Efektivitas proses Pembelajaran Mata Kuliah Manajemen Keuangan untuk Kepariwisataan

  • Alexander Hariohoedojo Universitas Ciputra Surabaya, Indonesia
  • Lexi Pranata Budhidarmanto Universitas Ciputra Surabaya, Indonesia
  • Siska Septian Andriyani Universitas Ciputra Surabaya, Indonesia
Keywords: literasi, keuangan, manajemen, pariwisata

Abstract

Literasi keuangan adalah kemampuan manajerial yang penting untuk dimiliki oleh setiap mahasiswa. Universitas Ciputra dengan nilai utama kewirausahaan, juga mengutamakan literasi keuangan sebagai kemampuan yang wajib dikuasai oleh mahasiswa dan lulusannya. Oleh karena itu, pembelajaran Manajemen Keuangan pada Program Studi Pariwisata, Universitas Ciputra Surabaya disusun agar dapat mengimplementasikan kegunaan praktis pembelajaran akuntansi dan keuangan di industri pariwisata.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas proses pembelajaran Manajemen Keuangan untuk Kepariwisataan di Universitas Ciputra Surabaya. Metode penelitian dilakukan melalui uji coba terbatas pada mata kuliah Manajemen Keuangan untuk Kepariwisataan dengan mengadaptasi model penelitian tindakan kelas oleh Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Proses pembelajaran dibagi menjadi dua siklus, dan pada setiap siklus dilakukan upaya evaluasi dan perbaikan untuk memperbaiki proses pembelajaran di siklus berikutnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran di mata kuliah Manajemen Keuangan untuk Kepariwisataan telah mencapai target capaian pembelajaran yang ditentukan. Implementasi praktis manajemen keuangan yang diwujudkan dalam bentuk perancangan rencana bisnis berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan literasi keuangan mahasiswa S1 Program Studi Pariwisata angkatan 2020 kelas A di Universitas Ciputra Surabaya. Hasil belajar mahasiswa meningkat yang ditunjukkan dengan persentase ketuntasan belajar mahasiswa mencapai 82,35% pada mata kuliah Manajemen Keuangan untuk Kepariwisataan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggarini, D. T. (2021). Upaya Pemulihan Industri Pariwisata Dalam Situasi Pandemi Covid -19. Jurnal Pariwisata, 8(1), 22–31. https://doi.org/10.31294/par.v8i1.9809

Azahari, A. (2020). Perkembangan Fenomena Empiris dan Trend Penelitian Pariwisata. Presentasi pada Universitas Ciputra.

Dewi. (2017). Efektivitas Model Role Playing dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa pada Mata Kuliah Manajemen Keuangan.

Elia, Ardyan, O. Y. . (2018). Effect of the effectiveness of entrepreneurship education programs on entrepreneurial competency and business performance.

Humaira, I., & Sagoro, E. M. (2018). Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, Dan Kepribadian Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pada Pelaku Umkm Sentra Kerajinan Batik Kabupaten Bantul. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v7i1.19363

M. Yanthi. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Sistem Informasi Akuntansi. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan.

Nadlir. (2016). Seminar Pendidikan. Pendidikan Vokasi, 10–14. Retrieved from http://dikakuntansi.upi.edu/m-agenda-166-seminar-pendidikan-nasional.html

Soeseoni, B. dkk. (2019). Manajemen Risiko, Krisis & Bencana untuk Industri Pariwisata yang Berkelanjutan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sri Mulyati, R. P. H. (2021). Pengaruh Literasi Kuangan dan Sikap Terhadap Uang Pada Pengelolaan Keuangan Keluarga The Effect of Financial Literation and Attitude to Money on Family Financial Management, 6.

Urfillah, U., & Muflikhati, I. (2017). Motivasi Berwirausaha, Manajemen Waktu, Manajemen Keuangan, dan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Wirausaha. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 10(1), 71–82. https://doi.org/10.24156/jikk.2017.10.1.71

Published
2022-05-27
How to Cite
Hariohoedojo, A., Budhidarmanto, L., & Andriyani, S. (2022). Efektivitas proses Pembelajaran Mata Kuliah Manajemen Keuangan untuk Kepariwisataan. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2), 598-605. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i2.455
Section
Articles