Implementasi Metode Total Physical Response (TPR) untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab

  • Satria Hadi Cahya Solikin Sekolah Singgi Ilmu Tarbiyah Hidayatunnajah Bekasi, Indonesia
  • Mulhendra Mulhendra Sekolah Singgi Ilmu Tarbiyah Hidayatunnajah Bekasi, Indonesia
Keywords: Total Physical Response, Keterampilan Berbicara, Bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini membahas implementasi metode Total Physical Response (TPR) dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab di salah satu Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu di Karawang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode TPR dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan memanfaatkan gerakan fisik sebagai respons terhadap instruksi lisan. Namun, penelitian juga menemukan beberapa kendala, seperti keterbatasan waktu dan kurangnya kesempatan siswa untuk berbicara spontan. Metode ini mendapat respons positif dari siswa, yang merasa lebih aktif, percaya diri, dan antusias dalam belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiah, S., & Musyafa’ah, L. (2024). Penerapan Metode Total Physical Respon dalam Pembelajaran Bahasa Arab. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 1(1), 50–58. https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i1.14

Ariska, A. R. (2020). Efektivitas Metode Total Physical Response (Tpr) Dalam Meningkatkan Perbendaharaan Kosakata Bahasa Arab Pada Maharah Qira’Ah Untuk Siswa Madrasah Ibtida’Iyah. International Conference of Students on Arabic Language, 4, 49–60.

Aziza, L. F., & Muliansyah, A. (2020). Keterampilan berbahasa arab dengan pendekatan komprehensif. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 19(1), 56–71.

Daniswara, D. A., Anwariati, F. L. F., & Atsaniyah, L. N. (2020). Pelaksanaan Kegiatan “Muhadharah” Di Beberapa Pondok Modern Sebagai Upaya Untuk Melatih “Maharah Kalam” Para Santri. International Conference of Students on Arabic Language, 4, 235–244.

Dini, J. (2022). Implementasi Pengenalan Kosakata Bahasa Arab pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5454–5462.

Dodi, D. R. (2022). Pengaruh Metode Total Physical Response (TPR) Terhadap Penguasaan Kosakata dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Ihtimam: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 1–18.

Fadlan, A., Ridwan, R., Nopriansyah, U., & Nurfaizah, N. (2021). Penerapan Metode TPR (Total Physical Respone) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 137–151. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i1.8619

Firna, R., Ilham, I., Irwandi, I., Rahmania, R., Hidayati, H., & Bafadal, F. (2024). Faktor Penyebab Dampak Kecemasan Berbicara dalam Bahasa Inggris. Seminar Nasional Paedagoria, 4(1), 189–199.

Khasanah, F. N., & Rigianti, H. A. (2023). Upaya Guru Dalam Menghadapi Peserta Didik Yang Mengalami Kebosanan Saat Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 3(4), 266–277.

Nursiniah, S. (2024). Mensinergikan Community Languange Learning (CLL) dan Total Physical Response (TPR). Karimah Tauhid, 3(7), 7803–7819.

Ramadani, N. (2022). Penerapan Metode Total Physical Response (Tpr) Dalam Meningkatkan Pemahaman Kosakata Bahasa Arab Mahasiswi Idia. MAHAROT: Journal of Islamic Education, 6(1), 2580–3999. https://doi.org/10.28944/maharot.v6i1.564

Sayd, A. I., Attubel, M., & Nazarudin, H. (2018). Implementasi metode Total Physical Response (TPR) dalam pembelajaran bahasa Inggris bagi anak-anak sekolah dasar inpres Liliba Kupang. Bisman-Jurnal Bisnis & Manajemen, 3(01), 17–24.

Sukmawan, R., Susilawati, L., & Hestiana, S. (2024). Upaya Peningkatan Kompetensi Bahasa Inggris Bagi Dosen Melalui Metode Pembelajaran Integrasi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(6), 6571–6583.

Wijaya, J. I. M. (2020). How to Teach Arabic? Metode, Strategi, Evaluasi, Model, dan Permainan Pengajaran Bahasa Arab. Guepedia.

Published
2024-12-25
How to Cite
Solikin, S., & Mulhendra, M. (2024). Implementasi Metode Total Physical Response (TPR) untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(3), 1237 - 1244. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i3.1550
Section
Articles