Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Distributor Keripik Singkong

  • Muhammad Nasyirudin Universitas Islam Blitar, Indonesia
  • Bina Andari Universitas Islam Blitar, Indonesia
  • Sunan Trioko Universitas Islam Blitar, Indonesia
  • Hendra Agung Wijaya Universitas Islam Blitar, Indonesia
Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Loyalitas Distributor

Abstrak

Sektor pertanian merupakan sektor yang paling penting baik dalam jangka panjang pembangunan ekonomi maupun untuk pemulihan ekonomi jangka pendek. Sekarang merupakan saat yang tepat untuk menggali pemikiranpemikiran mengenai reorientasi kebijakan pembangunan pertanian. Kebijakan pembangunan pertanian tersebut diarahkan agar pertanian menjadi sektor yang tangguh, dalam jangka pendek mampu menghadapi krisis ekonomi, dan dalam jangka panjang mampu menghadapi globalisasi dengan sistem pertanian yang berkelanjutan, dalam sistem ekonomi yang demokratis dan dalam pemerintahan yang terdesentralisasi.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa apakah harga dan kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas distributor keripik singkong. Loyalitas distributor menjadi perhatian bagi perusahaan jika produk ingin terus berada di pasar. Populasi dalam penelitian ini adalah distriutor keripik singkong. Sampel yang diambil sebanyak 78 orang responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dibantu oleh aplokasi SPSS versi 25. Menggunakan metode penelitian survey dengan jenis penelitian kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa harga berpengaruh terhadap loyalitas distributor. Kualitas produk berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap loyalitas distributor. Dengan demikian semakin tinggi harga dan kualitas produk, semakin tinggi pula loyalitas ditributor. Sehingga, UD tiga serangkai bunga harus meningkatkan kualitas produk seperti meninggatkan daya tahan produk. Sehingga produk bisa disimpan lebih lama.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Arianto, N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien (Studi Kasus Pada Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Premier Bintaro). Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 13(1), 1–9. https://doi.org/10.33830/jom.v13i1.13.2017

Arianto, N., & Febrian. (2022). pengaruh harga dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada PT GV. Jurnal Ekonomi Efektif, 4(3), 457–464.

Creswell, J. W. (2018). Research Design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. California: Sage.

Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Darmawan, M. I., Kiptiah, M., Ilmannafian, A. G., & Safitri, M. (2021). Pengembangan Atribut Produk Keripik Singkong Menggunakan Metode Value Engineering Berbasis Customer Oriented. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 31(52), 70–77. https://doi.org/10.24961/j.tek.ind.pert.2021.31.1.70

Fajrah, N., & Sumantika, A. (2022). Pengembangan Produk Keripik Singkong Industri Rumah Tangga terhadap Analisis Perspektif Konsumen. Snistek, 4(14), 558–563.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen, Pedomen Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Haryanti, N. (2019). Metode Penelitian Ekonomi. Bandung: Manggu.

Isbah, U., & Iyan, R. Y. (2016). Analisis Peran Sektor Pertanian dalam Perekonomian dan Kesempatan Kerja di Provinsi Riau. Jurnal Sosial Ekonomi Pembangunan, Tahun VII(19), 45–54.

Nyonyie, R. A., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Kosmetik Wardah di Transmart Bahu Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(3), 18. https://doi.org/10.35797/jab.9.3.2019.25123.18-24

Piligrimiene, Z., Dovaliene, A., & Virvilaite, R. (2015). Consumer Engagement in value co-creation : what kind of value it creates for company? Engineering Economics, 26(4), 452–460. https://doi.org/doi 10.5755.

Rodjak, A., Suyono, A. D., & Nurmala, T. (2012). Pengantar Ilmu Pertanian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2020). Research Methods For Business : A Skill Building Approach. Hoboken: Wiley.

Suntoro, W., & Silintowe, Y. B. R. (2020). Analisis Pengaruh Pengalaman Merek, Kepercayaan Merek, dan Kepuasan Merek terhadap Loyalitas Merek. Modus, 32(1), 25–41. Retrieved from http://ojs.uajy.ac.id/index.php/modus/article/view/3194

Suryani, I. (2014). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Produk Dan Potensi Indonesia Dalam Upaya Mendukung Asean Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf Ri Dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat). Jurnal Komunikasi, 8(2), 123–138. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol8.iss2.art2

Yigibalom, Y., Lumintang, J., & Paat, C. J. (2020). Sikap Mental Petani Dalam Usaha Bidang Pertanian Tanaman Pangan Di Desa Jirenne Kabupaten Lanny Jaya Propinsi Papua. Jurnal Holistik, 13(2), 1–18.

Zein, M., Darmawan, Mi., Lestari, E., & Mirja, R. (2021). Pengembangan Produk Pempek Menggunakan Metode Value Engineering. Seminar Nasional Teknologi Dan Humaniora, 3(1), 1–7. Retrieved from https://bit.ly/pengembanganProdukPempek.

Diterbitkan
2023-12-22
Bagian
Articles