Pengaruh Kegiatan Pembiasaan Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin
Abstract
Penelitian ini mengkaji mengenai pengaruh kegiatan pembiasaan terhadap pembentukan karakter disiplin. Pendidikan merupakan sesuatu hal yang penting saat ini. Terlebih lagi pendidkan karakter ini sangat penting untuk penerus generasi bangsa kelak. Karena pendidikan karakter adalah sistem pendidikan yang memiliki tujuan untuk penanaman nilai-nilai karakter. Salah satunya ialah karakter displin, dimana karakter disiplin ini dapat merubah sikap atau karakter siswa menjadi lebih baik. Selain itu pendidikan karakter disiplin juga dapat membiasakan untuk berperilaku terpuji sejalan dengan nilai yang ada di masyarakat. Selain itu juga dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam hal kemandirian. Dalam proses pembelajaran guru juga memberi penguatan nilai-nilai karakter kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kegiatan pembiasaan terhadap pembentukan karakter disiplin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi langsung kepada guru dan siswa di SDN Anyar 2. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari proses yang dilakukan dalam penguatan karakter disiplin melalui kegiatan pembiasaan terjadinya peningkatan karakter disiplin pada siswa.
Downloads
References
Achtiar, M., & Warhamni, S. (2018). Sikap Cara Belajar dan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1).
Adawiah, R. (2016). Profesionalitas Guru dan Pendidikan Karakter (Kajian Empiris di SD Kabupaten Balangan). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(11).
Adiningtiyas, S. W. (2017). AdiningtiyasProgram Bimbingan Pribadi Untuk Meningkatkan Perilaku Disiplin Siswa. Jurnal KOPASTA, 4(2), 55-63.
Anis, Y. (2018). Hubungan Antara Kebiasaan Efektif Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 15(2), 103.
Fadillah, Muhammad. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Hudaya, A. (2018). Pengaruh Gadget terhadap Sikap Disiplin dan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Of Education, 4(2).
Indrawan, R. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran Untuk Manajemen, Pembangunan dan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.
Mulyawati, Y. (2019). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmu Pendidikan , 3(1).
Mutakin, T. Z. (2014). Penerapan Teori Pembiasaan Dalam Pembentukan Karakter Religi Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. Edutech, 1(3), 361-373.
Nasution, S. (2012). Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.
Paul, S. (2015). Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: PT Kanisius.
Samani, M., & Hariyanto. (2016). Konsepdan Model Pendidikan karakter. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sari, B. P., & Hadijah. (2017). Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Melalui Manajemen Kelas. Jurnal Managememn Perkantoran, 2(2), 235.
Shoimah, L. (2018). Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Sekolah Dasar. JKTP, 1(2), 169-175.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sulistyowati. (2019). Pengaruh Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Kelas VI B Min 3 Mojokerto. 6(2).
Yaumi, Muhammad. (2014). Pendidikan Karakter Landasan Pilar dan Implementasi. Jakarta: Prenada Media Group.
Copyright (c) 2022 Nuril Ayni, Risma Nurmaning Azizah, Reksa Adya Pribadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.