Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa

  • Mursidin Mursidin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Navisah Nur Najmah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Ninda Aulia Yulianti Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Nur Maulani Adzkia Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
Kata Kunci: pendidikan kewirausahaan, kesiapan kerja, mahasiswa PAI, kompetensi

Abstrak

Studi ini meneliti bagaimana pendidikan kewirausahaan berpengaruh pada kesiapan kerja mahasiswa PAI angkatan 2022UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2022. Latar belakang penelitian ini adalah fakta lapangan di mana tingkat kesiapan kerja rendah mahasiswa, yang ditandai dengan ketidakpercayaan diri, kemampuan teknis, dan keterampilan interpersonal. Studi ini memanfaatkan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode explanatory survey sebagai bagian dari pendekatan penelitian. Penelitian ini melibatkan 75 siswa yang dipilih melalui metode sampling acak sederhana dari total populaso 256. Setelah data dikumpulkan melalui kuesioner berbentuk skala likert, dilakukan pengujian statistik berupa asumsi klasik untuk prasyarat uji regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS 27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan dan kesiapan kerja mahasiswa memiliki hubungan yang kuat, di mana R bernilai 0,762. Selain itu, dari uji regrese linear didapatkan hasil bahwa pendidikan kewirausahaan memberikan kontribusi sebesar 58,1% terhadap kesiapan kerja mahasiswa. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa pendidikan kewirausahaan mampu menjadi jembatan kesenjangan yang ada antara dunia akademik dengan dunia kerja.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Amalia, P. I., & Murniawaty, I. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri dan Minat Kerja Terhadap Kesiapan Kerja. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 907–922.

Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan . Widya Puspita.

Aucha, U. (2023). Peran Kewirausahaan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi: Strategi dan Tantangan. https://doi.org/10.31219/osf.io/sx89d

Azky, S., & Mulyana, O. P. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Mahasiswa: Literature Review. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 3178–3192. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10762

Caballero, C. L., & Walker, A. (2010). Work readiness in graduate recruitment and selection: A review of current assessment methods. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, 1(1), 13–25. https://doi.org/10.21153/jtlge2010vol1no1art546

Darliani, A., Wirda, W., & Mauvizar, E. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa untuk Mengembangkan Ekonomi Kreatif (Studi Kasus pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah di Banda Aceh). Jurnal Dedikasi Pendidikan, 7(1), 201–208. https://doi.org/10.30601/dedikasi.v7i1.3548

Hamdan. (2024). Peran Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Daya Saing Mahasiswa dalam Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan (PKWI, 12(2), 734–749.

Harianti, A., Malinda, M., Nur, N., Suwarno, H. L., Margaretha, Y., & Kambuno, D. (2020). Peran Pendidikan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Motivasi, Kompetensi Dan Menumbuhkan Minat Mahasiswa. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 16(3), 214–220. https://doi.org/10.31940/jbk.v16i3.2194

Hasan, H. A. (2020). Pendidikan Kewirausahaan: Konsep, Karakteristik dan Implikasi dalam Memandirikan Generasi Muda. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(1), 99–111.

Kaharudin, E., & Djohan, H. A. (2022). Pendidikan Kewirausahaan bagi Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 1(3), 285–294.

Muhmin, A. H. (2018). Pentingnya Pengembangan Soft Skills Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Forum Ilmiah, 15(2), 330–338.

Muspawi, M., & Lestari, A. (2020). Membangun Kesiapan Kerja Calon Tenaga Kerja. Jurnal Literasiologi, 4(1). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v4i1.138

Nurdanti, U. R., Damayanti, G., Putra, R. A., Adi, E. H. K. A., Sofwan, M., & Sholeh, M. (2024). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru dan Sekolah DasarUniveritas Jambi. PKWU: Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(2), 761–778.

Saraswati, K. D. H., Lie, D., & Pribadi, R. B. (2022). Peran Modal Psikologis dan Dukungan Sosial terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Universitas X. Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan, 15(1), 51–66. https://doi.org/10.24912/provitae.v15i1.18376

Sari, M., Rachman, H., Juli Astuti, N., Win Afgani, M., & Abdullah Siroj, R. (2022). Explanatory Survey dalam Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 10–16. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1953

Siregar, P. P., Julmasita, R., Ananda, S., & Nurbaiti, N. (2023). Pentingnya Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(1), 43–50. https://doi.org/10.46963/asatiza.v4i1.805

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Susilaningsih, S. (2015). Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi: Pentingkah untuk Semua Profesi? Jurnal Economia, 11(1), 1. https://doi.org/10.21831/economia.v11i1.7748

Syahrum, & Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Citapustaka Media.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Penelitian Gabungan (1st ed.). KENCANA.

Diterbitkan
2024-12-23
Bagian
Articles