Pemanfaatan Media Literasi Berbasis Google Site untuk Meningkatkan Pengembangan Profesi Berkelanjutan SDN Nongkosawit 02 Kota Semarang

  • Asri Laily Khurriyati Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Panca Dewi Purwati Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Kata Kunci: Media pembelajaran Literasi, Google Sites

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini merupakan menjelaskan tahap pelaksanaan serta keefektifan pelatihan media pembelajaran literasi berbasis aplikasi Google Sites untuk guru di SDN Nongkosawit 02 Kota Semarang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian mix method yaitu menggabungkan penelitian data kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini merupakan guru  SDN Nongkosawit 02 Kota Semarang dengan 9 guru, 3 guru laki-laki dan 6 perempuan. Teknik analisis data menggunakan  uji statistik sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya dalam pelatihan media pembelajaran literasi berbasis aplikasi google sites para guru mampu mengikuti pelatihan penyususnan media berbasis google sites ini dengan baik dan tidak banyak kendala, setiap guru mampu mengikuti setiap tahapan pelatihan dengan runtut mulai dari membuat situs baru, menambahkan konten, mengatur desain dan tata letak, pengaturan dan publikasi, berbagi dan pengelola akses serta pemeliharaan dan pembaharuan. Hasil rata-rata nilai kelas II dan kelas V mengalami peningkatan setelah implementasi media google sites. Peningkatan hasil rata-rata nilai kelas II sebesar 24,54 , dan kelas V sebesar 17,98. Maka dapat disimpulkan bahwa media google sites efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, A. R., Putra, Y. I., & Huda, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Kelas X Smk Adzkia Padang. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 1(1), 32–41. https://doi.org/10.52060/pti.v1i1.310

Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4891

Amin, M. (2017). Sadar Berprofesi Guru Sains, Sadar Literasi: Tantangan Guru Di Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Iii Tahun 2017. http://research-report.umm.ac.id/index.php/

Arianti, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Gava Media.

Ginting, B. P., & Afifah, L. (2022). Penggunaan Google Sites sebagai Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Jerman untuk Siswa Kelas X SMA Laboratorium UM. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(9), 1221–1237. https://doi.org/10.17977/um064v2i92022p1221-1237

Islamiah, I. N. (2021). Efektivitas penggunaan media pembelajaran google site dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 4 Jombang. . UIN Sunan Ampel Surabaya.

Khaira, H. (2021). Pemanfaatan aplikasi kinemaster sebagai media pembelajaran berbasis ICT. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3, 39–44.

Mardin, H., & Nane, L. (2020). Pelatihan Pembuatan Dan Penggunaan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Kepada Guru Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Boalemo. Jurnal Abdimas Gorontalo (JAG), 3(2), 78–82. https://doi.org/10.30869/jag.v3i2.652

Maskar, S., Puspaningtyas, N. D., Fatimah, C., & Mauliya, I. (2021). Catatan Daring Matematika: Pelatihan Pemanfaatan Google Site Sebagai Media Pembelajaran Daring. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 487–493. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1979

Nisa, K. S., Melyna, E., & Samida, M. R. M. (2022). Sintesis Biokomposit Serat Sabut Kelapa dan Resin Poliester dengan Alkalisasi KOH Menggunakan Metode Hand Lay-Up. Rekayasa, 15(3), 354–361. https://doi.org/10.21107/rekayasa.v15i3.16713

Novelia, L. A., & Dheni, D. R. (2022). Desain Media Pembelajaran Berbasis Google Site Pada Materi Ikatan Ion. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 262–271.

Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus Literasi Abad 21 Di Indonesia. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1). http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE

Rikani, R., Istiqomah, I., & Taufiq, I. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis google sites pada materi sistem persamaan lnier tiga variabel (SPLTV). Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 54–61.

Rosiani, D., Putri, S. A., Astuti, I., Ngatilah, N., Azizah, N. A., & ... (2019). Menembus batas: antologi esai dan feature diseminasi gerakan literasi nasional. repositori.kemdikbud.go.id. https://repositori.kemdikbud.go.id/25633/

Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167–1173. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.743

Shobri, M., Hasan, S., & Bawean, J. (2022). Pelatihan Membuat Dan Mengelola Website Madrasah Se-Kkma Dan Kkmts Sangkapura (Vol. 1, Issue 1).

Suarni, N., Taufina, T., & Zikri, A. (2019). Literasi Membaca Meningkatkan Karakter Positif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1014–1021. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.215

Sudiarta, I. G. P., & Sadra, I. W. (2016). Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(2), 48. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9009

Tambunan, M. A., Siagian, P., & Kunci, K. (2022). Humantech Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website (Google Sites) Pada Materi Fungsi Di Sma Negeri 15 Medan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167–1173.

Published
2024-11-08
How to Cite
Khurriyati, A. L., & Purwati, P. D. (2024). Pemanfaatan Media Literasi Berbasis Google Site untuk Meningkatkan Pengembangan Profesi Berkelanjutan SDN Nongkosawit 02 Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(2), 840 - 855. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i2.1435
Section
Articles