Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Elemen Digital Marketing dengan Media Interaktif Classpoint

  • Liska Citra Kurnia Dewi Universitas Negeri Surabaya
  • Finisica Dwijayati Patrikha Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Lilik Kurniati SMK Negeri 1 Surabaya, Indonesia
Kata Kunci: Gaya Belajar Visual, Media Interaktif, Digital Marketing, PTK, Classpoint

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik kelas XII Bisnis Digital di SMK Negeri 1 Surabaya pada mata pelajaran konsentrasi keahlian pada elemen Digital Marketing, yang sering kali bersifat kompleks dan abstrak. Materi Digital Marketing memerlukan pendekatan pembelajaran yang dinamis dan interaktif untuk mengakomodasi gaya belajar visual yang dominan di kalangan peserta didik. Media interaktif Classpoint dipilih sebagai solusi untuk menyajikan materi dengan cara yang lebih menarik dan visual. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart, dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama menghadapi kendala seperti rendahnya keterlibatan peserta didik akibat kurangnya familiaritas dengan media interaktif dan masalah teknis. Namun, setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua melalui pelatihan dan pemilihan fitur yang lebih sesuai, terjadi peningkatan signifikan dalam keterlibatan peserta didik dan hasil belajar. Nilai rata-rata post-test peserta didik meningkat dari 85 pada siklus pertama menjadi 90 pada siklus kedua, dengan peningkatan persentase sebesar 31%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media interaktif Classpoint dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada materi Digital Marketing.  

 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Agistiningsih, R., Astuti, E., & Styaningrum, F. (2023). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Dengan Minat Belajar Dan Motivasi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 8(1), 61. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v8i1.3608Akbar, S. (2009). Penelitian tindakan kelas : Filosofi, metodologi & implementasi(revisi). Cipta Media Aksara.Arikunto, S., Supardi, S., & Suhardjono, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.Armansyah, F., Sulton, & Sulthoni. (2019). Multimedia interaktif sebagai media visualisasi dasar-dasar animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 224–229.Asriyanti, F. D., & Janah, L. A. (2019). Analisis Gaya Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(2), 183–187. https://doi.org/10.17977/um027v3i22018p183Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468.Firmansah, A. P. H., & Rief, S. (2019). Pengaruh Pemanfaatan E-Learning, Lingkungan Teman Sebaya, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 6(1), 1. https://doi.org/10.18860/jpips.v6i1.7811Fitriana, N. (2023). Peningkatan keaktifan peserta didik melalui media persentasi classpoint dan game edukasi (quizizz & kahoot) pada pembelajaran kimia. ACTION: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 3(1), 35–41.Fitrianti, E., & Annur, S. (2024). Revolusi Industri 4.0: Inovasi dan Tantangan dalam Pendidikan di Indonesia. Journal of Education and Culture, 4(1), 28–35.Gumanti, R. W. (2020). Inovasi pendidikan dalam efektivitas penerapan kurikulum 2013. Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(4), 264–279.Hamalik, O. (2011). Proses belajar mengajar. Bumi Aksara.

| Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan Vol. 12 No. 22024Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Elemen Digital Marketing dengan Media Interaktif...Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505Jafnihirda, L., Suparmi, Ambiyar, Rizal, F., & Pratiwi, K. E. (2023). Efektivitas Perancangan Media Pembelajaran Interaktif E-Modul. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(1), 227–239.Khotimah, K., & Dassucik, D. (2019). Pengaruh Efektivitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ips Kelas Vii Smp Negeri 5 Panji Situbondo Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 6(2), 31–37. https://doi.org/10.47668/pkwu.v6i2.5Kuswana, W. S. (2013). Dasar-dasar pendidikan vokasi dan kejuruan(Cet. 1). Alfabeta.Lestari, F. A. P. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 838–844. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5816Lince, L. (2022). Implementasi kurikulum merdeka untuk meningkatkan motivasi belajar pada sekolah menengah kejuruan pusat keunggulan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1, 38–49.Madrim, S. (2022). Mendikbud: 10,2 Juta Pengguna Pakai Platform Pendidikan. VOA. https://www.voaindonesia.com/a/mendikbud-10-2-juta-pengguna-pakai-platform-pendidikan/6828882.html?utm_source=chatgpt.comMaharani, F., Wolor, C. W., & Swaramarinda, D. R. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Jakarta (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2022-2023). Sindoro: Cendikia Pendidikan, 10(2), 21–30.Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).Nugraheni, A. (2024). Transformasi Media Artificial Intelegensi Dengan Classpoint Sebagai Aplikasi Pembelajaran Futuristik di Era Digital. Ta’dib. Jurnal Pembaharuan Pendidikan, 8(1).Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187.Putra, G. S., Maulana, I. I., Chayo, A. D., & Haekal, M. I. (2024). Pengukuran Efektivitas Platform E-Learning dalam Pembelajaran Teknik Informatika di Era Digital. 3(1).Ritonga, S. A., Ritonga, S., Tangse, U. H. M., Putri, D., Ritonga, A., & Ritonga, W. A. (2023). The effect of classpoint learning media as interactive and fun learning. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences, 2(6).

| Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan Vol. 12 No. 22024Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Elemen Digital Marketing dengan Media Interaktif...Rofiah, B. N., & Bahtiar, Moh. D. (2022). Analisis Penggunaan E-Learning, Intensitas Latihan Soal, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2143–2155. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2453Surur, M., & Dwiyanto, F. (2019). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Coooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (Tai) Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Kelas Vii Smp Negeri 2 Asembagus Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 6(2), 8–17. https://doi.org/10.47668/pkwu.v6i2.2Syahbana, A., Asbari, M., Anggitia, V., & Andre, H. (2024). Revolusi pendidikan: Analisis kurikulum merdeka sebagai inovasi pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 27–30.Wahyuningsih, S. R., Saleh, J., Syakhruni, S., & Rahman, W. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Classpoint Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Yang Sesuai Dengan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 873–880.Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843Yusi, M. (2022). A Classpoint as intervention strategy in teaching Business Math. AJARCDE (Asian Journal of Applied Research for Community Development and Empowerment), 7(1), 95–98. https://doi.org/10.29165/ajarcde.v7i1.176Zahrok, A. L. N. (2020). Implementasi sistem penjaminan mutu internal di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 196–204.

Diterbitkan
2024-11-28
Bagian
Articles