Peningkatan Penjualan Oriental Cafe Menggunakan Algoritma Apriori

  • Rizki Prasetyo Tulodo Universitas Budi Luhur Jakarta, Indonesia
  • Wahyudin Wahyudin Universitas Budi Luhur Jakarta, Indonesia
  • Muhammad Akbar Syafii Universitas Budi Luhur Jakarta, Indonesia
Keywords: Sales, Market Basket Analysis, Data mining, Association, Apriori

Abstract

Peningkatan pelayanan merupakan aspek terpenting dalam proses bisnis salah satunya adalah dibidang penjualan makanan dan minuman. Oriental café merupakan salah satu resto yang bergerak dibidang food and beverage. Penjualan tahun 2020 mengalami penurunan sebesar 13% karena menurunya minat pelanggan terhadap pemberian paket produk yang mempengaruhi pelayanan pelanggan. Pemberian sistem paket dapat dilakukan dengan memperlajari kebiasaan pelanggan dalam membeli makanan dan minuman. Salah satu alternatif yang digunakan adalah dengan Data Mining yaitu market basket analysis, market basket analysis dapat menciptakan pola produk yang sering dibeli oleh pelanggan sehingga dapat menjadi aturan pembuatan sistem paket produk. Pada penelitian ini dilakukan pengujian data menggunakan associaton rule dengan algortima apriori. Algoritma apriori memiliki keunggulan karena lebih sederhana dalam pengolahan data dan bisa menangani data yang cukup besar. Dari hasil pembahasan dan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan algoritma apriori dalam menentukan kombinasi antar itemset dengan minimum support 30% dan minimum confidence 70% ditemukan 1 aturan asosiasi, dimana yang memiliki nilai support dan confidence tertinggi adalah jika pelanggan melakukan pemesanan menu Mineral, Fish dan Rice secara bersamaan dengan nilai support 30% dan nilai confidence 100%. Dengan demikian, jika terdapat pelanggan membeli mineral maka kemungkinan pelanggan tersebut membeli fish, rice adalah 100%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu, S., Junta, Z., Wibowo, W., & Lutfi, K. (2018). Pencarian Pola Asosiasi Untuk Penataan Barang Dengan Menggunakan Perbandingan Algoritma Apriori Dan Fp- Association Pattern Mining For Product Arrangement Using Comparison Between Apriori Algorithm And Fp-Growth ( Case Study At Epo Store Distribution Stor. Jurnal Dinamik, 23(2), 57–65.

Aprianti, W., Hafizd, K. A., & Rizani, M. R. (2017). Implementasi Association Rules dengan Algoritma Apriori pada Dataset Kemiskinan. 14(2).

Fitrina, N., Kustanto, K., & Vulandari, R. T. (2018). Penerapan Algoritma Apriori Pada Sistem Rekomendasi Barang Di Minimarket Batox. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIKomSiN), 6(2), 21–27. https://doi.org/10.30646/tikomsin.v6i2.376

Gede, I. K., Putra, D., & Bayupati, I. P. A. (2016). Menemukan Frequent Itemset Dalam. 15(2).

Goldie, G., & Dana, I. S. (2012). Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Buku Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Dan Frequent Pattern Growth ( Fp-Growth ) : Jurnal Telematika Mkom, 4(1).

Kapula, R. P., Murali, P., & Rajendrakumar, K. (2013). Existence of positive solutions for higher order (p,q) -Laplacian two-point boundary value problems. International Journal of Differential Equations. https://doi.org/10.1155/2013/743943

Mawengkang, H., & Dr.Erna Budhiarti, N. (2015). Keputusan the Development Apriori Algorithm for Decision-. Keputusan the Development Apriori Algorithm for Decision-, 4(2), 110–121.

Rizal, R. (2021). Penentuan Pola Penjualan Media Edukasi dengan Menggunakan Metode Algoritme Apriori dan FP-Growth. Paradigma, 23(1).

Wahyuni, S., Dari, W., & Prahartiwi, L. I. (2021). Apriori Algorithm for Determining the Demand Level of Stationary Pt. Main Gafa Indonesia. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 18(1), 65–72. https://doi.org/10.33480/techno.v18i1.2223

Published
2021-09-14
How to Cite
Tulodo, R., Wahyudin, W., & Syafii, M. (2021). Peningkatan Penjualan Oriental Cafe Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 284-296. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.236
Section
Articles