Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Teknik The Power of Two
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang masih rendah pada mata pelajaran kimia kelas XI.4 SMK SMTI Padang. Model pembelajaran yang diterapkan adalah pembelajaran kooperatif menggunakan teknik the power of two pada materi asam dan basa. Setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif menggunakan teknik the power of two, aktivitas siswa kelas XI.4 menjadi meningkat begitu juga dengan hasil belajar yang diperoleh. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus terhadap 37 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan teknik persentase dan rata-rata. Keberhasilan tindakan berada pada posisi baik (76%) dan baik (84%), sedangkan rata-rata hasil belajar meningkat dari 66,35 menjadi 79,19 (saat pra siklus hanya 58,92) dengan ketuntasan belajar 54,05% dan 86,49%. Terdapat korelasi positif antara aktivitas siswa dengan hasil belajar yang diperoleh. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif menggunakan teknik the power of two pada mata pelajaran kimia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI.4 SMK SMTI Padang.
Downloads
References
Akbar, Sa’dun. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Surya Pena Gemilang.
Anggota IKAPI. (2011). Pengelolaan KelasYang Dinamis, cet.5. Yogyakarta: KANISIUS.
Anwari, Muhamad. (2010) Penerapan Metode The Power Of Two (Kekuatan Berdua) untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Kolaborasi dan Minat Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Makanan di Kelas XI IPA MAN Tempel Sleman Tahun Ajaran 2009/2010. Sleman: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Aqib, Zainal. (2009). Penelitian Tindakan Kelas, cet. V. Bandung: Yrama Widya.
Arifin, Zainal. (2011). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arkunto, Suharimi, et all. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: PT Bumi Aksara.
Bahri, Syaiful. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta.
Bungin, Burhan. (2007). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.
Fathurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikn. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Refika Aditama.
Hartiny Sam’s, Rosma. (2010). Model Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Teras.
Hidayah, Rifa. (2009). Psikologi Pengasuhan Anak. Malang: UIN Malang Press.
Isjoni. (2011). Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Pustaka Pelajar.
Murtini, Sri (2011) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas III SDN Kalibanteng Kidul 02. Semarang: UNNES.
Muslich, Masnur. (2011) Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakaerta:Bumi Aksara.
Nuraeni, Yeyen. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan The Power Of Two untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa MTs. Bandung: STIKIP Siliwangi Bandung.
Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Setyosari, Punaji Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, (Jakarta: Prenada Media Group, 2010), hal. 42
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin, Robert. (2008). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Terjemahan oleh Nurlita. Bandung: Nusa Media.
Solihatin, Etin dan Raharjo. (2009) Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS, cet. 4. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sugiyono. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2008.
Sulistyorini. (2009). Evaluasi Pendidikan: dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: TERAS.
Suparno, Paul. (2007). Metodologi Pembelajaran Fisika: Konstruktivistik & Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Suprijono, Agus. (2011) Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syaefudin, Udin Sa’ud. (2012). Strategi Pembelajaran Menuju Efektivitas
Pembelajaran di Abad Global. Malang: UIN Maliki Press. Syafi'i Karim, A. (1997) Fiqih - Ushul Fiqh. Bandung : Pustaka Setia.
Tanzeh, Ahmad . (2011) Metodologi Penelitian Prakti. Yogyakarta:Teras.
Trianto. (2010). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Prestasi Pustaka
Copyright (c) 2022 Ike Yolanda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.