Studi Pemberdayaan Perempuan (Pemulung) Rawan Sosial Ekonomi di TPA Kelurahan Manulai II Kecamatan Alak Kota Kupang
Abstract
Pemberdayaan dapat dikatakan sebagai suatu cara atau proses dalam menyiapkan mutu SDM dengan tujuan agar SDM yang ada menjadi mandiri dan memiliki jaringan kerja yang lebih luas serta dapat menyesuaikan dengan kondisi zaman saat ini. Pemberdayaan dapat menjadikan perempuan lebih berkembang dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai. Akan tetapi dalam hal ini banyak perempuan yang belum mendapatkan pengetahuan dan keterampilan sehingga sulit bagi mereka untuk mengatasi setiap masalah yang dihadapi dalam kehidupannya. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui kondisi wanita rawan sosial ekonomi dan pemberdayaan apa saja yang dilakukan oleh wanita rawan sosial ekonomi yang berada di TPA Kelurahan Manulai II. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan. Peneliti akan mengambil tempat penelitian di Kota Kupang khususnya pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kelurahan Manulai II. Alasan peneliti memilih lokasi tersebut karena tempat ini terdapat masalah sosial dan adanya wanita rawan sosial ekonomi. Sumber data adalah data Primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian teknik analisis datanya menggunakan data Reduction (reduksi data), data display, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menujukan bahwa Program pemberdayaan bagi perempuan rawan social ekonomi di TPA Manulai II kota kupang belum bisa berjalan dengan baik, baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun oleh lembaga swadaya masyarakat dikarenakan kendala dana, indentitas Kependudukan, serta mental instan (gampang) dari pada penghuni TPA Manulai II. Kedepan baik pemerintah maupun Lembaga swadaya masyarakat perlu menyiapkan secara baik program pemberdayaan dan semua harus dilakukan secara terstruktur dan teratur, mulai dari pendataan, sosialisasi, pelaksanaan program, sampai pada tahap evaluasi dan follow up
Downloads
References
Bordat, S.W., Davis, S.S., dan Kouzzi, S. (2011). Women as agents of grassroots change: illustrating micro-empower ment in Morocco. Indiana University Press. Journal of Middle East Women’s Studies, 7(1). 90-119. http://www.jstor.org/stable/10.2979/jmiddeastwomstud.2011.7.1.90
Dinas Sosial. 2015. Pedoman Umum Pemberdayaan Keluarga. http://www.kemsos.go.id/modules.php?name=glosariumkesosdanletter=w. Diakses pada tanggal 12 Oktober 2020
Fahrudin, Adi. 2014. Pengantar Kesejahteraan Sosial. Bandung: Rafika Aditama
Hubeis, A. V. S. (2010). Pemberdayaan Perempuan Dar Masa Ke Masa. Bogor: IPB Press.
Ife, J. dan Tesoriero, F. 2008. Community development: alternatif pengembangan masyarakat di era globalisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Mardikanto. 2017. Pemberdayaan Masyarakat. Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta
Nasdian, F.T. (2014). Pengembangan masyarakat. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Widayanti, S. 2012. Pemberdayaan Masyarakat: Pendekatan Teoritis. Jurnal Welfare. Vol. 1(1). Hal. 87-102.
Novian. 2010.Pemberdayaan Perempuan. http://ejournal.pin.or.id/site/wp
content/uploads/. Diakses pada 12 Oktober 2020
Huzamah Siti. 2020. Kehidupan Sosial Ekonomi Pemulung Di Tempat Pembuangan Ahir (TPA) Kelurahan Sitimulyo Piyungan Bantul Yogyakarta. IMEJ: Islamic Management and Empowerment Journal. 2(1), Juni 2020. 81-92.
Saugi. W dan Sumaromo. (2015). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Pengolahan Bahan Pangan Lokal. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 226-238.
Sugiyono.2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Undang-undang Nomor 11 Tahun 2009 : Tentang Kesejahteraan Sosial.
Peraturan Menteri Sosial No. 8 Tahun 2012 tentang Pedoman Pendataan dan Pengelolaan Data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial dan Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial.
Pathony, T. (2019). Proses Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga ( PKK ) di Kabupaten Subang. International Journal of Demos, 1(2), 262–289
Harriet. T., Opoku, N. A., Asare., dan Anin, E. K. (2014). The Role of Women in Reducing Household Poverty in the Bongo District of theUpper East Region, Ghana. Journal of Arts and Humanities, 3(4), 99-110
Copyright (c) 2022 Fauziah Fauziah Lamaya Lamaya, Amir Syarifudin Kiwang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.