Analisis Motivasi Wirausaha pada Mahasiswa yang Merintis Usaha
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran motivasi berwirausaha pada mahasiswa. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikolog UNM yang berwirausaha serta bersedia menjadi subjek penelitian.Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah 20 subjek. Tekni pengumpulan data yakni menggunakan angket melalui googleform.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan 75% subjek termotivasi untuk berwirausaha sebagai pekerjaan tambahan, 85% subjek termotivasi untuk berwirausaha secara online, 75% subjek yag menyatakan tidak termotivasi untuk fokus menggeluti usahanya. Dari 20 subjek diketahui 40% subjek termotivasi untuk berwirausaha makanan dan minuman, 50% subjek termotivasi untuk berwirausaha karena kebutuhan finansial, 35% subjek termotivasi untuk berwirausaha karena untuk menunjang karir, 10% subjek termotivasi untuk berwirausaha karena ingin mencari pengalaman,serta 5% subjek termotivasi untuk berwirausaha karena minatnya. Namun demikian, dalam menjalankan usahanya, mahasiswa juga mengalami hambatan yang menyebabkan kurang termotivasi untuk berwirausaha dimana 40% subjek terhambat untuk berwirausaha karena kekurangan modal.
Downloads
References
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta : Rineka Cipta.
Baum, J. R., Frese, M., & Baron, R. A. (2007). The psychology of entrepreneurship. Mahwa, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.
Badan Pusat Statistik. (2019). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia.
Basrowi. (2011). kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Boluk, A. K., & Mottiar, Z. (2014). Motivations of social entrepreneurs Blurring the social contribution and profits dichotomy, 10(1), 53–68. http://doi.org/10.1108/SEJ-01-2013-0001
Hadi, S. (2000). Metodologi Research. Jilid 3. Yogyakarta : Andi Offset.
https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01295275/630000-orang-sarjana-masih-menganggur-421873
Intan, Putri. 2008. Motivasi Berwirausaha Pada Mahasiswa Ditinjau Dari Persepsi Terhadap Pelaku Wirausaha. Skripsi (Tidak Diterbitkan). UNIKA Soegijapranata Semarang.
Irwanto,dkk. 2002. Psikologi Umum. Jakarta : PT Prenhallindo.
Ismail, I., Husin, N., Abdul, N. M., Hanum, M., & Che, R. (2016). Entrepreneurial Success among Single Mothers : The Role of Motivation and Passion. Procedia Economics and Finance, 37(16), 121– 128. http://doi.org/10.1016/S2212- 5671(16)30102-2
Overton, R.(2004). Are You An Enterpreuner?. Jakarta : Gramedia. Poerwadarminta, W.J.S. 1990. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Purnomo, B.H.2005. Membangun Semangat Kewirausahaan. Jakarta : Laksbang Pressindo.
Ridwan (2014) http://www.ciputraentrepreneurship. com/rencana-bisnis/ini-kunci-agar-ekspansi-bisnis- anda-berjalan-dengan-baik.
Rusdiana. (2014). Kewirausahaan Teori dan Praktek (1st ed., Vol. 52). Jakarta: Pustaka Setia. Retrieved from http://search.proquest.com/docview/1651837258 ?accountid=14548
Riduan.(2004). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula.Bandung: Alfabeta
Rivai,V. (2001). Beberapa Upaya Untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Profesional Staf : Survei di Bank Pemerintah (Bank Mandiri, Bank BNI, BRI, dan BTN) 2000. Jurnal Ekonomi Perusahaan, Vol. 3 (1), 139-157, Juli.
Rosmiati, Donny Teguh Santosa Junias, Munawar.(2015).Sikap.Motivasi,dan Minat Berwirausaha Mahasiswa.JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, VOL.17, NO. 1, MARET 2015: 21–30
Safitri, Abidah Ervina., suharso,pudjo.,& Ani,Hety Mustika.(2015). Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Jember dalam Pemanfaatan Waktu Luang.UNEJ JURNAL XXXXXXXXX 2015, I (1): 1-8
Sarosa, P. (2005). Kiat praktis membuka usaha. Be- coming young entrepreneur: Dream big start small, act now! Panduan praktis & motivasional bagi kaum muda dan mahasiswa. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sedarmayanti. (2001). Sumber Daya Manusia dan Produktifitas Kerja. Bandung:CV. Mandar Maju.
Suryana. (2006). Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.
Susanto, Adi.(2000). Kewirausahaan, Jakarta: Ghalia Indonesia
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suryabrata.(2000). Metode Penelitian. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta
Tammie, B.L. Nuryanti & R.D.H. Utama.(2019). Lingkungan Kewirausahaan dalam Motivasi Berwirausaha. Journal of Business Management Education | Volume 4, Number 1, May 2019, page. 34-48
Copyright (c) 2022 Novita Maulidya Jalal, St. Hadjar Nurul Istiqamah, Wilda Ansar, Irdianti Irdianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.