Pengaruh Layanan Konseling Kelompok terhadap Motivasi Belajar pada Siswa

  • Nadya Annastasya Prodi Bimbingan Konseling Islam, UIN Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Muhammad Buchori Ibrahim Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh layanan konseling kelompok terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 5 Pematangsiantar. Penelitian dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas X IPS SMA Negeri 5 Pematangsiantar yang menunjukkan tingkat motivasi belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh layanan konseling kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa di SMA Negeri 5 Pematangsiantar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian kuasi ekperimen. Populasi penelitian sebanyak 177 siswa, sampel sebanyak 20 orang ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan menggunakan instrumen penelitian berupa angket tentang motivasi belajar yang terdiri atas 40 item. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan uji prasyarat. Perhitungan data dilakukan menggunakan SPSS 25 for windows, dengan hasil yang menunjukkan terdapat perbedaan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen, data menunjukkan bawah terdapat pengaruh layanan konseling kelompok terhadap motivasi belajar siswa pada siswa di SMA Negeri 5 Pematangsiantar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, A. (2022). Strategi Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era Industri 4.0 dan Society 5.0. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 11(1), 20–35. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i1.597

Fahmi, N. N., & Slamet, S. (2017). Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Smk Negeri 1 Depok Sleman. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 13(2), 69–84. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-05

Faradita, R. M., Elita, Y., & Sinthia, R. (2018). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Terhadap Kemampuan Asertivitas Siswa Smpn Kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 1(2), 49–57. https://doi.org/10.33369/consilia.1.2.49-57

Haryati, N. S., Isnaini, Z., & Nurhakim, D. (2021). Konseling Kelompok terhadap Motivasi Belajar Siswa (Karakteristik Pribadi Konselor, Mengikuti Ekstrakurikuler, Praktek dan Diskusi Teman Sebaya). Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan, 5(2), 41–47. https://doi.org/10.19109/ghaidan.v5i2.10127

Hasanah, K. (2020). Revitalisasi Peran Konselor Dalam Kinerja Bimbingan Konseling Di Pesantren Nurul Jadid. At-Tuhfah, 9(1), 1–13. https://doi.org/10.36840/jurnalstudikeislaman.v9i1.281

Keller, J. (2010). Motivational Design for Learning and Performance. Springer.

Kurniawan, R. A., Hidayati, A., & Maynawati, A. F. R. N. (2019). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Teknik Cognitive Retructuring (Cr) Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(1), 1. https://doi.org/10.32585/advice.v1i1.281

Lubis, R. N., & Siregar, A. (2023). Efektifitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Menggunakan Kelompok Cognitive Behavior Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa di MTs YPI Batang Kuis. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(01), 89–99. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5014

Mujahid, T., & Azzahra, A. P. (2025). PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP PAHLAWAN NASIONAL. Effect: Jurnal Kajian Konseling, 4(1). https://www.ejournal.yana.or.id/index.php/effect/article/view/1259

Nasution, F., Syahrin, N. H. A., Hasibuan, N. F., Tanjung, Z. F. U., & Al-Hadid, N. H. (2023). Peran Bimbingan Konseling Dalam Perkembangan Sosial-Emosional Anak. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(5), 668–675. https://doi.org/10.31004/anthor.v1i5.212

Permana, S. A. (2020). Peran Guru BK dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar dan Motivasi Belajar Siswa. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 1(2), 61–69. https://doi.org/10.32505/syifaulqulub.v1i2.2425

Prayitno, & Amti, E. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta.

Primadona, S., Adripen, A., & Demina, D. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri di SD Negeri Gugus 1 Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 12(2), 452–464. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i2.1208

Ratri, P. M., & Pratisti, W. D. (2019). Teknik modeling dan bimbingan konseling kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa SMP X Surakarta. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 125–133. https://doi.org/10.23917/indigenous.v4i2.7730

Rokimin, R., & Pangestu, E. Z. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling Studi Kasus di MTs. Nurul Huda Pondok Betung Tangerang Selatan Banten. EduManajerial, 1(1), 32–41. https://doi.org/10.15408/em.v1i1.32277

Sahara, U., & Isro’i, N. F. (2020). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Indonesian Journal Counseling And Education, 1(2).

Sugiyono. (t.t.). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryani, I., & Ibrahim, M. B. (2019). Pemanfaatan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Yang Kecanduan Smartphone. International Seminar And Conference Guidance And Counseling Collaboration Departement Guidance And Counseling Islamic (Fitk-Uinsu Medan) With Academy Of Tarbiyah Science Al Ittihadiyah.

Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. PT. Raja Grafindo Persada.

Udmah, S., Purwaningrum, J. P., & Ermawati, D. (2023). Penggunaan Media KOKUBA untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 12(1), 59–74. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i1.1016

Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Penerbit Andi.

Wibowo, S. B., Mudaim, M., & Sudaryanto, I. M. U. (2022). Konseling Kelompok dengan Teknik Assertive Training terhadap Asertifitas. Counseling Milenial (CM), 4(1), 13–26. https://doi.org/10.24127/konselor.v4i1.3138

Wijayanti, T. (2020). Konseling Kelompok Untuk Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Pendekatan SFBC (Teknik Miracle Question). Nusantara of Research : Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 7(2), 106–114. https://doi.org/10.29407/nor.v7i2.15063

Winkel, W. S. (1991). Psikologi Pengajaran. Grasindo.

Published
2025-07-07
How to Cite
Annastasya, N., & Ibrahim, M. (2025). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok terhadap Motivasi Belajar pada Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 13(1), 46 - 64. https://doi.org/10.47668/pkwu.v13i1.1781
Section
Articles