Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Distributor Keripik Singkong
Abstrak
Sektor pertanian merupakan sektor yang paling penting baik dalam jangka panjang pembangunan ekonomi maupun untuk pemulihan ekonomi jangka pendek. Sekarang merupakan saat yang tepat untuk menggali pemikiranpemikiran mengenai reorientasi kebijakan pembangunan pertanian. Kebijakan pembangunan pertanian tersebut diarahkan agar pertanian menjadi sektor yang tangguh, dalam jangka pendek mampu menghadapi krisis ekonomi, dan dalam jangka panjang mampu menghadapi globalisasi dengan sistem pertanian yang berkelanjutan, dalam sistem ekonomi yang demokratis dan dalam pemerintahan yang terdesentralisasi.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa apakah harga dan kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas distributor keripik singkong. Loyalitas distributor menjadi perhatian bagi perusahaan jika produk ingin terus berada di pasar. Populasi dalam penelitian ini adalah distriutor keripik singkong. Sampel yang diambil sebanyak 78 orang responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dibantu oleh aplokasi SPSS versi 25. Menggunakan metode penelitian survey dengan jenis penelitian kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa harga berpengaruh terhadap loyalitas distributor. Kualitas produk berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap loyalitas distributor. Dengan demikian semakin tinggi harga dan kualitas produk, semakin tinggi pula loyalitas ditributor. Sehingga, UD tiga serangkai bunga harus meningkatkan kualitas produk seperti meninggatkan daya tahan produk. Sehingga produk bisa disimpan lebih lama.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Arianto, N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien (Studi Kasus Pada Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Premier Bintaro). Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 13(1), 1–9. https://doi.org/10.33830/jom.v13i1.13.2017
Arianto, N., & Febrian. (2022). pengaruh harga dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada PT GV. Jurnal Ekonomi Efektif, 4(3), 457–464.
Creswell, J. W. (2018). Research Design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. California: Sage.
Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Darmawan, M. I., Kiptiah, M., Ilmannafian, A. G., & Safitri, M. (2021). Pengembangan Atribut Produk Keripik Singkong Menggunakan Metode Value Engineering Berbasis Customer Oriented. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 31(52), 70–77. https://doi.org/10.24961/j.tek.ind.pert.2021.31.1.70
Fajrah, N., & Sumantika, A. (2022). Pengembangan Produk Keripik Singkong Industri Rumah Tangga terhadap Analisis Perspektif Konsumen. Snistek, 4(14), 558–563.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen, Pedomen Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Haryanti, N. (2019). Metode Penelitian Ekonomi. Bandung: Manggu.
Isbah, U., & Iyan, R. Y. (2016). Analisis Peran Sektor Pertanian dalam Perekonomian dan Kesempatan Kerja di Provinsi Riau. Jurnal Sosial Ekonomi Pembangunan, Tahun VII(19), 45–54.
Nyonyie, R. A., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Kosmetik Wardah di Transmart Bahu Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(3), 18. https://doi.org/10.35797/jab.9.3.2019.25123.18-24
Piligrimiene, Z., Dovaliene, A., & Virvilaite, R. (2015). Consumer Engagement in value co-creation : what kind of value it creates for company? Engineering Economics, 26(4), 452–460. https://doi.org/doi 10.5755.
Rodjak, A., Suyono, A. D., & Nurmala, T. (2012). Pengantar Ilmu Pertanian. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2020). Research Methods For Business : A Skill Building Approach. Hoboken: Wiley.
Suntoro, W., & Silintowe, Y. B. R. (2020). Analisis Pengaruh Pengalaman Merek, Kepercayaan Merek, dan Kepuasan Merek terhadap Loyalitas Merek. Modus, 32(1), 25–41. Retrieved from http://ojs.uajy.ac.id/index.php/modus/article/view/3194
Suryani, I. (2014). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Produk Dan Potensi Indonesia Dalam Upaya Mendukung Asean Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf Ri Dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat). Jurnal Komunikasi, 8(2), 123–138. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol8.iss2.art2
Yigibalom, Y., Lumintang, J., & Paat, C. J. (2020). Sikap Mental Petani Dalam Usaha Bidang Pertanian Tanaman Pangan Di Desa Jirenne Kabupaten Lanny Jaya Propinsi Papua. Jurnal Holistik, 13(2), 1–18.
Zein, M., Darmawan, Mi., Lestari, E., & Mirja, R. (2021). Pengembangan Produk Pempek Menggunakan Metode Value Engineering. Seminar Nasional Teknologi Dan Humaniora, 3(1), 1–7. Retrieved from https://bit.ly/pengembanganProdukPempek.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.