Menciptakan Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan e-Commerce Shopee

  • Dwi Bhakti Iriantini Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Keywords: brand awareness, brand image, customer loyalty, customer satisfaction

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand awareness dan brand image terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi dengan subjek penelitian pada e-commerce shopee, dimana kode-kodenya adalah: brand awareness (X1), brand image (X2), customer loyalitas (Y), dan kepuasan pelanggan (Z). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dimana peneliti memilih sampel dengan pertimbangan tertentu dengan karakteristik yang telah ditentukan berdasarkan tujuan penelitian. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 70 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran merek berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan citra merek berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kesadaran merek dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil uji analisis jalur menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan bukan merupakan variabel mediasi antara kesadaran merek dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi Sulistyo Nugroho, E-commerce Teori dan Implementasi, (Yogyakarta: Ekuilibria,2016

Adi, R. N. (2013). Analisisi faktor-Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dengan sistem pre-order secara online (Studi kasus pada online shop choper jersey). Skripsi universitas diponogoro.

Amelia dan Rezi Erdiansyah. (2018). Pengaruh Brand Awareness dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Prologia, Vol. 2, No. 2, Desember 2018, Hal 229 – 235

Databoks.katadata.co.id. (2021, 21 April). Penggunaan E-commerce Indonesia Tertinggi di Dunia. Diakses pada 6 November 2021 dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish2021/06/04/penggunaan-ecommerce-indonesia-tertingg

Fandy, Tjiptono dan Greforius, Chandra. (2016). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian), Yogyakarta: Andi.

Kartajaya, Hermawan. 2014. WOW Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Keller, Kevin L. 2013. Strategic Brand Management ; Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Fourth Edition Harlow, English : Pearson Education Inc

Kotler dan Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga

Lodhi, Nawaz, Rab. 2013. Effect OF Brand Image On Brand Loyalty And Role Of Customer Satisfaction In It. Dalam World Applied Sciences Journal 26 (10): 1364-1370, 2013. Pakistan. Comsats Institute Of Information Technology Sahiwal.

Nauly, Chelsea dan Saryadi. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen J.Co donuts&Coffee java supermall Kota semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. X, No. 2|980

Putri, Fani.N dan Happy Darmawan. (2019). Pengaruh Brand Awareness, Perceived Value, dan Brand Image Terhadap Customer Satisfaction. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, Volume I No. 4/2019 Hal: 768-777

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia PustakaU tama

Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi

Wantara, Pribanus. 2015. The Relationship among Service Quality, Customer Satisfaction, and Customer Loyalty in Library Services. Journal Vol 4. Indonesia: Departement of Management, Faculty of Management, University of Trunojoyo

Published
2022-02-18
How to Cite
Iriantini, D. (2022). Menciptakan Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan e-Commerce Shopee. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2), 452-463. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i2.400
Section
Articles