Pengaruh Kegiatan Pembiasaan Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin

  • Nuril Ayni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Risma Nurmaning Azizah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Reksa Adya Pribadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Pendidikan, Karakter Disiplin, Pembiasaan

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai pengaruh kegiatan pembiasaan terhadap pembentukan karakter disiplin. Pendidikan merupakan sesuatu hal yang penting saat ini. Terlebih lagi pendidkan karakter ini sangat penting untuk penerus generasi bangsa kelak. Karena pendidikan karakter adalah sistem pendidikan yang memiliki tujuan untuk penanaman nilai-nilai karakter. Salah satunya ialah karakter displin, dimana karakter disiplin ini dapat merubah sikap atau karakter siswa menjadi lebih baik. Selain itu pendidikan karakter disiplin juga dapat membiasakan untuk berperilaku terpuji sejalan dengan nilai yang ada di masyarakat. Selain itu juga dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam hal kemandirian. Dalam proses pembelajaran guru juga memberi penguatan nilai-nilai karakter kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kegiatan pembiasaan terhadap pembentukan karakter disiplin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi langsung kepada guru dan siswa di SDN Anyar 2. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari proses yang dilakukan dalam penguatan karakter disiplin melalui kegiatan pembiasaan terjadinya peningkatan karakter disiplin pada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achtiar, M., & Warhamni, S. (2018). Sikap Cara Belajar dan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1).

Adawiah, R. (2016). Profesionalitas Guru dan Pendidikan Karakter (Kajian Empiris di SD Kabupaten Balangan). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(11).

Adiningtiyas, S. W. (2017). AdiningtiyasProgram Bimbingan Pribadi Untuk Meningkatkan Perilaku Disiplin Siswa. Jurnal KOPASTA, 4(2), 55-63.

Anis, Y. (2018). Hubungan Antara Kebiasaan Efektif Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 15(2), 103.

Fadillah, Muhammad. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Hudaya, A. (2018). Pengaruh Gadget terhadap Sikap Disiplin dan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Of Education, 4(2).

Indrawan, R. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran Untuk Manajemen, Pembangunan dan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.

Mulyawati, Y. (2019). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmu Pendidikan , 3(1).

Mutakin, T. Z. (2014). Penerapan Teori Pembiasaan Dalam Pembentukan Karakter Religi Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. Edutech, 1(3), 361-373.

Nasution, S. (2012). Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.

Paul, S. (2015). Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: PT Kanisius.

Samani, M., & Hariyanto. (2016). Konsepdan Model Pendidikan karakter. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sari, B. P., & Hadijah. (2017). Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Melalui Manajemen Kelas. Jurnal Managememn Perkantoran, 2(2), 235.

Shoimah, L. (2018). Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Sekolah Dasar. JKTP, 1(2), 169-175.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sulistyowati. (2019). Pengaruh Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Kelas VI B Min 3 Mojokerto. 6(2).

Yaumi, Muhammad. (2014). Pendidikan Karakter Landasan Pilar dan Implementasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Published
2022-01-11
How to Cite
Ayni, N., Azizah, R., & Pribadi, R. (2022). Pengaruh Kegiatan Pembiasaan Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(1), 267-277. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i1.353
Section
Articles