Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural pada Siswa Kelas XI SMA Abdi Negara Binjai
Abstract
Pendidikan multikultural bagi bangsa indonesia merupakan bagian dari keberagaman di Indonesia. Pengajaran pendidikan agama Islam (PAI) dalam konteks pendidikan multikultural sangat penting dalam membangun sikap toleransi peserta didik di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural dan bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat dari implementasi pendidikan multikultural. Penelitian ini dilakukan di SMA Abdi Negara Binjai, Kota Binjai. Penelitian ini menggunakan data kualitatif studi kasus, sumber data guru, kepala sekolah, dan peserta didik. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian secara menyeluruh tentang Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Pada Siswa Kelas XI SMA Abdi Negara Binjai dapat disimpulkan bahwa:Pendidikan multikultural ini bertujuan menciptakan saling menghargai (toleransi) dan salah satu harapan sekolah mendukung adanya multikultural di lingkungan sekolah Sehingga mempermudah guru dalam proses penyampaian materi kepada peserta didik. Hal ini diharapkan agar peserta didik saling menghargai, toleransi, dan tindakan peserta didik terhadap perbedaan agama, ras, dan budaya di lingkungan sekolah.
Downloads
References
Alam, M. (2018). Studi Penerapan Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural di Institut Agama Islam negeri (IAIN) Kerinci. Tadrib, 4(2), 319–334.
Anan, A. (2020). Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Dalam Membangun Kerukunan Beragama Peserta Didik. Pendidikan Multikultural, 4(1), 1–22.
Andika, N. J., Harmita, H., Banggiok, R. S., & Muhyidin, M. (2022). Strategi Implementasi Pendidikan Agama melalui Metode Pendekatan Berbasis Pendidikan Multikultural. TSAQOFAH, 2(1), 80–89.
Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif (Edisi Kedu). Prenada Media Group.
Faelasup, F. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Multikultural Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme Di SMAN 2 Sangatta Utara. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 2(1), 204–215.
Fauzi, N., Rusdin, R., & Akmal, A. (2022). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD/MI. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 4(1), 73–79.
Handayani, N., & Wulandari, T. (2017). Implementasi pendidikan karakter berbasis multikultural di SMK Negeri 2 Mataram. ISTORIA Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 13(2).
Hidayah, N. N. (2018). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Proses Pembelajaran Di Pondok Pesantren Al-Muayyad Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(1), 12–26.
Mania, S. (2010). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(1), 78–91.
Misbah, M., Mispani, M., & Jannah, S. R. (2021). Implementasi Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural Di SMKN 1 Tegineneng Pesawaran. Berkala Ilmiah Pendidikan, 1(1), 1–8.
Muala, A. (2020). Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah Berbasis Islam (Studi Komparatif SMA UII Yogyakarta dan MA Al-Qodir Yogyakarta). Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Budaya Islam, 1(02), 145–157.
Prayogo, H., & Fatimah, S. (2018). Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural (Studi Kasus Konsep Dan Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Di Kelas X Tav Smk Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes). Oasis: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 3(1), 39–56.
Sholichatin, P., & Nadilah, F. M. (2023). Aktualisasi Pendidikan Multikultural Di Sekolah Dasar Berbasis Agama Islam Di Kabupaten Banyumas. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 138–148.
Sopiansyah, D., & Erihardiana, M. (2021). Model Pembelajaran dan Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Pendidikan Islam dan Nasional. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 20(2), 88–98.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Alabeta, Ed.). Alfabeta.
Sujud, R., & Utomo, E. (2023). Implementasi Pendidikan Multikultural Melalui Model Contextual Teaching and Learning Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar (Literatur Review). QUALITY, 11(1), 15–32.
Supriatin, A., & Nasution, A. R. (2017). Implementasi pendidikan multikultural dalam praktik pendidikan di Indonesia. Elementary, 3(1), 1–13.
Copyright (c) 2024 Nuraini Gultom, Sakban Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.