Pengaruh Destination Image dan Harga Terhadap Revisit Intention dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Mediasi di Joglo Park

  • Sugeng Eko Yuli Waluyo Universitas Mayjend Sungkono Mojokerto, Indonesia
  • Khasbulloh Huda Universitas Mayjend Sungkono Mojokerto, Indonesia
  • Zenita Afifah Fitriyani University of Mayjend Sungkono Mojokerto

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Destination Image dan Harga terhadap Revisit Intention dengan kepuasan pengunjung sebagai variabel mediasi. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi dan kuesioner. Pada teknik analisis data  digunakan pendekatan path analysis. Hasil penelitian menyebutkan bahwa setiap variabel dinyatakan valid karena memiliki nilai korelasi < 0,05. Selain itu, setiap variabel juga dinyatakan reliabel karena memiliki nilai Cronbach's Alpha > 0.6 atau 6%. Pada hasil uji path analysis  didapatkan bahwa variabel destination image dan harga mempunyai pengaruh terhadap variabel kepuasan pengunjung, variabel destination image, harga, dan kepuasan pengunjung memiliki pengaruh terhadap variabel revisit intention,  serta variabel destination image  dan harga memiliki pengaruh terhadap variabel  revisit intention melalui variabel kepuasan pengunjung. Hal itu dibuktikan dengan nilai t hitung  > t tabel dan nilai sig 0,00 < 0,05. Oleh karena itu diharapkan kepada pihak JOGLO PARK  agar bisa memberikan kenyamanan  pada tempat wisata dengan harga yang disesuaikan agar mendapatkan kepuasan pengunjung, sehingga pengunjung bisa memiliki keinginan kembali ketempat wisata tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adirestuty, F. (2019). Customer Perceived Value in Creating Customer Satisfaction and Revisit Intention in Sharia Hotel. Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, 5(2), 367–386. https://doi.org/10.21098/jimf.v5i2.1067

Agustina, R. P., & Artanti, Y. (2020). The role of satisfaction as a mediating variable on the effects of novelty seeking and familiarity on tourist revisit intention. Diponegoro International Journal of Business, 3(2), 88–96. https://doi.org/10.14710/dijb.3.2.2020.88-96

Alinea.id. (2022). Resmi Dibuka, GSBD 2022 Sebagai Ajang Pengenalan Warisan Budaya.

Astini, R., & Sulistyowati, I. (2015). Pengaruh Destination Image , Travel Motivation , Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung ( Studi Kasus Pada Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung ( Studi Kasus Pada Wisatawan Nusantara Muslim Di Pantai Carita Pandeglang Banten ). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, November 2015, 1(3).

Aziz, Z. A., Suprapto, H., & Sudaryoto. (2022). Pengaruh Fasilitas Dan Pengalaman Pengunjung Terhadap Loyalitas Pengunjung Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pengunjung (Survey Pada Pengunjung Wisata Umbul Ponggok Klaten). Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 17(2), 8–18.

Bundawi, D., Arief, R. F., & Ariyanto, H. H. (2022). Pengaruh Revisit Intention yang dimediasi oleh Satisfaction Terhadap Fastfood di Sanctuary Batam. Jesya : Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah, 5(2), 1585–1597. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.768

Chotimah, S., & Dian Wahyudi, H. (2019). Pengaruh Perceived Value Terhadap Revisit Intention: Mediasi Customer Satisfaction Pada Pengunjung Jawa Timur Park I Batu. Ekonomi Bisnis, 24(1), 1. https://doi.org/10.17977/um042v24i1p1-11

Daffa, K. Van, & Ratnasari, I. (2021). Pengaruh Citra Destinasi dan Promosi Terhadap Kepuasan Wisatawan di Puncak Sempur Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(1), 362–372. https://doi.org/10.5281/zenodo.5847407

Efendi, M. J., Huda, K., Eko, S., Waluyo, Y., Jahratu, Y., Santy, N., Permatasari, O., & Fitriyani, Z. A. (2022). Pendampingan Identifikasi Potensi Wisata dalam Mendukung Tata Kelola Destinasi Wisata di Kota Mojokerto. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 283–292.

Fahimah, M., & Umsa, A. Y. (2022). Pengaruh Protokol Kesehatan, Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Di Destinasi Wisata Pada Pandemi Covid-19. Performance : Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, Maret 2022, 12(1), 1–14.

Feriyanti, Y. G., & Herwan, H. (2021). Pengembangan Potensi Produk Lokal Pada Penyandang Disabiltas Dalam Industri Pariwisata Daerah Kecamatan Belinyu Bangka. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 458–472. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.218

Fitriyani, Z. A. (2021). Buying Decision: Ditinjau dari Store Atmosphere, Price, dan Word of Mouth Pada Toserba Duta Mojokerto. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 6(1), 103–112. https://doi.org/10.24967/ekombis.v6i1.1147

Geraldine, A. R., Fauzi, R. U. A., & Apriyanti, A. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Berkunjung Pada Dungus Forest Park Di Madiun. Jurnal Ekonomi, Akuntansi, Dan Manajemen Bisnis, Maret 2022, 2(1), 106–118.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Diponegoro University Publishing Agency.

Hanafiah, A., Firjatullah, G. R., Wibowo, M. W., & Handyastuti, I. (2022). Empirical Investigation Of Muslim Gen-Z On Revisit Intention Towards Halal Tourism Of Bandung City. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 8(1), 52. https://doi.org/10.22441/jimb.v8i1.13620

Himmah, E. F., & Kaestria, R. (2022). Path Analysis to Determine the Effect of Learning Outcomes of Prerequisite Mathematics on Learning Outcomes of Expert Systems Courses. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 59–72.

Jamu, M. E., & Laga, Y. (2020). Pengaruh Experiential Marketing Dan Tourist Satisfaction Terhadap Revisit Intention Tourism Di Danau Kelimutu. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 8(1). https://doi.org/10.35137/jmbk.v8i1.386

Kadi, D. C. A., Purwanto, H., & Vonseica, B. R. (2021). Pengaruh Destination Image Terhadap Revisit Intention dan Intention to Recommend Melalui Satisfaction Sebagai Variabel Intervening. MBR (Management and Business Review), 5(2), 176–187.

Mardiyanto, T. C., & Nurlaily, R. (2020). Efektivitas Metode Penyuluhan dalam Desiminasi Budidaya Bawang Putih Ramah Lingkungan di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Triton, 11(1), 45–57. https://doi.org/10.47687/jt.v11i1.108

Mujiono, M., & Wibawanto, S. (2020). Pengaruh Attraction, Servicescape Wisata dalam Meningkatkan Revisit Intention Wisatawan dengan Visitor Satisfaction sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(6), 948–971. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i6.689

Nguyen Viet, B., Dang, H. P., & Nguyen, H. H. (2020). Revisit intention and satisfaction: The role of destination image, perceived risk, and cultural contact. Cogent Business and Management, 7(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1796249

Nurhayati, N., Danial, R., D., M., & Ramdan, A. M. (2019). Peran Citra Destinasi dalam Meningkatkan Niat Wisatawan Berkunjung Kembali (Studi Kasus Pada Pengunjung Puncak Darma Geopark Ciletuh Kab Sukabumi). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 8(10), 1123–1134.

Pallefi, A. Z., & Widiartanto. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Daya Saing Destinasi Dan Pengalaman Sebelumnya Terhadap Keputusan Berkunjung Kembali Dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 117–123. https://doi.org/10.14710/jab.v6i2.16613

Purwasih, R., Aden, A., & Arofah, I. (2022). Analisis Kepuasan Pengunjung Terhadap Kualitas Pelayanan Dengan Metode Service Quality (Servqual) Dan Importance Performance Analysis (Ipa). MathVision : Jurnal Matematika, 4(1), 7–10. https://doi.org/10.55719/mv.v4i1.308

Putri, E. K. D., Haryati, R., & Tifani Ratu Firdaus. (2022). Pengaruh Harga, Fasilitas Wisata Dan Atraksi Wisata Terhadap Kepuasan Konsumen Objek Wisata Puncak Lawang Agam. Jurnal Matua, Juni 2022, 4(2), 387–396.

Riyanti. Ni Kadek Ita. , I Gusti Agung Ngurah Eka Teja Kusuma, I. G. R. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP NIAT BERKUNJUNG KEMBALI DI VILLA RENDEZVOUS BAL. Widya Amerta Jurnal Manajemen, 7(1), 84–99.

Satriawan, A., Abdillah, Y., & Pangestuti, E. (2022). Analisis Destination Image Terhadap Revisit Intention Melalui Satisfaction Dan Place Attachment: Literature Review. Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 16(1), 146–157.

Seetanah, B., Teeroovengadum, V., & Nunkoo, R. (2020). Destination Satisfaction and Revisit Intention of Tourists: Does the Quality of Airport Services Matter? Journal of Hospitality and Tourism Research, 44(1), 134–148. https://doi.org/10.1177/1096348018798446

Setyorini, A. D., & Sugiharto, T. (2021). Pengaruh Destination Image dan Kunjungan Wisatawan terhadap Lokasi Wisata Baru. E-Jurnal Akuntansi, Maret 2021, 31(3), 693–703.

Shafiee, M. M., Tabaeeian, R. A., & Tavakoli, H. (2016). The effect of destination image on tourist satisfaction, intention to revisit and WOM: An empirical research in Foursquare social media. 10th International Conference on E-Commerce in Developing Countries: With Focus on e-Tourism, ECDC 2016, 1–8. https://doi.org/10.1109/ECDC.2016.7492964

Sudarmiatin. (2019). The Effect of Destination Image on Destination Branding and Revisit Intention. Advances in Economics, Business and Management Research, 100(Icoi), 500–504. https://doi.org/10.2991/icoi-19.2019.87

Tahir. M.A, I. E. (2020). ANALISIS PENGARUH PERSEPSI HARGA, DAYA TARIK WISATA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI TEMPAT WISATA TAMAN SARI YOGYAKARTA. Proceeding SENDIU, 978–979.

Travel.Tribunnews.Com. (2020). 7 Tempat Wisata di Mojokerto Sudah Dibuka Kembali.

Wijaksono, R. A. (2019). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Revisit Intention Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening ( Studi Pada Pengunjung Trans Studio Mini Transmart Rungkut Surabaya ). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 7(2), 344–353.

Wisandiko, F. A. (2021). Pengaruh Destination Social Responsibility dan Destination Reputation terhadap Revisit Intention dengan Perceived Trust sebagai Variabel Mediasi di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Busines Event, 3(2), 123–135.

Wulandari, Agnu, O. D., Suroso, A., Setyanto, R. P., Program, ), Manajemen, P. M., Jendral, U., Purwokerto, S., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Manajemen, M. (2019). PENGARUH CITRA DESTINASI DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP LOYALITAS PENGUNJUNG DI OWABONG MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi (JEBA), 21(02).

Wulandari, O. A. D., Suroso, A., & Setyanto, R. P. (2019). Pengaruh Citra Destinasi Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pengunjung Di Owabong Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(2). https://doi.org/10.32424/jeba.v21i2.1319

Published
2022-08-09
How to Cite
Eko Yuli Waluyo, S., Huda, K., & Fitriyani, Z. (2022). Pengaruh Destination Image dan Harga Terhadap Revisit Intention dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Mediasi di Joglo Park. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(3), 833-852. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i3.445
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)