Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi Akuntansi Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Siswa SMA Negeri 1 Koto Besar Dharmasraya

  • Wakini Wakini SMA Negeri 1 Koto Besar Dharmasraya Indonesia
Keywords: learning outcomes, economics, peer tutoring

Abstract

Peningkatan hasil belajar ekonomi akuntansi melalui pembelajaran tutor sebaya pada siswa di SMA. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbentuk data, kualitatif dari nilai latihan sesudah pembelajaran berakhir. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara guru   SMA Negeri 1 Koto Besar dengan peneliti. Guru bertindak sebagai pelaksana pembelajaran, sedangkan peneliti bertindak sebagai observer. Waktu penelitian penelitian ini dilaksanakan selama lima bulan dimulai bulan Januari  –  Mei 2020. Tempat Penelitian Penelitian ini dilaksakan di SMA Negeri I Koto Besar Dharmasraya kelas XII IIS 1  semester genap tahun ajaran 2019-2020, Yang berjumlah 13 siswa, terdiri atas perempuan 5 orang dan laki-laki 8 orang siswa. Sumber data primer diperoleh dari nilai latihan sesudah pembelajaran berakhir. Data dari pengamatan teman sejawat atau kolaboratorator termasuk data sekunder. Sumber data sekunder diperoleh dari hasil pengamatan yang dilakukan kolaborator.. Hasil penelitian ini adalah dengan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi akuntansi kelas XII IPS tahun ajaran 2019-2020 di SMA Negeri 1 Koto Besar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrianto, O. R. (2019). Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas Xi Mipa 4 Sma Negeri 1 Ambarawa. Satya Widya, 35(1), 62–74. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i1.p62-74

Ahdiyat, M. (2014). 234958-Metode-Tutor-Sebaya-Untuk-Meningkatkan-H-3Be3a61B. Jurnal Formatif, 4(1), 71–79. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v4i1.141

Anggorowati, N. P. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran Sosiologi. KOMUNITAS: International Journal of Indonesian Society and Culture, 3(1), 103–120. https://doi.org/10.15294/komunitas.v3i1.2303

Djamarah, S. B., dan Zain, A. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Haryadi, T., dan Aripin. (2015). Melatih Kecerdasan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Anak Sekolah Dasar Melalui Perancangan Game Simulasi “Warungku.” ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Multimedia, 1(02), 122–133. https://doi.org/10.33633/andharupa.v1i02.963

Hastari, R. C. (2019). Penerapan Strategi Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.26905/abdimas.v4i1.2811

Idris, R. P., Widiastuti, I., dan Wardani, N. S. (2017). Penerapan Pembelajaran Model Tutor Sebaya ( Peer Tutoring ) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X. Seminar Nasional Pendidikan Vokasi Ke 2, 2, 356–361.

Kusumah, W., dan Dwitagama, D. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas (2nd ed.). Jakarta: PT Indeks.

Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., dan Fitriani, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 609. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673

Munthe, A. P., dan Naibaho, H. P. (2019). Manfaat dan Kendala Penerapan Tutor Sebaya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Lentera Harapan Mamit. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 138–147. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p138-147

Nurmala, Sukayasa, dan P, B. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa kelas V SDN 20 Toli-Toli pada Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(9), 199–211.

Ramadhani, A., dan Kartiko, D. C. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Chest Pass Bola Basket. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(2), 179–183. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.26773

Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke SD An, 4(1), 220–234. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/259090-pendidikan-karakter-dan-pembangunan-sumb-e0cf1b5a.pdf

Published
2021-06-20
How to Cite
Wakini, W. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi Akuntansi Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Siswa SMA Negeri 1 Koto Besar Dharmasraya. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(2), 233-246. https://doi.org/10.47668/pkwu.v8i2.148
Section
Articles