PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA KURIKULUM 2013 MELALUI LESSON STUDY DI SDN SUMBERSARI 3 MAESAN BONDOWOSO

  • Didik Tripuji Suharyadi SDN Sumbersari 3 Maesan Bondowoso
Keywords: kemampuan guru, pembelajaran saintifik, lesson study

Abstract

Pembelajaran dengan pendekatan saintifik dapat memberikan pemahaman kepada peserta didik dalam mengenal dan memahami berbagai materi dengan menggunakan pendekatan ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan pendekatan pembelajaran saintifik pada kurikulum 2013 di SDN Sumbersari 3 kecamatan Maesan kabupaten Bondowoso tahun pelajaran 2015/2016. Hasil kesimpulan penelitian ini bahwa tindakan kepala sekolah dengan menggunakan model pembelajaran lesson study dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan pendekatan pembelajaran saintifik pada kurikulum 2013 di SDN Sumbersari 3 kecamatan Maesan kabupaten Bondowoso tahun pelajaran 2015/2016. Hasil kesimpulan ini didukung oleh hasil penilaian terhadap pengamatan pelaksanaan pembelajaran dengan menmggunakan pendekatan pembelajaran saintifik kurikulum 2013 pada siklus 1 rata-rata 81 dengan kriteria baik, sedangkan pada siklus 2 rata-rata 91 dengan kriteria sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alawiyah, F. (2013). Peran Guru dalam Kurikulum 2013. Aspirasi, 4(1), 65–74. Retrieved from http://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/480

Chuntala, A. D. W. (2019). Scientific approach in 21st century learning in Indonesian language learning vocational school of pharmacy. International Journal of Active Learning, 4(2), 71–77. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal

Daryanto, & Sudjendro, H. (2014). Siap Menyongsong Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, M. R., Mudakir, I., & Murdiyah, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. The Effect of Collaborative Learning Model with Lesson Study on Student Critical Thingking. Jurnal Edukasi Unej, III(2), 29–33.

Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al Murabbi, 3(1), 69–80. Retrieved from http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893

Mahsun. (2013). Lampung Sukses Menyelenggarakan Penguatan Kompetensi Guru Bahasa Indonesia untuk Implementasi Kurikulum 2013. Retrieved from http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/content/lampung-sukses-menyelenggarakan-penguatan-kompetensi-guru-bahasa-indonesia-untuk-implementas

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Musfiqon, & Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik (1st ed.). Retrieved from http://eprints.umsida.ac.id/306/1/BUku Saintifik.pdf

Mustakim, A., & Jumini, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Saintific Berbasis Riset Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas VIII DI SMP Takhassus Al- Qur’an 2 Dero Duwur, Di Wonosobo Tahun Ajaran 2018/2019. PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ 2020, 2(1).

Putra, D. M., & Nurlizawati. (2019). Lesson Study dalam Meningkatkan Ketrampilan 4C (Critical Thingking, Collaborative, Communicative dan Creative) pada Pembelajaran Sosiologi yang Terintegrasi ABS-SBK di SMAN 1 Pasaman. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 139–146. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i2.19

Rozak, A., & Fauziah, E. (2013). Implementasi Lesson Study Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Indonesia Di SMP Kabupaten Cirebon. Jurnal pendidikan bahasa dan sastra, 13(1). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v13i1.754

Setiawan, A. R. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Biologi sebagai Upaya Melatih Literasi Saintifik Siswa Sekolah Menengah. Seminar Nasional Biologi “Inovasi Penelitian Dan Pendidikan Biologi III, 3, 140–145. https://doi.org/10.31227/osf.io/7p8gm

Wibowo, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Saintifik terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar Aji. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066

Published
2021-06-10
How to Cite
Suharyadi, D. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA KURIKULUM 2013 MELALUI LESSON STUDY DI SDN SUMBERSARI 3 MAESAN BONDOWOSO. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(2), 203-219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v8i2.147
Section
Articles