Pengaruh E-Trust on Re-use Intention Terhadap Platform Flip

  • Alan Fajar Fadillah Program Studi Manajemen, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Tiara Putri Ramayanti Program Studi Manajemen, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Abdul Yusuf Program Studi Manajemen, Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Perkembangan inovasi mengenai teknologi informasi tidak hanya sekedar untuk mencari data namun menjadikan penghubung disegala kegiatan, salah satu dari kegiatan tersebut adalah sektor keuangan.  Dengan banyaknya inovasi baru yang muncul dengan kemudahaan yang didapat, tidak memungkinkan masalah tidak muncul.  Dalam kasus mobile banking salah satu dari masalah baru yang muncul adalah transfer rekening dengan biaya admin.  Dalam penelitian ini terdapat 2 metode pengumpulan data selama proses penelitian, yaitu: 1.  Studi Kepustakaan (Library Research) Teknik ini dilakukan dengan cara Mencari sumber-sumber yang memiliki keterkaitan dengan penelitian.  Acuan nya pada jurnal ilmiah, literatur, dan juga publikasi lainnya yang dapat menjadi rujukan untuk penelitian ini.  2.  Studi Lapangan (Field Research) Teknik ini dilakukan dengan cara Mengumpulkan data-data yang dibutuhkan untuk penelitian seperti memperoleh data dari responden yang berkaitan dengan penelitian.  Di dalam penelitian ini pengimplementasian dari metode ini adalah Dengan menyebarkan kuesioner yang telah disusun sedemikian rupa secara online melalui Google Form.  Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa E-Trust (X) berpengaruh positif signifikan terhadap Reuse Intention.  Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa ETrust secara positif memengaruhi reuse intention.  

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Tiara Putri Ramayanti, Program Studi Manajemen, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Manajemen, Universitas Singaperbangsa Karawang

Abdul Yusuf, Program Studi Manajemen, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Manajemen Universitas Singaperbangsa Karawang

References

Afdi, M. (2017). Munich Personal RePEc Archive Financial Technology (Fintech): It’s Concept and Implementation in Indonesia.

Afshan, S., & Sharif, A. (2016). Acceptance of mobile banking framework in Pakistan. Telematics and Informatics, 33(2), 370–387. https://doi.org/10.1016/j.tele.2015.09.005

Arner, D. W., Zetzsche, D. A., Buckley, R. P., Barberis, J. N., Law, U., & Douglas Arner, by W. (2017). FINTECH AND REGTECH: ENABLING INNOVATION WHILE PRESERVING FINANCIAL STABILITY. In Georgetown Journal of International Affairs (Vol. 18, Issue 3).

Bowlby, J. (1958). The Nature of the Child’s Tie to his Mother. International Journal of Psycho-Analysis, XXXIX, 1–23.

Cagatay, P. (1994). The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketing. Journal Of Marketing, 58, 20–38.

Chang, H. H., & Chen, S. W. (2008). The impact of online store environment cues on purchase intention: Trust and perceived risk as a mediator. Online Information Review, 32(6), 818–841. https://doi.org/10.1108/14684520810923953

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. 13, 319–340. http://www.jstor.org/stable/249008

Delone, W. H., & Mclean, E. R. (2003). The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update. In Information Systems Research, Journal of Management Information Systems (Vol. 19, Issue 4).

Digdowiseiso, K. (2017). METODOLOGI PENELITIAN EKONOMI DAN BISNIS.

Gefen, D., Karahanna, E., & Straub, D. W. (2003). TRUST AND TAM IN ONLINE SHOPPING: AN INTEGRATED MODE. 27, 51–90.

Jones, G. R., & George, J. M. (1998). The Experience and Evolution of Trust: Implications for Cooperation and Teamwork. In Source: The Academy of Management Review (Vol. 23, Issue 3).

Li, Y. (2016). Empirical Study of Influential Factors of Online Customers’ Repurchase Intention. IBusiness, 08(03), 48–60. https://doi.org/10.4236/ib.2016.83006

Liang, C. J., & Wang, W. H. (2007). An insight into the impact of a retailer’s relationship efforts on customers’ attitudes and behavioral intentions. International Journal of Bank Marketing, 25(5), 336–366. https://doi.org/10.1108/02652320710772998

Loanata, T., & Gianina Tileng, K. (2016). Pengaruh Trust dan Perceived Risk pada Intention To Use Menggunakan Technology Acceptance Model (Studi Kasus Pada Situs E-Commerce Traveloka). 64 JUISI, 02(01).

Mcallister, D. J. (1995). Affect-and Cognition-Based Trust as Foundations for Interpersonal Cooperation in Organizations. In Source: The Academy of Management Journal (Vol. 38, Issue 1).

Montree, R., Piriyakul, R., Ortai, C., Boonyoung, M., Piriyakul, P., & Piriyakul, I. (2015). Effects of Trust, Satisfaction and Factors Corresponding to TAM on Intention to Reuse Internet Business Transaction. International Review of Management and Business Research, 4, 3. www.irmbrjournal.com

Paramita, R. N. R. B. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif.

Prof. Dr. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian (23rd ed., Vol. 23). ALFABETA CV.

Putri Narahdita, A., Aisjah, S., & Kusniyah, N. (2020). TRUST AND PERCEIVED BENEFIT AS ANTECEDENTS OF REUSE INTENTION IN MOBILE PAYMENT SERVICES. Jurnal Aplikasi Manajemen, 18(4), 682–691. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2020.018.04.07

rahman, abdul. (n.d.). A Distributed Trust Model.

Romadloniyah, A. L., & Prayitno, D. H. (2018). jurnal 1. III No. 2.

Shuhidan, S. M., Hamidi, S. R., & Saleh, I. S. (2017). Perceived Risk towards Mobile Banking: A case study of Malaysia Young Adulthood. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 226(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/226/1/012115

Vanhala, M., Puumalainen, K., & Blomqvist, K. (2011). Impersonal trust: The development of the construct and the scale. Personnel Review, 40(4), 485–513. https://doi.org/10.1108/00483481111133354

Wilson, N., & Keni, K. (2018). PENGARUH WEBSITE DESIGN QUALITY DAN KUALITAS JASA TERHADAP REPURCHASE INTENTION : VARIABEL TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 11(2), 291–310. https://doi.org/10.25105/jmpj.v11i2.3006

Winarto, W. W. A. (2020). Peran Fintech dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 3(1), 61–73. https://doi.org/10.36778/jesya.v3i1.132

Zhou, T., Lu, Y., & Wang, B. (2009). The relative importance of website design quality and service quality in determining consumers’ online repurchase behavior. Information Systems Management,26(4),327–337. https://doi.org/10.1080/10580530903245663

Published
2022-08-16
How to Cite
Fajar Fadillah, A., Putri Ramayanti, T., & Yusuf, A. (2022). Pengaruh E-Trust on Re-use Intention Terhadap Platform Flip. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(3), 875-889. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i3.472
Section
Articles