Implementasi Metode Total Physical Response (TPR) untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab
Abstract
Penelitian ini membahas implementasi metode Total Physical Response (TPR) dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab di salah satu Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu di Karawang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode TPR dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan memanfaatkan gerakan fisik sebagai respons terhadap instruksi lisan. Namun, penelitian juga menemukan beberapa kendala, seperti keterbatasan waktu dan kurangnya kesempatan siswa untuk berbicara spontan. Metode ini mendapat respons positif dari siswa, yang merasa lebih aktif, percaya diri, dan antusias dalam belajar.
Downloads
References
Afiah, S., & Musyafa’ah, L. (2024). Penerapan Metode Total Physical Respon dalam Pembelajaran Bahasa Arab. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 1(1), 50–58. https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i1.14
Ariska, A. R. (2020). Efektivitas Metode Total Physical Response (Tpr) Dalam Meningkatkan Perbendaharaan Kosakata Bahasa Arab Pada Maharah Qira’Ah Untuk Siswa Madrasah Ibtida’Iyah. International Conference of Students on Arabic Language, 4, 49–60.
Aziza, L. F., & Muliansyah, A. (2020). Keterampilan berbahasa arab dengan pendekatan komprehensif. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 19(1), 56–71.
Daniswara, D. A., Anwariati, F. L. F., & Atsaniyah, L. N. (2020). Pelaksanaan Kegiatan “Muhadharah” Di Beberapa Pondok Modern Sebagai Upaya Untuk Melatih “Maharah Kalam” Para Santri. International Conference of Students on Arabic Language, 4, 235–244.
Dini, J. (2022). Implementasi Pengenalan Kosakata Bahasa Arab pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5454–5462.
Dodi, D. R. (2022). Pengaruh Metode Total Physical Response (TPR) Terhadap Penguasaan Kosakata dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Ihtimam: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 1–18.
Fadlan, A., Ridwan, R., Nopriansyah, U., & Nurfaizah, N. (2021). Penerapan Metode TPR (Total Physical Respone) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 137–151. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i1.8619
Firna, R., Ilham, I., Irwandi, I., Rahmania, R., Hidayati, H., & Bafadal, F. (2024). Faktor Penyebab Dampak Kecemasan Berbicara dalam Bahasa Inggris. Seminar Nasional Paedagoria, 4(1), 189–199.
Khasanah, F. N., & Rigianti, H. A. (2023). Upaya Guru Dalam Menghadapi Peserta Didik Yang Mengalami Kebosanan Saat Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 3(4), 266–277.
Nursiniah, S. (2024). Mensinergikan Community Languange Learning (CLL) dan Total Physical Response (TPR). Karimah Tauhid, 3(7), 7803–7819.
Ramadani, N. (2022). Penerapan Metode Total Physical Response (Tpr) Dalam Meningkatkan Pemahaman Kosakata Bahasa Arab Mahasiswi Idia. MAHAROT: Journal of Islamic Education, 6(1), 2580–3999. https://doi.org/10.28944/maharot.v6i1.564
Sayd, A. I., Attubel, M., & Nazarudin, H. (2018). Implementasi metode Total Physical Response (TPR) dalam pembelajaran bahasa Inggris bagi anak-anak sekolah dasar inpres Liliba Kupang. Bisman-Jurnal Bisnis & Manajemen, 3(01), 17–24.
Sukmawan, R., Susilawati, L., & Hestiana, S. (2024). Upaya Peningkatan Kompetensi Bahasa Inggris Bagi Dosen Melalui Metode Pembelajaran Integrasi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(6), 6571–6583.
Wijaya, J. I. M. (2020). How to Teach Arabic? Metode, Strategi, Evaluasi, Model, dan Permainan Pengajaran Bahasa Arab. Guepedia.
Copyright (c) 2024 Satria Hadi Cahya Solikin, Mulhendra Mulhendra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.