Belajar Saat Covid-19: Pelaksanaan Asesmen Alternatif Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi di Indonesia

  • Wulida Wahidatul Masruria UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Keywords: penilaian berbasis daring, penilaian diri, pembelajaran jarak jauh

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dalam situasi pandemi menimbulkan banyak masalah bagi guru atau siswa, terutama pada bagian penilaian. Pembelajaran jarak jauh membutuhkan media yang dapat menghubungkan guru dan siswa, seperti laptop, ponsel, internet, audio, video, dll. Oleh karena itu, diperlukan alternatif asesmen dalam pembelajaran jarak jauh untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh. Makalah ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang kajian alternatif dalam situasi pandemi, khususnya di Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka. Peneliti mendapatkan data dan literatur dari buku, jurnal, penelitian-penelitian sebelumnya, dan dokumen pendukung lainnya. Studi ini menunjukkan bahwa dua alternatif penilaian dapat digunakan dalam pembelajaran jarak jauh. Itu adalah penilaian berbasis daring dan penilaian diri sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-05
How to Cite
Masruria, W. (2021). Belajar Saat Covid-19: Pelaksanaan Asesmen Alternatif Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 15-25. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.142
Section
Articles