Peningkatan Pemahaman Profil Pelajar Pancasila Menggunakan Bahan Ajar Antologi Cerpen Generasi Kreatif Dan Tangguh

  • Qurrota Ayun Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • M. Ridlwan Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia
  • Sujinah Sujinah Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstract

Penelitian ini memmiliki tujuan untuk mengetahui penigkatan pemahaman profil pelajar pancasila dengan menggunakan bahan ajar antologi cerpen Generasi Kreatif dan Tangguh pelajar kelas V SD Muhammadiyah 14 Surabaya tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), penilaian tindakan kelas termasuk ke dalam jenis pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah, pertama penanaman profil pelajar pancasila dengan menggunakan bahan ajar antologi cerpen Generasi Kreatif dan Tangguh. Kedua, peningkatan pemahaman profil pelajar Pancasila dengan menggunakan bahan ajar antologi cerpen Generasi Kreatif dan Tangguh terjadi peningkatan, peningkatan tersebut ditunjukkan dengan rata-rata nilai siklus 1 berjumlah 81,5 lalu bertambah di siklus ke 2 menjadi 91,6. Hasil pengamatan aktivitas pelajar pada siklus 1 berjumlah 57% (kurang), meningkat saat siklus ke 2 menjadi 87% (baik). Hasil pengamatan aktivitas guru dalam siklus 1 berjumlah 60% (kurang), meningkat juga saat siklus ke 2 menjadi 85% (baik). Ketiga, kelebihan dan kekurangan proses pembelajaran untuk penanaman karakter profil pelajar pancasila dengan menggunakan bahan ajar antologi cerpen Generasi Kreatif dan Tangguh.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, A. K., & Fadhilasari, I. (2019). Apa Itu Sastra; Jenis-Jenis Karya Sastra dan Bagaimanakah Cara Menulis dan Mengapresiasi Sastra. In CV Budi Utama.

Ambarini. (2015). Semiotika Teori dan aplikasi Pada Karya Sastra.

Demmanggasa Yultan, Sabilaturrizqi Mashudah, Kasnawati, Mardikawati Budi, Ramli Akhmad, & Arifin Nofri Yudi. (2023). Digitalisasi Pendidikan: Akselerasi Literasi Digital Pelajar Melalui Eksplorasi Teknologi Pendidikan. Community Development Journal, 4(5), 11158–11167.

Faozi, R. (2020). Nilai Moral Pada Antologi Cerpen Kasur Tanah (Cerpen Pilihan Kompas 2017) dan Kelayakannya sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA/MA. JPBSI, 9(1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi

Gultom, A. F. (2023). Nilai yang Hilang dari Profil Pelajar Pancasila. Buletin Macapat, June, 1–4.

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Dengan Media Storyboard Pada Siswa Kelas X Sma. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.pp1-12

Maruti, E. S., Malawi, I., Hanif, M., Budyartati, S., Huda, N., Kusuma, W., & Khoironi, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Abdimas Mandalika, 2(2), 85. https://doi.org/10.31764/am.v2i2.13098

Nuril Lubaba, M., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 687–706. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.576

Purnawanto, A. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 5(2), 76–87.

Raihanny, S., Wildan, & Yusuf, Y. (2017). Deiksis Dalam Antologi Cerpen Pembunuh Ketujuh Karya Herman Rn. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan PBSI, 2(4), 378–392.

Rokhmansyah, A., & Nita Maya Valiantien, N. P. G. (2018). Kekerasan Terhadap Perempuan Dalam Cerpen-Cerpen Karya Oka Rusmini. Litera, 17(3), 279–298.

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583. https://doi.org/10.29210/30032075000

Suryadi. Riza, & Nuryatin, A. (2017). Nilai Pendidikan dalam Antologi Cerpen Senyum Karyamin Karya Ahmad Tohari. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(3), 314–322. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka

Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25, 155–167. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897

Terttiaavini, T., & Saputra, T. S. (2022). Literasi Digital Untuk Meningkatkan Etika Berdigital Bagi Pelajar Di Kota Palembang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2155. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.8203

Published
2025-05-22
How to Cite
Ayun, Q., Ridlwan, M., & Sujinah, S. (2025). Peningkatan Pemahaman Profil Pelajar Pancasila Menggunakan Bahan Ajar Antologi Cerpen Generasi Kreatif Dan Tangguh. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 13(1), 18-32. https://doi.org/10.47668/pkwu.v13i1.1697
Section
Articles