Pemanfaatan Media Literasi Berbasis Google Site untuk Meningkatkan Pengembangan Profesi Berkelanjutan SDN Nongkosawit 02 Kota Semarang
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini merupakan menjelaskan tahap pelaksanaan serta keefektifan pelatihan media pembelajaran literasi berbasis aplikasi Google Sites untuk guru di SDN Nongkosawit 02 Kota Semarang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian mix method yaitu menggabungkan penelitian data kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini merupakan guru SDN Nongkosawit 02 Kota Semarang dengan 9 guru, 3 guru laki-laki dan 6 perempuan. Teknik analisis data menggunakan uji statistik sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya dalam pelatihan media pembelajaran literasi berbasis aplikasi google sites para guru mampu mengikuti pelatihan penyususnan media berbasis google sites ini dengan baik dan tidak banyak kendala, setiap guru mampu mengikuti setiap tahapan pelatihan dengan runtut mulai dari membuat situs baru, menambahkan konten, mengatur desain dan tata letak, pengaturan dan publikasi, berbagi dan pengelola akses serta pemeliharaan dan pembaharuan. Hasil rata-rata nilai kelas II dan kelas V mengalami peningkatan setelah implementasi media google sites. Peningkatan hasil rata-rata nilai kelas II sebesar 24,54 , dan kelas V sebesar 17,98. Maka dapat disimpulkan bahwa media google sites efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Downloads
References
A, A. R., Putra, Y. I., & Huda, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Kelas X Smk Adzkia Padang. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 1(1), 32–41. https://doi.org/10.52060/pti.v1i1.310
Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4891
Amin, M. (2017). Sadar Berprofesi Guru Sains, Sadar Literasi: Tantangan Guru Di Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Iii Tahun 2017. http://research-report.umm.ac.id/index.php/
Arianti, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Gava Media.
Ginting, B. P., & Afifah, L. (2022). Penggunaan Google Sites sebagai Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Jerman untuk Siswa Kelas X SMA Laboratorium UM. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(9), 1221–1237. https://doi.org/10.17977/um064v2i92022p1221-1237
Islamiah, I. N. (2021). Efektivitas penggunaan media pembelajaran google site dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 4 Jombang. . UIN Sunan Ampel Surabaya.
Khaira, H. (2021). Pemanfaatan aplikasi kinemaster sebagai media pembelajaran berbasis ICT. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3, 39–44.
Mardin, H., & Nane, L. (2020). Pelatihan Pembuatan Dan Penggunaan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Kepada Guru Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Boalemo. Jurnal Abdimas Gorontalo (JAG), 3(2), 78–82. https://doi.org/10.30869/jag.v3i2.652
Maskar, S., Puspaningtyas, N. D., Fatimah, C., & Mauliya, I. (2021). Catatan Daring Matematika: Pelatihan Pemanfaatan Google Site Sebagai Media Pembelajaran Daring. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 487–493. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1979
Nisa, K. S., Melyna, E., & Samida, M. R. M. (2022). Sintesis Biokomposit Serat Sabut Kelapa dan Resin Poliester dengan Alkalisasi KOH Menggunakan Metode Hand Lay-Up. Rekayasa, 15(3), 354–361. https://doi.org/10.21107/rekayasa.v15i3.16713
Novelia, L. A., & Dheni, D. R. (2022). Desain Media Pembelajaran Berbasis Google Site Pada Materi Ikatan Ion. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 262–271.
Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus Literasi Abad 21 Di Indonesia. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1). http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE
Rikani, R., Istiqomah, I., & Taufiq, I. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis google sites pada materi sistem persamaan lnier tiga variabel (SPLTV). Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 54–61.
Rosiani, D., Putri, S. A., Astuti, I., Ngatilah, N., Azizah, N. A., & ... (2019). Menembus batas: antologi esai dan feature diseminasi gerakan literasi nasional. repositori.kemdikbud.go.id. https://repositori.kemdikbud.go.id/25633/
Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167–1173. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.743
Shobri, M., Hasan, S., & Bawean, J. (2022). Pelatihan Membuat Dan Mengelola Website Madrasah Se-Kkma Dan Kkmts Sangkapura (Vol. 1, Issue 1).
Suarni, N., Taufina, T., & Zikri, A. (2019). Literasi Membaca Meningkatkan Karakter Positif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1014–1021. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.215
Sudiarta, I. G. P., & Sadra, I. W. (2016). Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(2), 48. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9009
Tambunan, M. A., Siagian, P., & Kunci, K. (2022). Humantech Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website (Google Sites) Pada Materi Fungsi Di Sma Negeri 15 Medan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167–1173.
Copyright (c) 2024 Asri Laily Khurriyati, Panca Dewi Purwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.