Pengembangan Bahan Ajar IPS Inspiratif Lingkungan Tempat Tinggalku untuk Meningkatkan Hasil Belajar

  • Aliyyatul Hasanah Eva Asih Universitas Terbuka, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas bahan ajar inspiratif dan pengaruhnya terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pretest-posttest control group. Subjek penelitian terdiri dari kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa dari sekolah Bluluk 1, dan kelas kontrol yang terdiri dari 30 siswa dari sekolah Bronjong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pembelajaran dan pembelajaran mata pelajaran IPS di kelas eksperimen yang sudah mencapai batas minimal yang ditentukan. Dengan demikian, berdasarkan berbagai analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa bahan ajar IPS berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarwati, Retno. (2017). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI C SDN 004 Tembilahan Kota. Jurnal: Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Volume.6 Nomor. 1 April September 2017. ISSN: 2303- 1514

BSNP.2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : BSNP

Depdikas. 2006. Permendiknas No. 24 Pasal 12 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Mata Pelajaran. Jakarta : Depdiknas.

Depdiknas. 2008. Pengembangan Bahan Ajar dan Media. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Lismiadara, Intan. (2015). Pengembangan Buku Suplemen Berorientasi Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Laporan Siswa Kelas V SD. Jurna Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 3, No.2, 2057-2066.

Muslich, Masnur. 2007. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Sabri, Nasution. S. R. A., dan Pahmaisaroh. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Tema Lingkungan Tempat Tinggalku Menggunakan Metode Index Card Match Di Kelas Iv Sd Negeri 101114 Aek Badak Jae Kabupaten Tapanuli Selatan. IPDAS (Jurnal Pendidikan Dasar), 1(2), 32-39

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Suja, I Wayan. (2011). Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Ajar Sains SD Bermutan Pedagogi Budaya Bali. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, vol.44, No.1, 84-92.

Supriyadi, D., jaya, M,. Dan Pujiatih. (2017). Pengembangan Lks Mata Pelajaran Ips Berbasis Tematik Terpadu Tema Tempat Tinggalku. Jurnal Tesis,

Suryanto, H., Degeng, I. N. S., Djatmika, E. T., & Kuswandi, D. (2021). The effect of creative problem solving with the intervention social skills on the performance of creative tasks. Creativity Studies, 14(2), 323–335. https://doi.org/10.3846/CS.2021.12364

Suryanto, H., Warring, S., Kartikowati, R. S., Rorimpandey, W. H., & Gunawan, W. (2021). Study creativity with diverse social skills to support the learning process in future education. JDIL Journal of Diversity in Learning, 1(2), 85–89. https://doi.org/10.1300/J104v03n01_0

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Grub.

Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Published
2022-01-29
How to Cite
Asih, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar IPS Inspiratif Lingkungan Tempat Tinggalku untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2), 381-391. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i2.367
Section
Articles