Penerapan Metode Small Group Discussion (SGD) Untuk Meningkatkan Pemahaman dan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Masalah Bagi Guru SDN 1 Gunungsari Maesan Bondowoso

  • Rini Fatanah SDN Gunungsari 1 Maesan Bondowoso Indonesia
Keywords: metode Small Group Discussion, pemahaman guru, pembelajaran berbasis masalah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam mengaplikasikan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan menerapkan metode Small Group Discussion (SGD). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilian terhadap praktek pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) sebelum dilakukan penelitian mendapat nilai sebesar 59 dengan kriteria kurang baik. Kemudian meningkat pada siklus 1 menjadi 70 dengan kriteria cukup baik. Pada siklus kedua terus meningkat menjadi 90 dengan kriteria sangat baik. Hasil peningkatan terhadap produk guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, dari sebelum penelitian rata-rata 56 dengan kriteria kurang baik, pada tindakan siklus 1 menjadi 78 dengan kriteria baik dan siklus 2 menjadi 89 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan peningkatan pada penilaian praktek pembelajaran di kelas pada pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dari sebelum penelitian rata-rata 59 dengan kriteria kurang baik, pada tindakan siklus 1 menjadi 83 dengan kriteria sangat baik dan siklus 2 sebesar 89 dengan kriteria sangat baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arta, I., Japa, I. G. N., & Sudarma, I. K. (2020). Problem Based Learning Berbantuan Icebreaker Berpengaruh Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 264–272.

Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. Retrieved from http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Fitria, N., Hernawati, T., & Oktavia Hidayati, N. (2013). Adversity Quotient Mahasiswa Baru yang Mengikuti Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jurnal Keperawatan Padjadjaran, 1(2), 99–105. https://doi.org/10.24198/jkp.v1n2.5

Lestarini, A., & Suriana, S. N. (2018). Optimalisasi Peran Fasilitator untuk Meningkatkan Keefektifan Diskusi Kelompok pada Blok Musculoskeletal System and Disorders. WMJ (Warmadewa Medical Journal), 2(2), 52. https://doi.org/10.22225/wmj.2.2.373.52-59

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644

Muhtarom, H., & Kurniasih, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Abad 21 Terhadap Pembelajaran Sejarah Eropa. Bihari: Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 3(2), 59–65.

Sari, D. N. A. (2017). Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) Dengan Small Group Discussion (SGD) Untuk Mengukur Kognitif Pada Mahasiswa. Jurnal Kesehatan Karya Husada, 5(1), 1–29. https://doi.org/https://doi.org/10.36577/jkkh.v5i1.87

Sukirman, & Hidayati, D. (2020). Kesiapan Mental Guru Muhammadiyah. JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN, 27(2), 252–357. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jap.v27i2.26422

Surur, M., & Tartilla, T. (2019). Pengaruh Problem Based Learning Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 1(2), 169–176. https://doi.org/10.31960/ijolec.v1i2.96

Tyas, R. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Tecnoscienza, 2(1), 43–52.

Published
2021-06-10
How to Cite
Fatanah, R. (2021). Penerapan Metode Small Group Discussion (SGD) Untuk Meningkatkan Pemahaman dan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Masalah Bagi Guru SDN 1 Gunungsari Maesan Bondowoso. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(2), 182-202. https://doi.org/10.47668/pkwu.v8i2.151
Section
Articles