Diagnosis Kemampuan Belajar: Suatu Tinjauan Kecemasan Statistik dan Dukungan Akademik
Abstract
Fenomena kompleksitas dalam diagnosis kemampuan belajar mahasiswa, dengan fokus pada suatu tinjauan yang menggabungkan aspek kecemasan statistik dan dukungan akademik. Kecemasan statistik menjadi subjek utama dalam analisis, mengingat dampaknya yang signifikan terhadap kemampuan belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara tingkat kecemasan statistik yang dialami mahasiswa dengan kemampuan belajar mereka, sambil mengeksplorasi peran dukungan akademik sebagai mediator yang mungkin mempengaruhi hubungan tersebut. Melalui pendekatan interdisipliner yang menggabungkan psikologi pendidikan, statistik, dan manajemen akademik, penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang mendalam dalam memahami dinamika diagnosis kemampuan belajar mahasiswa di tingkat perguruan tinggi. Objek penelitian adalah para mahasiswa prodi manajemen yang mengambil mata kuliah statistik, dengan menggunakan sampling jenuh. Proses pengumpulan data menggunakan instrumen kuisioner dengan analisis SMART PLS. Hasil penelitian menunjukkan terdapat korelasi positif antara kecemasan statistik dengan kemampuan belajar. Hal ini menunjukkan dampak besar kecemasan statistik terhadap kemampuan belajar. Dengan demikian, dapat dikatakan H1 disetujui dan kecemasan statistik memberikan dampak yang baik dan patut diperhatikan terhadap kemampuan belajar di Mahasiswa prodi manajemen UNISKA Kediri; Terdapat pengaruh kecemasan statistik terhadap dukungan akademik. Hal ini memperlihatkan bila kecemasan statistik pada Mahasiswa prodi manajemen UNISKA Kediri telah memberikan dampak positif dan penting terhadap dukungan akademik; Terdapat Pengaruh kemampuan belajar terhadap dukungan akademik, Hal ini menunjukkan besarnya pengaruh kemampuan belajar terhadap dukungan akademik. Dengan demikian dapat dikatakan dukungan akademik di Mahasiswa prodi manajemen UNISKA Kediri mempunyai dampak yang baik dan patut diperhatikan terhadap dukungan akademik; Terdapat Pengaruh kecemasan statistic terhadap dukungan akademik melalui kemampuan belajar Dengan demikian artinya kecemasan statistik di Mahasiswa prodi manajemen UNISKA Kediri sendiri memberikan dampak terhadap kemampuan belajar akibat dukungan akademik.
Downloads
References
Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik-Revisi ke X. In Rienika Cipta. Jakarta: PT Rienika Cipta.
Arumsari, A. L., & Ariati, J. (2020). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua Dan Efikasi Diri Akademik Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa Kelas Xii Sma N 3 Magelang. Jurnal EMPATI, 7(1), 175–187. https://doi.org/10.14710/empati.2018.20184
Cui, S., Zhang, J., Guan, D., Zhao, X., & Si, J. (2019). Antecedents of statistics anxiety: An integrated account. Personality and Individual Differences, 144(February), 79–87. https://doi.org/10.1016/j.paid.2019.02.036
Dzulfikar, A. (2021). Pengaruh Kecemasan Statistika ( the Influence of Statistics Anxiety on Reasoning. 04(02), 1–10.
Eshet, Y., Steinberger, P., & Grinautsky, K. (2022). Does statistics anxiety impact academic dishonesty? Academic challenges in the age of distance learning. International Journal for Educational Integrity, 18(1), 1–19. https://doi.org/10.1007/s40979-022-00117-w
Ghozali, I. (2021). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hair, J. F. J., Sarstedt, M., Hopkins, L., & G. Kuppelwieser, V. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). European Business Review, 26(2), 106–121. https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128
Haryanti, N. (2019). Metode Penelitian Ekonomi. Bandung: Manggu.
Hidayat, A. (2018). Pengaruh Kecerdasan Adversitas Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Menyelesaikan Skripsi. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 299–304. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i2.4573
Hunt, B. W., Mari, T., Knibb, G., Christiansen, P., & Jones, A. (2023). Statistics anxiety and predictions of exam performance in UK psychology students. PLoS ONE, 18(8 August), 1–10. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0290467
Kurnaeli, K., & Sari, I. T. P. (2018). Analisis Kinerja Tenaga Kependidikan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Kasus Perguruan Tinggi Di Kabupaten Garut). Jurnal Wacana Ekonomi, 17(3), 178–188.
Macher, D., Paechter, M., Papousek, I., Ruggeri, K., Freudenthaler, H. H., & Arendasy, M. (2013). Statistics anxiety, state anxiety during an examination, and academic achievement. British Journal of Educational Psychology, 83(4), 535–549. https://doi.org/10.1111/j.2044-8279.2012.02081.x
Nazliati, Sari, R., & Fitriyani. (2019). Diagnosis Kecemasan Statistik Pendidikan Pada Mahasiswa Non-. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 3(1), 61–75.
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian Bisnis Edisi 6 Buku 2. In Jakarta: Salemba Empat.
Simanjuntak, E., Fajrianthi, F., & Purwono, U. (2019). Skala Cyberslacking Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 18(1), 55. https://doi.org/10.14710/jp.18.1.55-68
Solimun, Fernandes, A. A. R., & Nurjannah. (2017). Metode Statistika Multivariat Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan WarpPLS. Universitas Brawijaya Press.
Sugiyono. (2018). Metode Peneiltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Skripsi : Universitas Islam Kadiri.
Suliantiani, N. M., Sridana, N., Triutami, T. W., & Soepriyanto, H. (2023). Analisis Kecemasan dan Disposisi Matematis Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Gaya Belajar Matematika Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Gerung Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1499–1508. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1524
Suminta, R. R. (2016). Kecemasan statistik ditinjau dari dukungan akademik. Quality, 4(1), 120–139.
Yunitasari, D., & Iqbal, M. (2020). Kecemasan Statistika pada Mahasiswa Program Sarjana Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(2), 55. https://doi.org/10.31764/justek.v3i2.3701
Zhong, J., Chen, Y., Yan, J., & Luo, J. (2022). The mixed blessing of cyberloafing on innovation performance during the COVID-19 pandemic. Computers in Human Behavior, 126(August 2021), 106982. https://doi.org/10.1016/j.chb.2021.106982
Copyright (c) 2024 Muhammad Zainuddin MZ
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.