Platform Digital sebagai Media Pembelajaran Kewirausahaan di Sekolah dan Perguruan Tinggi

  • Tuty Tuty Manajemen Informatika AMIK Parbina Nusantara, Indonesia
  • Hasanuddin Sirait Manajemen Informatika AMIK Parbina Nusantara, Indonesia
  • Edison Ulung Panggabean Simanihuruk Manajemen Informatika AMIK Parbina Nusantara, Indonesia
Keywords: entrepreneurship; digital platform; education; innovative learning; information technology.

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk dalam bidang pembelajaran kewirausahaan. Di era revolusi industri 4.0 dan transformasi menuju society 5.0, integrasi teknologi informasi menjadi hal yang tidak dapat dihindari dalam mendesain sistem pembelajaran yang relevan dan adaptif terhadap kebutuhan zaman. Kewirausahaan sebagai salah satu kompetensi penting abad ke-21 memerlukan pendekatan pembelajaran yang dinamis, praktis, dan berbasis teknologi agar mampu menumbuhkan jiwa kreatif, inovatif, serta mandiri pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan platform digital sebagai media pembelajaran kewirausahaan di tingkat sekolah dan perguruan tinggi serta mengidentifikasi dampaknya terhadap motivasi belajar dan kesiapan berwirausaha siswa maupun mahasiswa.

Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi pada sejumlah institusi pendidikan yang telah menerapkan pembelajaran kewirausahaan berbasis digital. Platform digital yang dianalisis mencakup Learning Management System (LMS), media sosial (seperti Instagram dan TikTok), aplikasi pemasaran online, serta perangkat kolaborasi digital seperti Google Workspace dan Canva. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan platform digital dalam pembelajaran kewirausahaan memberikan berbagai manfaat, antara lain peningkatan partisipasi aktif siswa, kemudahan akses materi ajar, fleksibilitas waktu belajar, serta peluang untuk langsung mempraktikkan konsep bisnis secara digital.

Lebih lanjut, penggunaan teknologi digital mendorong pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) yang memungkinkan peserta didik merancang, mengembangkan, dan memasarkan produk usaha secara nyata. Interaksi melalui platform daring juga meningkatkan kolaborasi dan kemampuan problem-solving siswa dalam menghadapi tantangan kewirausahaan. Namun demikian, penelitian ini juga menemukan sejumlah kendala seperti kesenjangan infrastruktur digital, keterbatasan literasi teknologi pada guru dan dosen, serta belum optimalnya integrasi platform digital dalam kurikulum kewirausahaan.

Dengan demikian, pemanfaatan platform digital sebagai media pembelajaran kewirausahaan terbukti memiliki potensi besar dalam menciptakan pengalaman belajar yang kontekstual, kreatif, dan sesuai dengan dunia usaha modern. Diperlukan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pengembangan kompetensi digital bagi pendidik dan kebijakan kurikulum yang lebih responsif terhadap perkembangan teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adha, Y. M. N. A. H. M. M. (1981). Pengaruh Sikap Kasih Sayang Guru Terhadap perilaku Siswa Berbudi Pekerti dan Hasil Belajar Siswa Di SMA Perintis Bandar Lampung. In P. I. Suntoro (Ed.), Journal of Chemical Information and Modeling (1st ed., Vol. 53, Issue 9). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG BANDAR LAMPUNG 2012. https://media.neliti.com/media/publications/249244-none-837c3dfb.pdf

Budiarti, R. P. N., & Yudianto, F. (2020). Penerapan Analisa Big Data pada Klasifikasi Kondisi Jalan untuk Mendukung Smart City. Applied Technology and Computing Science Journal, 2(2), 79–89. https://doi.org/10.33086/atcsj.v2i2.1376

Dharmaputra, Taludangga; Palekahelu; dan Hanita, Y. (2017). Identifikasi Faktor Pendukung Keberhasilan Pengintegrasian Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Sekolah Menengah Pertama Di Jawa Tengah. PROSIDING SNITI -4, 1(1), 43–51.

Hasanuddin Sirait; Hero Wintolo;Gede Erik Aktama; Istia Budi; Yulita Salim; Djumhadi, F. G. C. M. Z. Y. B. (2024). WORKSPACE FOR EDUCATION PLATFORM : Pendidikan Jaringan Komputer (M. . Diana Purnama Sari., S.E. (ed.); 1st ed.). Get Press Indonesia.

Indit Rahmawati. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 5(1), 1–56. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/298%0Ahttp://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jana.2015.10.005%0Ahttp://www.biomedcentral.com/1471-2458/12/58%0Ahttp://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&P

Ir. Hasanuddin Sirait, M. (2021). Buku Modul Implementasi Sistem Informasi (S. Hasanuddin (ed.); 1st ed.). AMIK Parbina Nusantara.

Jamaludin, Yuswardi, Muttaqin, A. Aviv Mahmudi, S. A., Hartanto Tantriawan, Imam Ekowicaksono, W. Y., Amirul Iqbal, Hasanuddin Sirait, Romindo, M. R., & Dimas Sasongko, Faizin Ridho, J. S. (2022). Google Workspace for Education Platform Pendidikan Digital (Matias Julyus;Fika Sirait (ed.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis. https://kitamenulis.id/2022/10/03/google-workspace-for-education-platform-pendidikan-digital-konsep-dan-praktik/

Kadir, A. (2017). Konsep dan Tuntunan Praktis Basis Data (A. Kadir (ed.); 1st ed.). Andi Offset. https://toaz.info/doc-view

Pratama, G. U., Ashidiqi, H., Safaatulloh, A., & Arief, R. (2024). SISTEM INFORMASI PEMESANAN JASA LAYANAN INTERNET BERBASIS WEB PENDAHULUAN Dalam zaman era globalisasi ini , manusia semakin mengenal teknologi yang semakin maju dan canggih guna untuk mempermudah melakukan berbagai kegiatan dalam kehidupan sehari- hari . JURNAL SIMASI, 4(1), 202–213. http://simasi.lppmbinabangsa.id/index.php/home%0ASISTEM

Suardin, S., & Andriani; Wa Ode, L. (2021). Studi Komparatif Model Problem Solving Dengan Model Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 227–234. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.289

Published
2025-07-29
How to Cite
Tuty, T., Sirait, H., & Simanihuruk, E. U. P. (2025). Platform Digital sebagai Media Pembelajaran Kewirausahaan di Sekolah dan Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 13(1), 114 - 126. https://doi.org/10.47668/pkwu.v13i1.1876
Section
Articles