Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi Akuntansi Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Siswa SMA Negeri 1 Koto Besar Dharmasraya
Abstract
Peningkatan hasil belajar ekonomi akuntansi melalui pembelajaran tutor sebaya pada siswa di SMA. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbentuk data, kualitatif dari nilai latihan sesudah pembelajaran berakhir. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara guru SMA Negeri 1 Koto Besar dengan peneliti. Guru bertindak sebagai pelaksana pembelajaran, sedangkan peneliti bertindak sebagai observer. Waktu penelitian penelitian ini dilaksanakan selama lima bulan dimulai bulan Januari – Mei 2020. Tempat Penelitian Penelitian ini dilaksakan di SMA Negeri I Koto Besar Dharmasraya kelas XII IIS 1 semester genap tahun ajaran 2019-2020, Yang berjumlah 13 siswa, terdiri atas perempuan 5 orang dan laki-laki 8 orang siswa. Sumber data primer diperoleh dari nilai latihan sesudah pembelajaran berakhir. Data dari pengamatan teman sejawat atau kolaboratorator termasuk data sekunder. Sumber data sekunder diperoleh dari hasil pengamatan yang dilakukan kolaborator.. Hasil penelitian ini adalah dengan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi akuntansi kelas XII IPS tahun ajaran 2019-2020 di SMA Negeri 1 Koto Besar.
Downloads
References
Abrianto, O. R. (2019). Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas Xi Mipa 4 Sma Negeri 1 Ambarawa. Satya Widya, 35(1), 62–74. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i1.p62-74
Ahdiyat, M. (2014). 234958-Metode-Tutor-Sebaya-Untuk-Meningkatkan-H-3Be3a61B. Jurnal Formatif, 4(1), 71–79. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v4i1.141
Anggorowati, N. P. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran Sosiologi. KOMUNITAS: International Journal of Indonesian Society and Culture, 3(1), 103–120. https://doi.org/10.15294/komunitas.v3i1.2303
Djamarah, S. B., dan Zain, A. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Haryadi, T., dan Aripin. (2015). Melatih Kecerdasan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Anak Sekolah Dasar Melalui Perancangan Game Simulasi “Warungku.” ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Multimedia, 1(02), 122–133. https://doi.org/10.33633/andharupa.v1i02.963
Hastari, R. C. (2019). Penerapan Strategi Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.26905/abdimas.v4i1.2811
Idris, R. P., Widiastuti, I., dan Wardani, N. S. (2017). Penerapan Pembelajaran Model Tutor Sebaya ( Peer Tutoring ) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X. Seminar Nasional Pendidikan Vokasi Ke 2, 2, 356–361.
Kusumah, W., dan Dwitagama, D. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas (2nd ed.). Jakarta: PT Indeks.
Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., dan Fitriani, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 609. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673
Munthe, A. P., dan Naibaho, H. P. (2019). Manfaat dan Kendala Penerapan Tutor Sebaya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Lentera Harapan Mamit. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 138–147. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p138-147
Nurmala, Sukayasa, dan P, B. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa kelas V SDN 20 Toli-Toli pada Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(9), 199–211.
Ramadhani, A., dan Kartiko, D. C. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Chest Pass Bola Basket. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(2), 179–183. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.26773
Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke SD An, 4(1), 220–234. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/259090-pendidikan-karakter-dan-pembangunan-sumb-e0cf1b5a.pdf
Copyright (c) 2021 Wakini Wakini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.