Pengaruh Destination Image dan Harga Terhadap Revisit Intention dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Mediasi di Joglo Park
Abstract
Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Destination Image dan Harga terhadap Revisit Intention dengan kepuasan pengunjung sebagai variabel mediasi. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi dan kuesioner. Pada teknik analisis data digunakan pendekatan path analysis. Hasil penelitian menyebutkan bahwa setiap variabel dinyatakan valid karena memiliki nilai korelasi < 0,05. Selain itu, setiap variabel juga dinyatakan reliabel karena memiliki nilai Cronbach's Alpha > 0.6 atau 6%. Pada hasil uji path analysis didapatkan bahwa variabel destination image dan harga mempunyai pengaruh terhadap variabel kepuasan pengunjung, variabel destination image, harga, dan kepuasan pengunjung memiliki pengaruh terhadap variabel revisit intention, serta variabel destination image dan harga memiliki pengaruh terhadap variabel revisit intention melalui variabel kepuasan pengunjung. Hal itu dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel dan nilai sig 0,00 < 0,05. Oleh karena itu diharapkan kepada pihak JOGLO PARK agar bisa memberikan kenyamanan pada tempat wisata dengan harga yang disesuaikan agar mendapatkan kepuasan pengunjung, sehingga pengunjung bisa memiliki keinginan kembali ketempat wisata tersebut.
Downloads
References
Adirestuty, F. (2019). Customer Perceived Value in Creating Customer Satisfaction and Revisit Intention in Sharia Hotel. Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, 5(2), 367–386. https://doi.org/10.21098/jimf.v5i2.1067
Agustina, R. P., & Artanti, Y. (2020). The role of satisfaction as a mediating variable on the effects of novelty seeking and familiarity on tourist revisit intention. Diponegoro International Journal of Business, 3(2), 88–96. https://doi.org/10.14710/dijb.3.2.2020.88-96
Alinea.id. (2022). Resmi Dibuka, GSBD 2022 Sebagai Ajang Pengenalan Warisan Budaya.
Astini, R., & Sulistyowati, I. (2015). Pengaruh Destination Image , Travel Motivation , Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung ( Studi Kasus Pada Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung ( Studi Kasus Pada Wisatawan Nusantara Muslim Di Pantai Carita Pandeglang Banten ). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, November 2015, 1(3).
Aziz, Z. A., Suprapto, H., & Sudaryoto. (2022). Pengaruh Fasilitas Dan Pengalaman Pengunjung Terhadap Loyalitas Pengunjung Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pengunjung (Survey Pada Pengunjung Wisata Umbul Ponggok Klaten). Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 17(2), 8–18.
Bundawi, D., Arief, R. F., & Ariyanto, H. H. (2022). Pengaruh Revisit Intention yang dimediasi oleh Satisfaction Terhadap Fastfood di Sanctuary Batam. Jesya : Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah, 5(2), 1585–1597. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.768
Chotimah, S., & Dian Wahyudi, H. (2019). Pengaruh Perceived Value Terhadap Revisit Intention: Mediasi Customer Satisfaction Pada Pengunjung Jawa Timur Park I Batu. Ekonomi Bisnis, 24(1), 1. https://doi.org/10.17977/um042v24i1p1-11
Daffa, K. Van, & Ratnasari, I. (2021). Pengaruh Citra Destinasi dan Promosi Terhadap Kepuasan Wisatawan di Puncak Sempur Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(1), 362–372. https://doi.org/10.5281/zenodo.5847407
Efendi, M. J., Huda, K., Eko, S., Waluyo, Y., Jahratu, Y., Santy, N., Permatasari, O., & Fitriyani, Z. A. (2022). Pendampingan Identifikasi Potensi Wisata dalam Mendukung Tata Kelola Destinasi Wisata di Kota Mojokerto. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 283–292.
Fahimah, M., & Umsa, A. Y. (2022). Pengaruh Protokol Kesehatan, Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Di Destinasi Wisata Pada Pandemi Covid-19. Performance : Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, Maret 2022, 12(1), 1–14.
Feriyanti, Y. G., & Herwan, H. (2021). Pengembangan Potensi Produk Lokal Pada Penyandang Disabiltas Dalam Industri Pariwisata Daerah Kecamatan Belinyu Bangka. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 458–472. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.218
Fitriyani, Z. A. (2021). Buying Decision: Ditinjau dari Store Atmosphere, Price, dan Word of Mouth Pada Toserba Duta Mojokerto. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 6(1), 103–112. https://doi.org/10.24967/ekombis.v6i1.1147
Geraldine, A. R., Fauzi, R. U. A., & Apriyanti, A. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Berkunjung Pada Dungus Forest Park Di Madiun. Jurnal Ekonomi, Akuntansi, Dan Manajemen Bisnis, Maret 2022, 2(1), 106–118.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Diponegoro University Publishing Agency.
Hanafiah, A., Firjatullah, G. R., Wibowo, M. W., & Handyastuti, I. (2022). Empirical Investigation Of Muslim Gen-Z On Revisit Intention Towards Halal Tourism Of Bandung City. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 8(1), 52. https://doi.org/10.22441/jimb.v8i1.13620
Himmah, E. F., & Kaestria, R. (2022). Path Analysis to Determine the Effect of Learning Outcomes of Prerequisite Mathematics on Learning Outcomes of Expert Systems Courses. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 59–72.
Jamu, M. E., & Laga, Y. (2020). Pengaruh Experiential Marketing Dan Tourist Satisfaction Terhadap Revisit Intention Tourism Di Danau Kelimutu. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 8(1). https://doi.org/10.35137/jmbk.v8i1.386
Kadi, D. C. A., Purwanto, H., & Vonseica, B. R. (2021). Pengaruh Destination Image Terhadap Revisit Intention dan Intention to Recommend Melalui Satisfaction Sebagai Variabel Intervening. MBR (Management and Business Review), 5(2), 176–187.
Mardiyanto, T. C., & Nurlaily, R. (2020). Efektivitas Metode Penyuluhan dalam Desiminasi Budidaya Bawang Putih Ramah Lingkungan di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Triton, 11(1), 45–57. https://doi.org/10.47687/jt.v11i1.108
Mujiono, M., & Wibawanto, S. (2020). Pengaruh Attraction, Servicescape Wisata dalam Meningkatkan Revisit Intention Wisatawan dengan Visitor Satisfaction sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(6), 948–971. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i6.689
Nguyen Viet, B., Dang, H. P., & Nguyen, H. H. (2020). Revisit intention and satisfaction: The role of destination image, perceived risk, and cultural contact. Cogent Business and Management, 7(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1796249
Nurhayati, N., Danial, R., D., M., & Ramdan, A. M. (2019). Peran Citra Destinasi dalam Meningkatkan Niat Wisatawan Berkunjung Kembali (Studi Kasus Pada Pengunjung Puncak Darma Geopark Ciletuh Kab Sukabumi). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 8(10), 1123–1134.
Pallefi, A. Z., & Widiartanto. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Daya Saing Destinasi Dan Pengalaman Sebelumnya Terhadap Keputusan Berkunjung Kembali Dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 117–123. https://doi.org/10.14710/jab.v6i2.16613
Purwasih, R., Aden, A., & Arofah, I. (2022). Analisis Kepuasan Pengunjung Terhadap Kualitas Pelayanan Dengan Metode Service Quality (Servqual) Dan Importance Performance Analysis (Ipa). MathVision : Jurnal Matematika, 4(1), 7–10. https://doi.org/10.55719/mv.v4i1.308
Putri, E. K. D., Haryati, R., & Tifani Ratu Firdaus. (2022). Pengaruh Harga, Fasilitas Wisata Dan Atraksi Wisata Terhadap Kepuasan Konsumen Objek Wisata Puncak Lawang Agam. Jurnal Matua, Juni 2022, 4(2), 387–396.
Riyanti. Ni Kadek Ita. , I Gusti Agung Ngurah Eka Teja Kusuma, I. G. R. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP NIAT BERKUNJUNG KEMBALI DI VILLA RENDEZVOUS BAL. Widya Amerta Jurnal Manajemen, 7(1), 84–99.
Satriawan, A., Abdillah, Y., & Pangestuti, E. (2022). Analisis Destination Image Terhadap Revisit Intention Melalui Satisfaction Dan Place Attachment: Literature Review. Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 16(1), 146–157.
Seetanah, B., Teeroovengadum, V., & Nunkoo, R. (2020). Destination Satisfaction and Revisit Intention of Tourists: Does the Quality of Airport Services Matter? Journal of Hospitality and Tourism Research, 44(1), 134–148. https://doi.org/10.1177/1096348018798446
Setyorini, A. D., & Sugiharto, T. (2021). Pengaruh Destination Image dan Kunjungan Wisatawan terhadap Lokasi Wisata Baru. E-Jurnal Akuntansi, Maret 2021, 31(3), 693–703.
Shafiee, M. M., Tabaeeian, R. A., & Tavakoli, H. (2016). The effect of destination image on tourist satisfaction, intention to revisit and WOM: An empirical research in Foursquare social media. 10th International Conference on E-Commerce in Developing Countries: With Focus on e-Tourism, ECDC 2016, 1–8. https://doi.org/10.1109/ECDC.2016.7492964
Sudarmiatin. (2019). The Effect of Destination Image on Destination Branding and Revisit Intention. Advances in Economics, Business and Management Research, 100(Icoi), 500–504. https://doi.org/10.2991/icoi-19.2019.87
Tahir. M.A, I. E. (2020). ANALISIS PENGARUH PERSEPSI HARGA, DAYA TARIK WISATA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI TEMPAT WISATA TAMAN SARI YOGYAKARTA. Proceeding SENDIU, 978–979.
Travel.Tribunnews.Com. (2020). 7 Tempat Wisata di Mojokerto Sudah Dibuka Kembali.
Wijaksono, R. A. (2019). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Revisit Intention Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening ( Studi Pada Pengunjung Trans Studio Mini Transmart Rungkut Surabaya ). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 7(2), 344–353.
Wisandiko, F. A. (2021). Pengaruh Destination Social Responsibility dan Destination Reputation terhadap Revisit Intention dengan Perceived Trust sebagai Variabel Mediasi di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Busines Event, 3(2), 123–135.
Wulandari, Agnu, O. D., Suroso, A., Setyanto, R. P., Program, ), Manajemen, P. M., Jendral, U., Purwokerto, S., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Manajemen, M. (2019). PENGARUH CITRA DESTINASI DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP LOYALITAS PENGUNJUNG DI OWABONG MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi (JEBA), 21(02).
Wulandari, O. A. D., Suroso, A., & Setyanto, R. P. (2019). Pengaruh Citra Destinasi Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pengunjung Di Owabong Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(2). https://doi.org/10.32424/jeba.v21i2.1319
Copyright (c) 2022 Sugeng Eko Yuli Waluyo, Khasbulloh Huda, Zenita Afifah Fitriyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.