Implementasi Nilai-Nilai Hijrah Nabi dalam Pembentukan Karakter Anak
Abstrak
Sejarah mencatat bahwa, dalam perkembangannya bahwa Islam selama dipimpin oleh Nabi Muhammad melakukan Hijrah sebanyak 4 kali pada 3 tempat yang berbeda. Hijrah dalam artian berpindahnya suatu kaum dari kondisi yang tidak mengenakkan atau menyedihkan menuju tempat yang menyenangkan. Hijrah yang dilegalkan atas dasar perintah Allah dengan alasan menghindari penyiksaan dan tekanan yang dilakukan oleh Kaum Musyrikin Mekkah terhadap Muslim Mekkah. Namun dalam proses Hijrah tersebut tidak semua tempat menerima kedatangan orang – orang muslim Mekkah, ada juga yang menerimanya dengan lapang dada tanpa ada syarat tertentu, juga ada yang menolaknya bahkan sampai menyiksanya. Pendidikan Hijrah ini perlu menjadi perhatian bagi kita, agar kita mampu mengetahui bahwa dalam hidup apabila ingin meraih hasil yang maksimal kesuksesan yang besar maka butuh pengorbanan yang juga besar. Untuk mendukung penelitian ini metodologi yang penulis gunakan adalah library reseach. Hasil dari penelitian ini bahwa kesuksesan yang gemilang yang diraih oleh Nabi Muhammad dalam berdakwah bukan didapatkan dari hasil yang instan, ada perjuangan yang begitu menguras energi, ada juga perasaan yang juga menyayat hati, dan semua ini tentu banyak nilai pendidikan yang bisa kita ambil, dan juga ada pembelajaran yang dapat kita terapkan baik sebagai pendidik maupun peserta didik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Al-Andalusi, Ibnu Hazm. Jawami’ As-Sirah An-Nabawiyah, Penerjemah: Indi Aunullah, Judul: Intisari Sirah Nabawiyah, Jakarta: Pustaka Alvabet 2018.
Awathif Adib Salamah, Dr. Quraisy Qabla Al-Islam: Dauruha As-Siyasi Wa Al-Iqtishadi Wa Ad-Dini, Terj. Misbahul Munir, Jakarta: PT. Pustaka Alvabet: 2024.
Al-Buthy, Muhammad Sa’id Ramadhan, Dr. Fiqhus Sirah: Dirasat Manhajiah ‘Ilmiyyah Li Siratil Musthafa ‘Alaihish Shalatu Wassalam, Penerjemah: Aunur Rafiq Shaleh Tamhid, Judul: Sirah Nabawiyyah: Analisis Ilmiah Manhajiah Sejarah Pergerakan Islam Dimasa Rasulullah SAW, Jakarta: Rabbani Press, 1999.
Al-Maraghi, Abdullah Musthafa, Al-Fath Al-Mubin Fi Thabaqat Al-Ushuliyyin, Penerjemah: KH. Husein Muhammad, Judul: Ensiklopedia Lengkap Ulama Ushul Fiqh Sepanjang Masa, Jogjakarta: Ircisod, 2020.
Al-Qimni, Sayyid. Hurub Daulah Ar Rasul. Penerjemah: Rony Nugroho, Judul: Jalan Politik Muhammad SAW, Jakarta: Pustaka Alvabet, 2021.
Asy-Syarif, Ahmad Ibrahim, Dr. Mekkah Wa Al-Madinah Fi Al-Jahiliyah Wa ‘Ahd Rasul, Penerjemah: Rony Nugroho, Judul: Mekkah Dan Madinah, Jakarta: 2021.
Hart, Michael H, Seratus Tokoh Yang Paling Berpengaruh Dalam Sejarah, Terj. Mahbub Djunaidi, Jakarta: Pustaka Jaya, 1983.
Saefuddin, Didin, Prof. Dr. Sejarah Politik Islam. Depok: Serat Alam Media, 2017.
Shafiyurrahman Al-Mubarakfuri, Syaikh. Al-Rahiqul Makhtum, Penerjemah: Kathur Suhardi, Judul: Sirah Nabawiyah, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2008.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.








