Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa
Abstrak
Studi ini meneliti bagaimana pendidikan kewirausahaan berpengaruh pada kesiapan kerja mahasiswa PAI angkatan 2022UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2022. Latar belakang penelitian ini adalah fakta lapangan di mana tingkat kesiapan kerja rendah mahasiswa, yang ditandai dengan ketidakpercayaan diri, kemampuan teknis, dan keterampilan interpersonal. Studi ini memanfaatkan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode explanatory survey sebagai bagian dari pendekatan penelitian. Penelitian ini melibatkan 75 siswa yang dipilih melalui metode sampling acak sederhana dari total populaso 256. Setelah data dikumpulkan melalui kuesioner berbentuk skala likert, dilakukan pengujian statistik berupa asumsi klasik untuk prasyarat uji regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS 27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan dan kesiapan kerja mahasiswa memiliki hubungan yang kuat, di mana R bernilai 0,762. Selain itu, dari uji regrese linear didapatkan hasil bahwa pendidikan kewirausahaan memberikan kontribusi sebesar 58,1% terhadap kesiapan kerja mahasiswa. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa pendidikan kewirausahaan mampu menjadi jembatan kesenjangan yang ada antara dunia akademik dengan dunia kerja.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Amalia, P. I., & Murniawaty, I. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri dan Minat Kerja Terhadap Kesiapan Kerja. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 907–922.
Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan . Widya Puspita.
Aucha, U. (2023). Peran Kewirausahaan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi: Strategi dan Tantangan. https://doi.org/10.31219/osf.io/sx89d
Azky, S., & Mulyana, O. P. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Mahasiswa: Literature Review. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 3178–3192. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10762
Caballero, C. L., & Walker, A. (2010). Work readiness in graduate recruitment and selection: A review of current assessment methods. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, 1(1), 13–25. https://doi.org/10.21153/jtlge2010vol1no1art546
Darliani, A., Wirda, W., & Mauvizar, E. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa untuk Mengembangkan Ekonomi Kreatif (Studi Kasus pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah di Banda Aceh). Jurnal Dedikasi Pendidikan, 7(1), 201–208. https://doi.org/10.30601/dedikasi.v7i1.3548
Hamdan. (2024). Peran Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Daya Saing Mahasiswa dalam Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan (PKWI, 12(2), 734–749.
Harianti, A., Malinda, M., Nur, N., Suwarno, H. L., Margaretha, Y., & Kambuno, D. (2020). Peran Pendidikan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Motivasi, Kompetensi Dan Menumbuhkan Minat Mahasiswa. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 16(3), 214–220. https://doi.org/10.31940/jbk.v16i3.2194
Hasan, H. A. (2020). Pendidikan Kewirausahaan: Konsep, Karakteristik dan Implikasi dalam Memandirikan Generasi Muda. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(1), 99–111.
Kaharudin, E., & Djohan, H. A. (2022). Pendidikan Kewirausahaan bagi Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 1(3), 285–294.
Muhmin, A. H. (2018). Pentingnya Pengembangan Soft Skills Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Forum Ilmiah, 15(2), 330–338.
Muspawi, M., & Lestari, A. (2020). Membangun Kesiapan Kerja Calon Tenaga Kerja. Jurnal Literasiologi, 4(1). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v4i1.138
Nurdanti, U. R., Damayanti, G., Putra, R. A., Adi, E. H. K. A., Sofwan, M., & Sholeh, M. (2024). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru dan Sekolah DasarUniveritas Jambi. PKWU: Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(2), 761–778.
Saraswati, K. D. H., Lie, D., & Pribadi, R. B. (2022). Peran Modal Psikologis dan Dukungan Sosial terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Universitas X. Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan, 15(1), 51–66. https://doi.org/10.24912/provitae.v15i1.18376
Sari, M., Rachman, H., Juli Astuti, N., Win Afgani, M., & Abdullah Siroj, R. (2022). Explanatory Survey dalam Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 10–16. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1953
Siregar, P. P., Julmasita, R., Ananda, S., & Nurbaiti, N. (2023). Pentingnya Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(1), 43–50. https://doi.org/10.46963/asatiza.v4i1.805
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Susilaningsih, S. (2015). Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi: Pentingkah untuk Semua Profesi? Jurnal Economia, 11(1), 1. https://doi.org/10.21831/economia.v11i1.7748
Syahrum, & Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Citapustaka Media.
Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Penelitian Gabungan (1st ed.). KENCANA.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.