Platform Digital sebagai Media Pembelajaran Kewirausahaan di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk dalam bidang pembelajaran kewirausahaan. Di era revolusi industri 4.0 dan transformasi menuju society 5.0, integrasi teknologi informasi menjadi hal yang tidak dapat dihindari dalam mendesain sistem pembelajaran yang relevan dan adaptif terhadap kebutuhan zaman. Kewirausahaan sebagai salah satu kompetensi penting abad ke-21 memerlukan pendekatan pembelajaran yang dinamis, praktis, dan berbasis teknologi agar mampu menumbuhkan jiwa kreatif, inovatif, serta mandiri pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan platform digital sebagai media pembelajaran kewirausahaan di tingkat sekolah dan perguruan tinggi serta mengidentifikasi dampaknya terhadap motivasi belajar dan kesiapan berwirausaha siswa maupun mahasiswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi pada sejumlah institusi pendidikan yang telah menerapkan pembelajaran kewirausahaan berbasis digital. Platform digital yang dianalisis mencakup Learning Management System (LMS), media sosial (seperti Instagram dan TikTok), aplikasi pemasaran online, serta perangkat kolaborasi digital seperti Google Workspace dan Canva. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan platform digital dalam pembelajaran kewirausahaan memberikan berbagai manfaat, antara lain peningkatan partisipasi aktif siswa, kemudahan akses materi ajar, fleksibilitas waktu belajar, serta peluang untuk langsung mempraktikkan konsep bisnis secara digital.
Lebih lanjut, penggunaan teknologi digital mendorong pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) yang memungkinkan peserta didik merancang, mengembangkan, dan memasarkan produk usaha secara nyata. Interaksi melalui platform daring juga meningkatkan kolaborasi dan kemampuan problem-solving siswa dalam menghadapi tantangan kewirausahaan. Namun demikian, penelitian ini juga menemukan sejumlah kendala seperti kesenjangan infrastruktur digital, keterbatasan literasi teknologi pada guru dan dosen, serta belum optimalnya integrasi platform digital dalam kurikulum kewirausahaan.
Dengan demikian, pemanfaatan platform digital sebagai media pembelajaran kewirausahaan terbukti memiliki potensi besar dalam menciptakan pengalaman belajar yang kontekstual, kreatif, dan sesuai dengan dunia usaha modern. Diperlukan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pengembangan kompetensi digital bagi pendidik dan kebijakan kurikulum yang lebih responsif terhadap perkembangan teknologi.
Downloads
References
Adha, Y. M. N. A. H. M. M. (1981). Pengaruh Sikap Kasih Sayang Guru Terhadap perilaku Siswa Berbudi Pekerti dan Hasil Belajar Siswa Di SMA Perintis Bandar Lampung. In P. I. Suntoro (Ed.), Journal of Chemical Information and Modeling (1st ed., Vol. 53, Issue 9). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG BANDAR LAMPUNG 2012. https://media.neliti.com/media/publications/249244-none-837c3dfb.pdf
Budiarti, R. P. N., & Yudianto, F. (2020). Penerapan Analisa Big Data pada Klasifikasi Kondisi Jalan untuk Mendukung Smart City. Applied Technology and Computing Science Journal, 2(2), 79–89. https://doi.org/10.33086/atcsj.v2i2.1376
Dharmaputra, Taludangga; Palekahelu; dan Hanita, Y. (2017). Identifikasi Faktor Pendukung Keberhasilan Pengintegrasian Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Sekolah Menengah Pertama Di Jawa Tengah. PROSIDING SNITI -4, 1(1), 43–51.
Hasanuddin Sirait; Hero Wintolo;Gede Erik Aktama; Istia Budi; Yulita Salim; Djumhadi, F. G. C. M. Z. Y. B. (2024). WORKSPACE FOR EDUCATION PLATFORM : Pendidikan Jaringan Komputer (M. . Diana Purnama Sari., S.E. (ed.); 1st ed.). Get Press Indonesia.
Indit Rahmawati. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 5(1), 1–56. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/298%0Ahttp://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jana.2015.10.005%0Ahttp://www.biomedcentral.com/1471-2458/12/58%0Ahttp://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&P
Ir. Hasanuddin Sirait, M. (2021). Buku Modul Implementasi Sistem Informasi (S. Hasanuddin (ed.); 1st ed.). AMIK Parbina Nusantara.
Jamaludin, Yuswardi, Muttaqin, A. Aviv Mahmudi, S. A., Hartanto Tantriawan, Imam Ekowicaksono, W. Y., Amirul Iqbal, Hasanuddin Sirait, Romindo, M. R., & Dimas Sasongko, Faizin Ridho, J. S. (2022). Google Workspace for Education Platform Pendidikan Digital (Matias Julyus;Fika Sirait (ed.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis. https://kitamenulis.id/2022/10/03/google-workspace-for-education-platform-pendidikan-digital-konsep-dan-praktik/
Kadir, A. (2017). Konsep dan Tuntunan Praktis Basis Data (A. Kadir (ed.); 1st ed.). Andi Offset. https://toaz.info/doc-view
Pratama, G. U., Ashidiqi, H., Safaatulloh, A., & Arief, R. (2024). SISTEM INFORMASI PEMESANAN JASA LAYANAN INTERNET BERBASIS WEB PENDAHULUAN Dalam zaman era globalisasi ini , manusia semakin mengenal teknologi yang semakin maju dan canggih guna untuk mempermudah melakukan berbagai kegiatan dalam kehidupan sehari- hari . JURNAL SIMASI, 4(1), 202–213. http://simasi.lppmbinabangsa.id/index.php/home%0ASISTEM
Suardin, S., & Andriani; Wa Ode, L. (2021). Studi Komparatif Model Problem Solving Dengan Model Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 227–234. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.289
Copyright (c) 2025 Hasanuddin Sirait Sirait

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.