PENGARUH PELAYANAN MA RAUDLATUT THALIBIN TERHADAP KEPUASAN SISWA TAHUN AKADEMIK 2017 / 2018

  • Rizka Mahendra Putra

Abstract

Kepuasan pembeli tergantung pada kinerja karyawan dalam pemenuhan harapan pembeli. Pelayanan menjadi cara untuk menarik minat dan memberikan suatu kepuasan kepada pelanggan, yang mana hal tersebut dapat diukur oleh kepuasan konsumen. Kepuasan merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja produk yang dipikirkan terhadap kinerja yang diharapkan jika kinerja berada dibawah harapan, pelanggan tidak puas, jika kinerja memenuhi harapan, pelanggan puas, jika kinerja melebihi harapan, pelanggan amat puas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pelayanan MA Raudlatut Thalibin terhadap kepuasan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumenter, observasi dan interview. Subjek penelitian ini adalah siswa MA Raudlatut Thalibin dari kelas X samapai dengan kelas XII dengan jumlah populasi sebanyak 30 siswa. Analisis data menggunakan software computer statistical package for Social Scinece (SPSS) versi 17,0 for windows. Uji hipotesis untuk mengetahui pengaruh pelayanan MA Raudlatut Thalibin terhadap kepuasan siswa dengan hasil Fhitung = 2502,886668 > Ftabel = 4,195971707 maka H0 ditolak atau Ha diterima. Atau bisa juga dengan membandingkan nilai P-value = 0,000 < α = 0,05, maka Ha diterima oleh karena itu pelayanan MA Raudlatut Thalibin berpengaruh terhadap kepuasan siswa. persentase pelayanan MA Raudlatut Thalibin menurut hasil output sebesar 98,9%, persentase pelayanan MA Raudlatut Thalibin tersebut menunjukkan bahwa pengaruh pelayanan MA Raudlatut Thalibin terhadap kepuasan siswa pengaruhnya sangat tinggi dapat diartikan pelayanan MA Raudlatut Thalibin terhadap kepuasan siswa mempunyai sumbangan efektif sebesar 98,9%. Kepuasan siswa dapat disimpulkan berasal dari pelayanan MA Raudlatut Thalibin yang baik dalam proses pembelajaran ataupun kegiatan-kegiatan lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-22
How to Cite
Putra, R. (2020). PENGARUH PELAYANAN MA RAUDLATUT THALIBIN TERHADAP KEPUASAN SISWA TAHUN AKADEMIK 2017 / 2018. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(2), 44-55. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i2.32
Section
Articles