Peran Mahasiswa PBSI dalam Menerapkan Nilai Spiritualitas sebagai Hidden Curriculum

  • Putri Intan Wahyuni Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Zahwatunissa Zahwatunissa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Hindun Hindun Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
Keywords: hidden curriculum; mahasiswa PBSI; latar belakang pendidikan; spiritualitas

Abstract

APenelitian ini menganalisis peran mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta dalam menerapkan nilai spiritualitas sebagai hidden curriculum melalui pembiasaan membaca ayat-ayat pendek Al-Qur'an sebelum perkuliahan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan melibatkan wawancara terhadap empat mahasiswa dari latar belakang pendidikan yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan mahasiswa berpengaruh signifikan terhadap penerimaan dan adaptasi mereka terhadap praktik ini. Mahasiswa dari lembaga pendidikan berbasis agama, seperti Madrasah Aliyah dan pesantren, lebih mudah beradaptasi daripada sekolah umum. Pembiasaan ini tidak hanya meningkatkan kedisiplinan, tetapi juga memperkuat pemahaman spiritual mahasiswa, yang pada gilirannya mendukung pengembangan karakter religius mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adimassana, Y. B. (2021). Hidden curriculum spiritualitas untuk membangun hidup yang efektif. . Spiritualitas Ignatian: Jurnal Kerohanian dalam Dunia Pendidikan, 21(1), 18–32. https://doi.org/10.24071/si.v21i01.5992

Abditama Srifitriani, et. al. (2021). Kontribusi Ilmuwan dan Praktisi untuk 76 Tahun Kemerdekaan Indonesia: Peningkatan Literasi dalam Era Society 5.0. Gorontalo:Ideas Publishing.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Ansyar, M. (2015). Kurikulum: Hakikat, fondasi, desain, dan pengembangan. Kencana.

Aslan, & Wahyudin. (2020). Kurikulum dalam Tantangan Perubahan (1 ed.). Bookies Indonesia.

Banding, M. P. (2024). Metode Penelitian Akuntasi. Jawa Barat: CV. Mega Press Nusantara.

Destriani, Septian, R. Y., Nurhayani, Warsah, I., & Morgana, R. (2022). Implementasi Kurikulum Tersembunyi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Rejang Lebong. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.632

Faridah, A. (2015). Membangun karakter melalui the hidden curriculum. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 9(2), 107–115. https://doi.org/10.56997/almabsut.v9i2.75

Hartini, S., Nurajizah, N., & Nurpitasari, E. (2018). Penerapan Hidden Curriculum Untuk Mengembangkan Karakter Mandiri pada Anak Usia Dini. Edukasi: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 67–70. https://doi.org/10.31603/edukasi.v0i0.2348

Hermawan, A. (2019). Peran guru dalam pembentukan karakter peserta didik melalui penerapan hidden curriculum di SD Negeri 2 Lebakwangi. Prosiding Seminar Internasional. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.3852

Maemun, E., & Widiansyah, S. (2021). Penerapan hidden curriculum pada proses pembelajaran online di masa pandemi Covid-19: Perspektif sosiologi kurikulum. Dmensia: Jurnal Kajian Sosiologi, 10(2), 2654–9344. https://doi.org/10.21831/dimensia.v10i2.47298

Mumu, & Danial, A. (2021). Implementasi Kurikulum Tersembunyi (Hidden Curriculum) dalam Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 6. https://doi.org/10.37058/jpls.v6i2.4236

Najmah, et. al. (2023). Analisis Tematik pada Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Medika.

Nur Setiawati Mappaselleng, N. F. (2024). Panduan Dasar Komunikasi Efektif Metode Wawancara Penelitian. Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Prasetya, R., Febriyanto, B., & Ryanto, A. (2020). Implementasi Hidden Curriculum dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Proceeding Literasi dalam Pendidikan di Era Digital untuk Generasi Milenial, 411–432. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/issue/view/460

PRASOJO, D. A. (2018). Dukungan sosial kelompok sebaya bagi odha (orang dengan hiv aids) di perkumpulan puzzle indonesia kota Bandung (Doctoral dissertation, PERPUSTAKAAN). http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40112

Rianto, P. (2020). Modul Metode Penelitian Kualitatif (1 ed.). Penerbit Komunikasi UII.

Ritonga, N., & Saleh, S. (2024). Penerapan hidden curriculum untuk meningkatkan nilai-nilai toleransi dan kerjasama pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewaraganegaraan di sekolah menengah pertama. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 661–669. https://doi.org/10.29210/1202424414

Salisiya, I., Sava, N. A., Auliyah, R., Trihantoyo, S., & Cindy, A. H. (2023). Pembiasaan Kegiatan Keagamaan Sebagai Hidden Curriculum di SDN Singonegaran 1 Kediri. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 1(2), 10–20. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan pembelajaran: Teori dan praktik pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). (1 ed.). Prenadamedia Group: Kencana.

Setiadi, Y., & Indrabudiman, A. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 12(2), 2024–2678. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i2.1015

Siagian, N. R. (2017). Hidden Curriculum Sebagai Pembentukan Karakter Siswa (Studi Kasus: SD Tunas Keluarga Mulia Marsudirini, Jakarta) [Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA]. http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26656

Umam, L. K. (2021). Pendidikan Toleransi Sasak Muslim Bali Hindu di Kota Mataram (A. A. Dzawafi, Ed.; 1 ed.). A-Empat.

Zubairi. (2024). Ilmu pendidikan Islam (U. T. Arsa, Ed.; 1 ed.). Adab Indonesia.

Zunita, I., Imamora, M., & Fazis, M. (2023). Manajemen Budaya Religius di SD Plus Muhammadiyah Kota Sungai Penuh. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 12(1), 155–177. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i1.1012

Published
2024-12-31
How to Cite
Wahyuni, P., Zahwatunissa, Z., & Hindun, H. (2024). Peran Mahasiswa PBSI dalam Menerapkan Nilai Spiritualitas sebagai Hidden Curriculum. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(3), 1074 - 1091. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i3.1535
Section
Articles