Promosi, Demografis, Pengalaman dan Trendberpengaruh terhadap Keputusan Pembelian  Produk Apparel Motor "Prostreet”  di Tokopedia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanda, D. P., & Aslami, N. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Periklanan terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi. VISA: Journal of Vision and Ideas, 2(1), 53–62. https://doi.org/10.47467/visa.v2i1.813

Aprila, B. N. (2021). Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen THE CORRELATION BETWEEN DEMOGRAPHIC FACTORS AND GOLD PURCHASE DECISION IN, 9(4), 405–414.

Arsita, N. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Dan Trend Fashion Terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Fashion Pada Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS), 7(2), 125–131. https://doi.org/10.24967/jmb.v7i2.1390

Ernawati, R. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663

Etzel M.J, W. B. (2006). Marketing. New York: McGraw Hill.

G, K. P. dan A. (2015). Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth edition. England: Pearson Education, Inc.

Gunawan, G. T., & Sitinjak, T. (2018). Pengaruh Keterlibatan Fashion Dan Gaya Hidup Berbelanja Terhadap Pembelian Impulsif (Studi Terhadap Remaja Dan Pemuda Dki Jakarta). Jurnal Manajemen, Vol.7(No.2), 109–123.

Haryanti, N. (2019). Metode Penelitian Ekonomi. Bandung: Mangu.

Keller, P. K. D. K. L. (2008). Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas Jilid1. Jakarta: Erlangga.

Mentari, A., & Armia, S. (2016). Pengaruh Faktor Demografi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Di Kota Banda Aceh Dengan Persepsi Merek Mewah Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 1(1), 23–36.

Nirwana. (2004). Prinsip-prinsip Pemasaran jasa. Malang: Dioma.

Noor, Z. Z. (2012). Manajemen Pemasaran Stratejik. Yogyakarta: CV Budi Uta,a.

sepedamotor.com. (n.d.). Retrieved April 27, 2022, from https://toko.sepedamotor.com/collections/jacket

The Map of E-commerce in Indonesia. (n.d.). Retrieved from https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/en/

Wuryandani, D. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pertumbuhan ekonomi Indonesia 2020 dan Solusinya. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik.

Published
2022-07-20
How to Cite
Saputra, A., & Sari, N. (2022). Pengaruh Promosi, Demografis, Pengalaman, dan Trend terhadap Keputusan Pembelian Produk Apparel Motor "Prostreet" di Tokopedia. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(3), 740-762. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i3.506
Section
Articles