Peran Literasi Keuangan Syariah Pada Pelaku Usaha Makanan Minuman Halal Terhadap Peningkatan Nilai Tambah

  • Anggia Lovika Magister Manajemen, Universitas Mercu Buana, Indonesia
  • Burhanuddin Burhanuddin Magister Manajemen, Universitas Mercu Buana, Indonesia
  • Sugeng Santoso Magister Manajemen, Universitas Mercu Buana, Indonesia
  • Idu Praktikno Magister Manajemen, Universitas Mercu Buana, Indonesia
Keywords: Literasi Keuangan; Keuangan Syariah; Makanan Minuman Halal; Nilai Tambah

Abstract

Berdasarkan Survei Nasional Literasi Keuangan (SNLIK) 2019, pertumbuhan indeks literasi keuangan syariah terbatas dalam 3 tahun terakhir menjadi sebesar 8,93%. Hal tersebut menunjukan bahwa kesadaran dan preferensi masyarakat terhadap keuangan syariah. Literasi keuangan memiliki fungsi untuk meningkatkan kepekaan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan, mulai dari mengetahui tentang jasa keuangan, meyakini, dan terampil sehingga mencapai masyarakat yang memiliki tingkat literasi keuangan yang tinggi pada sektor jasa keuangan terutama perbankan syariah. Diasumsikan bahwa masih banyak penduduk Indonesia khususnya pelaku usaha makanan dan minuman halal tidak memiliki pemahaman serta pengetahuan yang baik terhadap layanan keuangan syariah. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah pelaku usaha makanan dan minuman halal. Teknik sampling yang dipakai ialah purpose sampling dengan kriteria pelaku makanan dan minuman halal yang bersedia mengisi lengkap kuesioner secara online melalui google form. Teknik pengumpulan dengan cara menyebarkan angket secara online melalui google form. Analisis data yang digunakan regresi linear berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS 21.0 for windows. Sebagai variabel dependen adalah literasi keuangan syariah dan variabel independen adalah peningkatan nilai tambah. Hasil pengolahan data menunjukan bahwa literasi keuangan syariah berpengaruh signifikan terhadap peningkatan nilai tambah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sugeng Santoso, Magister Manajemen, Universitas Mercu Buana, Indonesia

Magister Manajemen, Universitas Mercu Buana, Indonesia

Idu Praktikno, Magister Manajemen, Universitas Mercu Buana, Indonesia

Magister Manajemen, Universitas Mercu Buana, Indonesia

References

Adiyanto, M. R., & Purnomo, A. S. D. (2021). Dampak tingkat literasi keuangan syariah terhadap minat menggunakan produk keuangan syariah. Jurnal Administrasi Kantor, 9(1), 1–12.

Alika, V. A.; Santoso, S.; Nurmaliki, S.; Anisa, N. (2021). Marketing Strategy Sharia Financial Institutions to Promote Sharia Fintech and Micro and Small Enterprises (MSES). Proceedings of the 1st MICOSS Mercu Buana International Conference on Social Sciences, MICOSS 2020, EAI. doi:10.4108/eai.28-9-2020.2307373

Amalia, A. N. (2020). Niat Mengonsumsi Makanan dan Minuman Halal Pada Remaja. Li Falah: Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(1). https://doi.org/10.31332/lifalah.v5i1.1787

Azizah, N. S. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Pada Perilaku Keuangan Pada Generasi Milenial. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01(02).

Candera, M., Afrilliana, N., & Ahdan, R. (2020). Peran Literasi Keuangan Syariah dalam memoderasi Pengaruh Demografi terhadap Minat Menabung Pada Perbankan Syariah. Jurnal Manajemen Motivasi, 16, 1–7.

Dadang Husen Sabana. (2017). Manajemen Keuangan Syariah. In CV PUSTAKA SETIA.

El Ikhwan, M. T. (2019). Determinan Literasi Keuangan Syariah. Al-Masharif, 7(1), 82–96.

Endri, Syafarudin, A., Santoso, S., Imaningsih, E. S., Suharti, T., & Rinda, R. T. (2020). Consumption Behavior Patterns Of Generations Y Halal Products In Indonesia. Academy of Entrepreneurship Journal, 26( 2), 1-10

Fatmawati, A. A., & Santoso, S. (2020). Penguatan Rantai Nilai Pariwisata Sebagai Strategi Pengembangan Kawasan Kota Tua Jakarta Menjadi Kawasan Wisata Ramah Muslim. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 6(03).

Hasanah, S., Amelia, F., & Erwin, Y. (2018). Makanan Halal Pada Destinasi Wisata di Nusa Tenggara Barat. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 191.

Iskamto, D., & Yapentra, A. (2018). Perbankan Syariah Di Kota Pekanbaru (Religiosity and Trust in Islamic Banking in Pekanbaru City Indonesia). Eko Dan Bisnis, 9(4).

Iskandar, M., Santoso, S., Putra, R., Putri, G., Perdana, R., & Irawan, P. (2021, November 1). ANALYSIS OF THE EFFECTIVENESS OF THE GOVERNMENT’S ASSISTANCE FOR MICRO BUSINESSES ON CULINARY SECTOR MSMES IN THE MASS OF THE COVID-19 VIRUS PANDEMIC IN SAWAH BESAR DISTRICT, CENTRAL JAKARTA. Journal of Economics, Business, and Government Challenges, 4(2), 147-154. https://doi.org/https://doi.org/10.33005/ebgc.v4i2.200

Kholishudin, K. (2021). Makanan Dan Minuman Produk Barat Dalam Perspektif Hukum Islam. Al Iqtishod, 9(2), 109–126.

Khosasi, A. (2017). Pengaruh literasi keuangan syariah dan pemasaran terhadap pengambilan keputusan nasabah melakukan pembiayaan mikro di bank syariah Bukopin Sidoharjo. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Naini, N. F., Sugeng Santoso, Andriani, T. S., Claudia, U. G., & Nurfadillah. (2022). The Effect of Product Quality, Service Quality, Customer Satisfaction on Customer Loyalty. Journal of Consumer Sciences, 7(1). https://doi.org/10.29244/jcs.7.1.34-50

Nanda, T. S. F., Ayumiati, & Wahyu, R. (2019). Tingkat Literasi Keuangan Syariah : Studi Pada Masyarakat Kota Banda Aceh. JIHBIZ, 1(2), 141–152.

Ningtyas, M. N. (2019). Literasi Keuangan pada Generasi Milenial. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1). https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.111

Rifa’i, M. N. (2018). Promosi Makanan Halal di Kota Taipei, Taiwan. FALAH: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 111.

Romaji, H. (2021). Peran Lembaga Keuangan Mikro Syariah Ditengah Pandemi Covid-19 Di Indonesia Dalam Merangkul Usaha Mikro Kecil Mengengah …. Madani Syari’ah, 4(1).

Santoso, Sugeng (2020). Optimizing Access to Financial Capital of Creative Economy for Startups Towards Global Competitiveness, BECOSS (Business Economic, Communication, and Social Sciences), 2(2), 13-21. DOI: https://doi.org/10.21512/becossjournal.v2i2.6246.

Santoso, Sugeng, Fatmawati, Ari, Ubaidillah, Rian, Widyanty, Winda, AND Isa, Salmi. " Analysis of Muslim Friendly Tourism Development in Indonesia" IQTISHODUNA: Jurnal Ekonomi Islam [Online], Volume 10 Number 2 (1 October 2021), 17-32.

Santoso, S.; Natanael, A.; Fatmawati, A.A.; Griselda, A.; Khoirunnisa, J.; Simanjuntak, M.; Bagus, A. A. R. (2021). Analisis Pengembangan Platform Ekspor Sub Sektor Kuliner Tinjauan Dari Model Sistem Inovasi, Jurnal Distribusi, 9(1), 29-38. DOI: 10.29303/distribusi.v9i1.151

Santoso, S.; Natanael, A.; Griselda, A.; Khoirunnisa, J.; Simanjuntak, M.; Bagus, A. R.; Merry, L. Z. (2021). Analysis of Business Process Reengineering and Export Platform in Supporting Business Exports of Creative Economy Players in the Micro, Small and Medium Business in Culinary Sub-sector. Journal of Economics, Business, and Government Challenges (JoEBGC), 4(1), 32-49. doi:10.33005/ebgc.v4i1.170

Santoso, S.; Ubaidillah, R.; Balqis, B.; Sembiring, C. F. (2021). Community Role in Improving Muslim-Friendly Value Chain in COVID-19 Pandemic at Geopark Bayah Dome Tourism Area. Proceedings of the 1st MICOSS Mercu Buana International Conference on Social Sciences, MICOSS 2020, EAI. doi:10.4108/eai.28-9-2020.2307372

SANTOSO, Sugeng et al. Analysis of Marketing Value Chain Development of Halal Food Products (Case Study of Kato Dehydrated Food Startup). Journal of Islamic Economics and Social Science (JIESS), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 36-43, nov. 2021. ISSN 27227111. Available at: <https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jiess/article/view/11827>. Date accessed: 31 may 2022. doi:http://dx.doi.org/10.22441/jiess.2021.v2i1.004.

Satriana, E. D., & Faridah, H. D. (2018). Halal Tourism: Development, Chance and Challenge. Journal of Halal Product and Research, 1(2), 32.

Stephani Kasendah, B., & Wijayangka, C. (2019). PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP KINERJA UMKM. Almana : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1).

Sugeng Santoso, Rahma Septi Anzelina, Luthfi Aulia Safari, Dimas Iskandar, Fery Erwanda (2021). Pembiayaan Dan Manfaat Financial Technology (Fintech) Syariah Pada 212 Mart, Syi’ar Iqtishadi: Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 5(1), 68-92. DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jiec.v5i1.9889

Sugeng Santoso , Selma Alfarisah , Ari Ana Fatmawati , Rian Ubaidillah (2021). Correlation Analysis of the Halal Certification Process and Perceptions of the. Cost of Halal Certification with the Intentions of Food and Beverage SMEs Actors, Jurnal Religious, 5 (2), 297-308. DOI :10.15575/rjsalb.v5i2.11627

Sugiyono. (2015). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. ALFABETA.

Syafrida. (2016). Sertifikat Halal Pada Produk Makanan Dan Minuman Memberi Perlindungan Dan Kepastian Hukum Hak-Hak Konsumen Muslim. Adil, 7(2), 159–174.

Utomo, G. S., Mustafa, R., Adhidharma, G., Maryam, S., Fajriah, N., Azzahra, F., & Astiwin. (2020). Laporan Keuangan Syariah Indonesia.

Warto, W., & Samsuri, S. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Al Maal, 2(1), 98.

Widyarini, W. (2020). Pemasaran Wisata Halal Di Indonesia Pasca Covid -19. Az Zarqa’: Jurnal Hukum Bisnis Islam, 12(1).

Published
2022-07-04
How to Cite
Lovika, A., Burhanuddin, B., Santoso, S., & Praktikno, I. (2022). Peran Literasi Keuangan Syariah Pada Pelaku Usaha Makanan Minuman Halal Terhadap Peningkatan Nilai Tambah. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2), 655-667. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i2.474
Section
Articles