Pengaruh Promosi, Demografis, Pengalaman, dan Trend terhadap Keputusan Pembelian Produk Apparel Motor "Prostreet" di Tokopedia
Abstract
Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh promosi, demografis, pengalaman dan trend terhadap keputusan pembelian produk apparel motor “Prostreet” di Tokopedia. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penilitian asosiatif yang bertujuan unutk mengetahui hubungan antara dua variable atau lebih.Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah promosi (X1), demografis (X2), pengalaman (X3), trend (X4) dan keputusan pembelian (Y).Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari angket.Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pembeli produk “Prostreet” di area Jawa Timur dan Jawa Tengah dengan penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling.Dalam penelitian ini data dianalisis dengan menggunakan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi), uji regresi liner berganda. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa Variabel promosi mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Produk Apparel Motor "Prostreet” di Tokopedia. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik promosi, maka semakin baik pula keputusan pembelian.Variabel demografis mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Produk Apparel Motor "Prostreet” di Tokopedia. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik demografis, maka semakin baik pula keputusan pembelian.Variabel pengalaman mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Produk Apparel Motor "Prostreet” di Tokopedia. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik pengalaman, maka semakin baik pula keputusan pembelian.Variabel trend mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Produk Apparel Motor "Prostreet” di Tokopedia. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik trend, maka semakin baik pula keputusan pembelian. Pengujian secara bersama-sama pada variabel Promosi, Demografis, Pengalaman dan Trendberpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Produk Apparel Motor "Prostreet” di Tokopedia.
Downloads
References
Amanda, D. P., & Aslami, N. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Periklanan terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi. VISA: Journal of Vision and Ideas, 2(1), 53–62. https://doi.org/10.47467/visa.v2i1.813
Aprila, B. N. (2021). Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen THE CORRELATION BETWEEN DEMOGRAPHIC FACTORS AND GOLD PURCHASE DECISION IN, 9(4), 405–414.
Arsita, N. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Dan Trend Fashion Terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Fashion Pada Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS), 7(2), 125–131. https://doi.org/10.24967/jmb.v7i2.1390
Ernawati, R. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663
Etzel M.J, W. B. (2006). Marketing. New York: McGraw Hill.
G, K. P. dan A. (2015). Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth edition. England: Pearson Education, Inc.
Gunawan, G. T., & Sitinjak, T. (2018). Pengaruh Keterlibatan Fashion Dan Gaya Hidup Berbelanja Terhadap Pembelian Impulsif (Studi Terhadap Remaja Dan Pemuda Dki Jakarta). Jurnal Manajemen, Vol.7(No.2), 109–123.
Haryanti, N. (2019). Metode Penelitian Ekonomi. Bandung: Mangu.
Keller, P. K. D. K. L. (2008). Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas Jilid1. Jakarta: Erlangga.
Mentari, A., & Armia, S. (2016). Pengaruh Faktor Demografi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Di Kota Banda Aceh Dengan Persepsi Merek Mewah Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 1(1), 23–36.
Nirwana. (2004). Prinsip-prinsip Pemasaran jasa. Malang: Dioma.
Noor, Z. Z. (2012). Manajemen Pemasaran Stratejik. Yogyakarta: CV Budi Uta,a.
sepedamotor.com. (n.d.). Retrieved April 27, 2022, from https://toko.sepedamotor.com/collections/jacket
The Map of E-commerce in Indonesia. (n.d.). Retrieved from https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/en/
Wuryandani, D. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pertumbuhan ekonomi Indonesia 2020 dan Solusinya. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik.
Copyright (c) 2022 Arya Wisang Tri Saputra, Nadia Roosmalita Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.