Pengembangan Potensi Produk Lokal Pada Penyandang Disabiltas Dalam Industri Pariwisata Daerah Kecamatan Belinyu Bangka

  • Yang Gusti Feriyanti STISIPOL Pahlawan 12 Bangka Belitung, Indonesia
  • Herwan Herwan STISIPOL Pahlawan 12 Bangka Belitung, Indonesia
Keywords: Development, Disability, Local Product Variant.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membantu Pemerintah untuk mengembangkan kabupaten Bangka Belitung menjadi pusat pariwisata karena sumber daya alamnya yang kaya serta untuk mengubah cara hidup rakyatnya dari mengandalkan pertambangan timah dan industrilainnya untuk kesejahteraan mereka. Selain sumber daya alamnya yang kaya, Belinyu Bangka juga dikenal dengan varian produk kulinernya yang mampu mendukung sektor pariwisata. Pariwisata adalah salah satu mesin perekonomian dunia yang berkontribusi pada kemakmuran suatu Negara karena keberadaan sumber daya alam yang memberikan peluang kerja yang besar bagi warganya diharapkan bahwa produk yang dihasilkan dibuat menjadi bisnis Independen dan dengan nilai ekonomi untuk membantu mengurangi masalah ketenagakerjaan. Perlu ada upaya dan koordinasi dan komunikasi dua arah antara pemangku kepentingan dan organisasi bisnis agar orang-orang yang menganggur dapat diberdayakan dan dengan kesempatan menjadi wirausahawan mandiri. Penelitian ini dilakukan di sekolah Luar Biasa Jalan Bukit Jukung kecamatan belinyu, Kabupaten Bangka dari Juni hingga Oktober 2019 dengan data yang diperoleh dari sekolah luar biasa, kecamatan Belinyu

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrizal. (2017). Metode penelitian kualitatif : sebuah upaya mendukung penggunaan penelitian kualitatif dalam berbagai disiplin ilmu. Rajawali Pers.

Arman. (2020). Ekonomi Lokal & Pembangunan Pedesaan Di Dusun Berambai Kalimantan Timur. Journal Society, 8(2).

Bungin, B. (2015). Komunikasi Pariwisata,Pemasaran dan Brand Destinasi. Prenada Media Group.

Kasmir. (2018). Kewirausahaan. Rajawali Pers.

Lewa, A. H. (2018). Pengembangan Masyarakat Berbasis Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Pariwisata Dan Budaya Di Desa Wisata Kandri Kota semarang. Lite, 14(1).

Moelong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Muljadi, A. (2009). Kepariwisataan dan Perjalanan. PT. Raja Grafindo Persada.

Oktavania, W. P. (2019). Pengaruh Pemasaran Langsung dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Exclusive Matte Cream Di Tokopedia. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1).

Rusyidi, B., & Muhammad Ferdryansah. (2018). Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(3).

Sanam, S. R., & I Made Adikampana. (2017). Pengembangan Potensi Wisata Pantai Laisana sebagai Pariwisata Berkelanjutan Di Kota Kupang Provinsi Nusa tenggara Timur. Jurnal Destinasi Pariwisata, 2(1).

Sedarmayanti. (2018). Pembangunan & Pengembangan Pariwisata. Refika Aditama.

Soritua, Y. (2015). Analisis Peran Sektor Pariwisata Menjadi Pendapatan Utama Daerah. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 3(2).

Sudarsono, J. G. (2017). Pengaruh Visual Merchandising terhadap impulse buying melalui positive emotion pada Zara Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(1).

Universitas Brawijaya. (2014). Buku Panduan Aksebilitas Layanan. Pusat Studi Layanan Disabilitas.

Wardhani, R. S., & Valeriani, D. (2016). Green Tourism Dalam Pengembangan Pariwisata Bangka Belitung. Prosiding Seminar Nasional INDOCOMPAC, 0(0), 275–286. http://jurnal.bakrie.ac.id/index.php/INDOCOMPAC/article/view/1608

Published
2021-11-09
How to Cite
Feriyanti, Y., & Herwan, H. (2021). Pengembangan Potensi Produk Lokal Pada Penyandang Disabiltas Dalam Industri Pariwisata Daerah Kecamatan Belinyu Bangka. JURNAL PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 9(2), 458-472. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.218
Section
Articles