Penerapan Metode Small Group Discussion (SGD) Untuk Meningkatkan Pemahaman dan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Masalah Bagi Guru SDN 1 Gunungsari Maesan Bondowoso
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam mengaplikasikan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan menerapkan metode Small Group Discussion (SGD). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilian terhadap praktek pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) sebelum dilakukan penelitian mendapat nilai sebesar 59 dengan kriteria kurang baik. Kemudian meningkat pada siklus 1 menjadi 70 dengan kriteria cukup baik. Pada siklus kedua terus meningkat menjadi 90 dengan kriteria sangat baik. Hasil peningkatan terhadap produk guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, dari sebelum penelitian rata-rata 56 dengan kriteria kurang baik, pada tindakan siklus 1 menjadi 78 dengan kriteria baik dan siklus 2 menjadi 89 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan peningkatan pada penilaian praktek pembelajaran di kelas pada pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dari sebelum penelitian rata-rata 59 dengan kriteria kurang baik, pada tindakan siklus 1 menjadi 83 dengan kriteria sangat baik dan siklus 2 sebesar 89 dengan kriteria sangat baik
Downloads
References
Arta, I., Japa, I. G. N., & Sudarma, I. K. (2020). Problem Based Learning Berbantuan Icebreaker Berpengaruh Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 264–272.
Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. Retrieved from http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Fitria, N., Hernawati, T., & Oktavia Hidayati, N. (2013). Adversity Quotient Mahasiswa Baru yang Mengikuti Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jurnal Keperawatan Padjadjaran, 1(2), 99–105. https://doi.org/10.24198/jkp.v1n2.5
Lestarini, A., & Suriana, S. N. (2018). Optimalisasi Peran Fasilitator untuk Meningkatkan Keefektifan Diskusi Kelompok pada Blok Musculoskeletal System and Disorders. WMJ (Warmadewa Medical Journal), 2(2), 52. https://doi.org/10.22225/wmj.2.2.373.52-59
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644
Muhtarom, H., & Kurniasih, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Abad 21 Terhadap Pembelajaran Sejarah Eropa. Bihari: Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 3(2), 59–65.
Sari, D. N. A. (2017). Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) Dengan Small Group Discussion (SGD) Untuk Mengukur Kognitif Pada Mahasiswa. Jurnal Kesehatan Karya Husada, 5(1), 1–29. https://doi.org/https://doi.org/10.36577/jkkh.v5i1.87
Sukirman, & Hidayati, D. (2020). Kesiapan Mental Guru Muhammadiyah. JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN, 27(2), 252–357. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jap.v27i2.26422
Surur, M., & Tartilla, T. (2019). Pengaruh Problem Based Learning Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 1(2), 169–176. https://doi.org/10.31960/ijolec.v1i2.96
Tyas, R. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Tecnoscienza, 2(1), 43–52.
Copyright (c) 2021 Rini Fatanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.