PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

  • Yesi Puspitasari
  • Siti Nurhayati
Keywords: Discovery Learning, Hasil Belajar

Abstract

Model Pembelajaran Discovery Learning merupakan model pembelajaran dimana peserta didik memahami sendiri konsep, arti, dan hubungan melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada kesimpulan. Hasil belajar merupakan perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik aspek kognitif, afektif, dan psikomotor sebagai hasil dari kegiatan belajar.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan secara menyeluruh didukung dengan dataakurat bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi matriks di Kelas XI SMK Negeri 2 Situbondo Tahun Ajaran 2018/2019, hal ini sesuai hasil perhitungan uji t, dimana t hitung > t tabel (3,126>2,01) dan ρ value (0,003) < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Sedangkanhasil penelitian nilai rata-rata menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh untuk kemampuan akhir kelompok eksperimen dengan Model Pembelajaran Discovery Learning diperoleh rata-rata 78,85 dan untuk kelompok kontrol dengan metode konvensional diperoleh rata-rata 74,62 disimpulkan ada perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dengan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 42,3%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-24
How to Cite
Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93-108. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20
Section
Articles