Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kepercayaan di e-commerce yang dimoderasi oleh Kepuasan

  • Rachma Widyani Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, Indonesia
  • Ajeng Wijayanti Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, Indonesia
Keywords: Service Quality, Accounting Information Systems, Trust, satisfaction

Abstract

This research aims to recommend the effect of service quality and accounting information systems on trust and to test the effect of moderation of satisfaction on the effect of service quality and accounting information systems on trust. The research method used is quantitative with data collection techniques through the distribution of questionnaires and the number of samples obtained by 200 respondents .  the population in this study, namely MSMEs who have used e-commerce in the JABODETABEK region. The data processing method in this study uses  Smart software  PLS used in testing validity tests and reliability tests as well as in hypothesis testing. From the results of the hypothesis test it proves that there is a positive and significant influence of the quality of service on trust, the existence of a positive and significant influence of the accounting information system on trust, there is a positive and significant influence on satisfaction with trust, the absence of a positive and significant influence of moderating satisfaction on the influence of service quality on trust, there is a positive and significant influence of moderating satisfaction on the influence of accounting information systems.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ajeng Wijayanti, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk merekomendasikan atas pengaruh kualitas pelayanan dan sistem informasi akuntansi terhadap kepercayaan serta untuk menguji pengaruh moderasi kepuasan  atas pengaruh kualitas pelayanan dan sistem informasi akuntansi terhadap kepercayaan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan jumlah sample yang diperoleh sebanyak 200 responden .  populasi pada penelitian ini yaitu para pelaku UMKM yang telah menggunakan  e-commerce diwilayah JABODETABEK. Metode pengolahan data  dalam penelitian ini menggunakan sofware Smart PLS  yang digunakan dalam pengujian uji validitas dan uji reliabilitas serta dalam pengujian hipotesis. Dari hasil uji hipotesis membuktikan bahwa  adanya pengaruh yang positif dan signifikan  dari kualitas pelayanan terhadap kepercayaan, adanya pengaruh positif dan signifikan  dari sistem informasi akuntansi terhadap kepercayaan, adanya pengaruh secara positif dan signifikan atas kepuasan terhadap kepercayaan, tidak adanya pengaruh secara positif dan signifikan kepuasan memoderasi atas pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepercayaan, adanya pengaruh secara positif dan signifikan kepuasan memoderasi atas pengaruh sistem informasi akuntansi.

References

Abdulkarim, R., & Christiaan, P. (2021). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Klien Pengguna Jasa Akuntan (Studi Empiris Pada Kantor Jasa Akuntan Terampil Di Kota Gorontalo). AkMen JURNAL ILMIAH. https://doi.org/10.37476/akmen.v18i2.1710

Asatiani, A., Apte, U., Penttinen, E., Rönkkö, M., & Saarinen, T. (2019). Impact of accounting process characteristics on accounting outsourcing - Comparison of users and non-users of cloud-based accounting information systems. International Journal of Accounting Information Systems. https://doi.org/10.1016/j.accinf.2019.06.002

Ashfaq, M., Yun, J., Yu, S., & Loureiro, S. M. C. (2020). I, Chatbot: Modeling the determinants of users’ satisfaction and continuance intention of AI-powered service agents. Telematics and Informatics. https://doi.org/10.1016/j.tele.2020.101473

Chiu, V., Liu, Q., Muehlmann, B., & Baldwin, A. A. (2019). A bibliometric analysis of accounting information systems journals and their emerging technologies contributions. International Journal of Accounting Information Systems. https://doi.org/10.1016/j.accinf.2018.11.003

Dagiliene, L., & Šutiene, K. (2019). Corporate sustainability accounting information systems: a contingency-based approach. Sustainability Accounting, Management and Policy Journal. https://doi.org/10.1108/SAMPJ-07-2018-0200

Dianat, I., Adeli, P., Asgari Jafarabadi, M., & Karimi, M. A. (2019). User-centred web design, usability and user satisfaction: The case of online banking websites in Iran. Applied Ergonomics. https://doi.org/10.1016/j.apergo.2019.102892

Fajarini, A., & Meria, L. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keercayaan dan Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan ( Studi Kasus Klinik Kecantikan Beauty INC ). JCA Ekonomi.

Gopalan, R., Sreekumar, & Satpathy, B. (2015). Evaluation of retail service quality – A fuzzy AHP approach. Benchmarking. https://doi.org/10.1108/BIJ-05-2013-0052

Heryanto, H., Hidayati, T., & Wahyuni, S. (2021). Pengaruh Experiential Marketing dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen dan Word of Mouth. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i1.2277

Indriyani, F., & Helling, L. S. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Website , Kepercayaan, Promosi Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Tokopedia. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen. https://doi.org/10.32477/jrm.v5i1.285

Juhria, A., Meinitasari, N., Fauzi, F. I., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh e-service quality terhadap kepuasan pelanggan di aplikasi e-commerce shopee. JURNAL MANAJEMEN, 13(1), 55–62.

Lestari, R., & Hertati, L. (2020). Bagaimana Pengaruh Strategi Bisnis, Kekuatan Produk Terhadap Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Manajemen: Studi Kasus Pada Usaha Kecil Dan Menengah Di Indonesia. Kajian Akuntansi. https://doi.org/10.29313/ka.v21i1.5675

Liat, C. B., & Shi Wuan, Y. (2014). (For methodology)Factors Influencing Consumers’ Online Purchase Intention: A Study among University Students in Malaysia. International Journal of Liberal Arts and Social Science. https://doi.org/10.5539/ass.v10n9p18

Maharany, A. M., Saidani, B., & Fidhyallah, N. F. (2021). Pengaruh Kepuasan dan Manfaat yang dirasakan Terhadap Minat Beli Ulang pada E-Commerce Marketplace X di Indonesia. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan-JBMK, 2(2), 401–416.

Michelle Natalia. (2022). Menkop Teten: E-commerce harus dibanjiri produk UMKM. Okezone.Com. https://economy.okezone.com/amp/2022/04/04/320/2572980/menkop-teten-e-commerce-harus-dibanjiri-produk-umkm?page=3

Pahlevi, M. R. (2019). Pengaruh Kualitas yang Dirasakan , Nilai yang Dirasakan , dan Kepuasan terhadap Kepercayaan Pelanggan Produk Plastik Ramah Lingkungan. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar.

Prentice, C., Wang, X., & Loureiro, S. M. C. (2019). The influence of brand experience and service quality on customer engagement. Journal of Retailing and Consumer Services. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.04.020

Ramadhan, M. A. F. (2020). PENGARUH CITRA MEREK, KEPERCAYAAN, DAN KOMITMEN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN APLIKASI TRANSPORTASI ONLINE GOJEK DI KOTA MALANG. Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU). https://doi.org/10.33474/manajemen.v4i2.3733

Rosdiana, R., & Haris, I. A. (2018). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. International Journal of Social Science and Business. https://doi.org/10.23887/ijssb.v2i3.16240

Shin, D. (2021). The effects of explainability and causability on perception, trust, and acceptance: Implications for explainable AI. International Journal of Human Computer Studies. https://doi.org/10.1016/j.ijhcs.2020.102551

Siagian, H., & Cahyono, E. (2014). ANALISIS WEBSITE QUALITY, TRUST DAN LOYALTY PELANGGAN ONLINE SHOP. Jurnal Manajemen Pemasaran. https://doi.org/10.9744/pemasaran.8.2.55-61

Sobihah, M., Mohamad, M., Ali, N. A. M., & Wan Ismail, W. Z. (2015). E-commerce service quality on customer satisfaction, belief and loyalty: A proposal. Mediterranean Journal of Social Sciences. https://doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n2p260

Suarthana, I. P. O., Putra, I., & ... (2019). PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA PADA KOPERASI JUJUR UTAMA MANDIRI. … Sains, Teknologi ….

Tsafarakis, S., Kokotas, T., & Pantouvakis, A. (2018). A multiple criteria approach for airline passenger satisfaction measurement and service quality improvement. Journal of Air Transport Management. https://doi.org/10.1016/j.jairtraman.2017.09.010

Wungkana, F. A., & Santoso, T. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA E-COMMERCE KECANTIKAN SOCIOLLA. Agora, 9(2).

Ye, M., & Lyu, Z. (2020). Trust, risk perception, and COVID-19 infections: Evidence from multilevel analyses of combined original dataset in China. Social Science and Medicine. https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2020.113517

Published
2022-07-19
How to Cite
Widyani, R., & Wijayanti, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kepercayaan di e-commerce yang dimoderasi oleh Kepuasan. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(3), 724-739. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i3.480
Section
Articles