Pengaruh Layanan Konseling Kelompok terhadap Motivasi Belajar pada Siswa
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh layanan konseling kelompok terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 5 Pematangsiantar. Penelitian dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas X IPS SMA Negeri 5 Pematangsiantar yang menunjukkan tingkat motivasi belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh layanan konseling kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa di SMA Negeri 5 Pematangsiantar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian kuasi ekperimen. Populasi penelitian sebanyak 177 siswa, sampel sebanyak 20 orang ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan menggunakan instrumen penelitian berupa angket tentang motivasi belajar yang terdiri atas 40 item. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan uji prasyarat. Perhitungan data dilakukan menggunakan SPSS 25 for windows, dengan hasil yang menunjukkan terdapat perbedaan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen, data menunjukkan bawah terdapat pengaruh layanan konseling kelompok terhadap motivasi belajar siswa pada siswa di SMA Negeri 5 Pematangsiantar.
Downloads
References
Aziz, A. (2022). Strategi Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era Industri 4.0 dan Society 5.0. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 11(1), 20–35. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i1.597
Fahmi, N. N., & Slamet, S. (2017). Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Smk Negeri 1 Depok Sleman. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 13(2), 69–84. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-05
Faradita, R. M., Elita, Y., & Sinthia, R. (2018). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Terhadap Kemampuan Asertivitas Siswa Smpn Kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 1(2), 49–57. https://doi.org/10.33369/consilia.1.2.49-57
Haryati, N. S., Isnaini, Z., & Nurhakim, D. (2021). Konseling Kelompok terhadap Motivasi Belajar Siswa (Karakteristik Pribadi Konselor, Mengikuti Ekstrakurikuler, Praktek dan Diskusi Teman Sebaya). Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan, 5(2), 41–47. https://doi.org/10.19109/ghaidan.v5i2.10127
Hasanah, K. (2020). Revitalisasi Peran Konselor Dalam Kinerja Bimbingan Konseling Di Pesantren Nurul Jadid. At-Tuhfah, 9(1), 1–13. https://doi.org/10.36840/jurnalstudikeislaman.v9i1.281
Keller, J. (2010). Motivational Design for Learning and Performance. Springer.
Kurniawan, R. A., Hidayati, A., & Maynawati, A. F. R. N. (2019). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Teknik Cognitive Retructuring (Cr) Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(1), 1. https://doi.org/10.32585/advice.v1i1.281
Lubis, R. N., & Siregar, A. (2023). Efektifitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Menggunakan Kelompok Cognitive Behavior Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa di MTs YPI Batang Kuis. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(01), 89–99. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5014
Mujahid, T., & Azzahra, A. P. (2025). PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP PAHLAWAN NASIONAL. Effect: Jurnal Kajian Konseling, 4(1). https://www.ejournal.yana.or.id/index.php/effect/article/view/1259
Nasution, F., Syahrin, N. H. A., Hasibuan, N. F., Tanjung, Z. F. U., & Al-Hadid, N. H. (2023). Peran Bimbingan Konseling Dalam Perkembangan Sosial-Emosional Anak. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(5), 668–675. https://doi.org/10.31004/anthor.v1i5.212
Permana, S. A. (2020). Peran Guru BK dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar dan Motivasi Belajar Siswa. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 1(2), 61–69. https://doi.org/10.32505/syifaulqulub.v1i2.2425
Prayitno, & Amti, E. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta.
Primadona, S., Adripen, A., & Demina, D. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri di SD Negeri Gugus 1 Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 12(2), 452–464. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i2.1208
Ratri, P. M., & Pratisti, W. D. (2019). Teknik modeling dan bimbingan konseling kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa SMP X Surakarta. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 125–133. https://doi.org/10.23917/indigenous.v4i2.7730
Rokimin, R., & Pangestu, E. Z. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling Studi Kasus di MTs. Nurul Huda Pondok Betung Tangerang Selatan Banten. EduManajerial, 1(1), 32–41. https://doi.org/10.15408/em.v1i1.32277
Sahara, U., & Isro’i, N. F. (2020). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Indonesian Journal Counseling And Education, 1(2).
Sugiyono. (t.t.). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suryani, I., & Ibrahim, M. B. (2019). Pemanfaatan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Yang Kecanduan Smartphone. International Seminar And Conference Guidance And Counseling Collaboration Departement Guidance And Counseling Islamic (Fitk-Uinsu Medan) With Academy Of Tarbiyah Science Al Ittihadiyah.
Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. PT. Raja Grafindo Persada.
Udmah, S., Purwaningrum, J. P., & Ermawati, D. (2023). Penggunaan Media KOKUBA untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 12(1), 59–74. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i1.1016
Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Penerbit Andi.
Wibowo, S. B., Mudaim, M., & Sudaryanto, I. M. U. (2022). Konseling Kelompok dengan Teknik Assertive Training terhadap Asertifitas. Counseling Milenial (CM), 4(1), 13–26. https://doi.org/10.24127/konselor.v4i1.3138
Wijayanti, T. (2020). Konseling Kelompok Untuk Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Pendekatan SFBC (Teknik Miracle Question). Nusantara of Research : Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 7(2), 106–114. https://doi.org/10.29407/nor.v7i2.15063
Winkel, W. S. (1991). Psikologi Pengajaran. Grasindo.
Copyright (c) 2025 Nadya Annastasya, Muhammad Buchori Ibrahim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.