Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Teknik The Power of Two

  • Ike Yolanda SMK SMTI Padang

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang masih rendah pada mata pelajaran kimia kelas XI.4 SMK SMTI Padang. Model pembelajaran yang diterapkan adalah pembelajaran kooperatif menggunakan teknik the power of two pada materi asam dan basa. Setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif menggunakan teknik the power of two, aktivitas siswa kelas XI.4 menjadi meningkat begitu juga dengan hasil belajar yang diperoleh. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus terhadap 37 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan teknik persentase dan rata-rata. Keberhasilan tindakan berada pada posisi baik (76%) dan baik (84%), sedangkan rata-rata hasil belajar meningkat dari 66,35  menjadi 79,19 (saat pra siklus hanya 58,92) dengan ketuntasan belajar 54,05% dan 86,49%. Terdapat korelasi positif antara aktivitas siswa dengan hasil belajar yang diperoleh. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif menggunakan teknik the power of two pada mata pelajaran kimia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI.4 SMK SMTI Padang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyanto. (2008). Psikoligi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Akbar, Sa’dun. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Surya Pena Gemilang.
Anggota IKAPI. (2011). Pengelolaan KelasYang Dinamis, cet.5. Yogyakarta: KANISIUS.
Anwari, Muhamad. (2010) Penerapan Metode The Power Of Two (Kekuatan Berdua) untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Kolaborasi dan Minat Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Makanan di Kelas XI IPA MAN Tempel Sleman Tahun Ajaran 2009/2010. Sleman: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Aqib, Zainal. (2009). Penelitian Tindakan Kelas, cet. V. Bandung: Yrama Widya.
Arifin, Zainal. (2011). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arkunto, Suharimi, et all. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: PT Bumi Aksara.
Bahri, Syaiful. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta.
Bungin, Burhan. (2007). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.
Fathurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikn. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Refika Aditama.
Hartiny Sam’s, Rosma. (2010). Model Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Teras.
Hidayah, Rifa. (2009). Psikologi Pengasuhan Anak. Malang: UIN Malang Press.
Isjoni. (2011). Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Pustaka Pelajar.
Murtini, Sri (2011) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas III SDN Kalibanteng Kidul 02. Semarang: UNNES.
Muslich, Masnur. (2011) Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakaerta:Bumi Aksara.
Nuraeni, Yeyen. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan The Power Of Two untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa MTs. Bandung: STIKIP Siliwangi Bandung.
Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Setyosari, Punaji Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, (Jakarta: Prenada Media Group, 2010), hal. 42
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin, Robert. (2008). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Terjemahan oleh Nurlita. Bandung: Nusa Media.
Solihatin, Etin dan Raharjo. (2009) Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS, cet. 4. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sugiyono. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2008.
Sulistyorini. (2009). Evaluasi Pendidikan: dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: TERAS.
Suparno, Paul. (2007). Metodologi Pembelajaran Fisika: Konstruktivistik & Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Suprijono, Agus. (2011) Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syaefudin, Udin Sa’ud. (2012). Strategi Pembelajaran Menuju Efektivitas
Pembelajaran di Abad Global. Malang: UIN Maliki Press. Syafi'i Karim, A. (1997) Fiqih - Ushul Fiqh. Bandung : Pustaka Setia.
Tanzeh, Ahmad . (2011) Metodologi Penelitian Prakti. Yogyakarta:Teras.
Trianto. (2010). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Prestasi Pustaka
Published
2021-12-07
How to Cite
Yolanda, I. (2021). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Teknik The Power of Two. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(1), 34-50. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i1.338
Section
Articles